13+ Cara Membuat Lampion Terbang, Benang, Kertas, Kertas dan Sedotan

Cara Membuat Lampion – Lampion merupakan salah satu barang yang sangat identic dengan perayaan imlek. Barang tersebut memang menjadi salah satu atribut dari budaya dari perayaan pergantian tahun dari perhitungan masyarakat Tiong hoa.

Menurut beberapa ahli sejarah, lampion ini sudah ada pada masa Dinasti Xi Han yang mana berkisar antara abat ke 3 masehi. Pada masa munculnya lampion ini memang bersamaan dengan adanya teknik dari pembuatan kertas.

Sejarah dan Arti Lampion

cara membuat lampion terbang
news.trubus.id

Di masa awal pertama kali munculnya lampion memang diduga sudah memakai bahan dari kertas, serta juga menggunakan kulit hewan ataupun bahan kain. Akan tetapi, lampion mulai di gunakan menjadi sebuah simbol perayaan tahun baru dari tanggal Tionghoa pada masa Dinasti Ming.

Lampion pada masa itu memang memiliki warna merah, namun warna merah ini memiliki filosofi tersendiri yang mana memiliki arti sebagai harapan akan keberuntungan, kebahagiaan serta rezeki pada tahun baru tersebut.

Bahkan ada beberapa legenda yang menceritakan bahwa lampion ini adalah alat sebagai pengusir roh jahat, atau kekuatan jahat. Itulah yang menjadi sebab banyak masyarakat Tiong hoa yang memasang lampion di depan rumahnya. Mereka menganggap hal itu bisa  menghindarkan dari kejahatan makhluk halus.

Bentuk dari lampion memang cukup konvensional yakni berbentuk bulat yang menggunakan rangka dari bambu. Namun, zaman yang semakin maju menjadikan lampion pada saat ini banyak yang memiliki desain yang bervariasi.

Contohnya saja ada lampion dengan bentuk bunga yang sering di letakkan di meja dan masih banyak lagi.

Memang sudah banyak sekali orang yang membuat kerajinan lampioan seperti itu, dan kamu bisa dengan mudah menemukan penjual lampion dengan harga yang sangat murah.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu membuat sendiri lampion tersebut agar juga lebih hemat dalam pengeluarannya.

Cara Membuat Lampion Terbang

cara membuat lampion terbang dari benang
hello-pet.com

Memang beberapa orang akan lebih suka membeli lampion yang sudah jadi, namun bukan berarti jika kamu tidak bisa membuat lampion terbang sendiri.

Hitung- hitung dengan membuat lampion terbang sendiri, kamu bisa jual kepada orang- orang yang membutuhkan lampion terbang tersebut.

Bahan dan Alat Untuk Membuat Lampion

Ada beberapa bahan atau alat yang perlu di persiapkan terlebih dahulu, yakni gunting untuk memotong kertas, pisau untuk mengikis, tang, kertas sebagai bahan utama.

Siapkan pula etanol, kemudian siapkan kapas, siapkan lem kayu, siapkan kawat dengan panjang kurang lebih 10 centimeter dan juga bamboo yang telah di potong sebelumnya.

Dalam pemilihan kertas ada baiknya jika kamu memilih kertas yang sejenis dengan kertas minyak yang ringan dan juga tidak mudah terbakar.

Langkah dan Tahap Tahap Pembuatan Lampion Terbang

Pada saat semua bahan serta alatnya sudah tersedia, kamu sudah bisa memulai membuat lampion terbang tersebut. Dan berikut ini adalah tahap- tahap dari pembuatan lampion terbang :

Untuk tahap yang pertama adalah ambil potongan bambu yang sudah disediakan, lalu kemudian kikis bambu tadi sampi bambu berbentuk menyerupai lidi dengan memakai pisau.

Untuk ukuran lebarnya 1 centimeter dan tebal dari bambu sekitar 0,1 centimeter.

Apabila kamu sudah mengikis bambu dengan ukuran yang disebutkan di atas, tahap yang kedua adalah bambu yang sudah kamu kikis ditekuk sampai berbentuk bundar, lalu setelah itu gunakan lem agar menjadi rekat.

Menggunakan bahan bambu memang sangatlah ideal karena mudah ditekuk, agar bisa membuat lampion dengan mudah dan bagus.

Kemudian untuk tahap yang ke tiga ini, kamu perlu mengikat bamboo yang sudah di kikis dengan menggunakan kawat dan ikatkan bambu tadi secara meyilang.

Jika kamu sudah berhasil merekatkan dua bambu, potong kertas minyak yang sudah di siapkan tadi hingga berbentuk sama dengan lampion.

Setelah itu, rekatkan kertas tersebut pada bambu yang telah dikikis pada area yang sama pada bentuk bambu tersebut.

Tahap yang selanjutnya adalah, kamu perlu memotong bambu tadi dengan panjang kurang lebih 10 centimeter, lalu tekuk bambu yang sudah di kikis tadi.

Setelah itu, kamu rendam kapas ke dalam etanol. Lalu kapas yang telah direndam diikatkan pada bambu yang telah dipotong, dan kemudian digantung pada kawat tembaga.

Dan agar lampion bisa terbang, kapas yang tadi sudah di gantung di kawat di bakar dengan api. Jika sudah berasa lebih hangat atau pun sudah adanya dorongan untuk naik ke atas, maka kamu sudah bisa melepas lampion tersebut.

Cara Membuat Lampion Benang

membuat lampion benang yang unik
pixabay.com

Apakah kamu tahu lampion benang? Ya, lampion yang satu ini merupakan salah satu lampion kerajinan yang memiliki harga jual yang sangat murah.

Umumnya lampion benang ini akan di gunakan sebagai hiasan pada rumah agar rumah semakin terlihat cantik dan juga unik.

Namun, perlu kamu tahu jika membuat lampion benang ini bisa kamu buat sendiri dan cara membuatkan pun cukup mudah dan sederhana.

Dan untuk kamu yang tertarik untuk membuat lampion benang ini maka sebelumnya, kamu perlu mempersiapkan segala kebutuhan dalam membuat lampion benang yakni alat dan juga bahannya.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Lampion Benang

1. Siapkan balon karet yang di pakai untuk membuat lampion.

2. Kemudian siapkan pula benang, dan untuk warna benang sesuai selera kamu.

3. Siapkan pula lem kayu sebagai perekat benang di balon karet.

4. Persiapkan kain flannel yang di pakai untuk hiasan agar lebih cantik.

5. Kuas yang di gunakan untuk mengoleskan lem.

6. Persiapkan pula gunting.

7. Terakhir adalah dengan mempersiapkan bola lampu sebagai cahayanya.

Langkah Langkah Pembuatan Lampion Benang

Ø Untuk langkah yang pertama adalah, kamu perlu mengambil balon karet yang sudah kamu di siapkan sebelumnya. Lalu kemudian balon karet tersebut tiup agar mendapatkan angin yang membuat balon karet menjadi lebih besar. Namun, hati- hati jangan sampai balon karet terlalu besar karena akan membutuhkan banyak bahan.

Ø Selanjutnya, masukkan lem ke wadah dan campur dengan air agar sedikit lebih encer. Akan tetapi, jangan sampai lem terlalu encer agar daya rekat tidak hilang.

Ø Kemudian, gunakan kuas untuk mengoleskan lem yang sudah di campur dengan air tadi ke seluruh permukaan balon karet yang sudah ditiup sebelumnya. Mengapa harus melakukan ini? Ini dikarenakan agar benang yang di gunakan bisa lengket ke balon karet tersebut.

Ø Untuk langkah selanjutnya setelah kamu melapisi permukaan balon adalah dengan melilitkan benang yang mana sudah kamu siapkan. Untuk cara melilitkan benang tersebut juga secara acak.

Ø Apabila kamu sudah melilitkan benang secara merata pada permukaan balon, kamu bisa melapisi lem lagi pada benang tadi dan lilitkan benang lagi hingga lilitan benang pada balon karet tadi lebih tebal. Hal ini di lakukan agar cahaya yang di hasilkan menjadi lebih redup.

Ø Apabila kamu sudah melakukan tahap sebelumnya, maka kamu bisa melapisi lem kembali pada permukaan benang tersebut.

Ø Tunggulah sampai balon karet tersebut mengering dengan sendirinya. Akan tetapi, usahakan balon di keringkan dengan menggunakan kipas angina dengan cara balon di gantungkan. Karena jika kamu menjemur balon karet tersebut, maka yang ada adalah balon akan meletus karena terkena sinar matahari yang panas.

Ø Kemudian untuk langkah berikutnya ini adalah dengan membuat lubang pada area bawah balon karet yang mana sebagai jalan untuk memasukkan bola lampu. Lalu jika kamu sudah membuat lubang pada bawah balon segera satukan bola lampu dengan balon karet tersebut.

Ø Untuk tahap yang paling akhir adalah dengan memakai kain flannel yang mana sudah di bentuk dengan lucu dan unik. Dengan pemakaian kain flannel ini tentu akan membuat daya tarik semakin kuat dan akan banyak orang yang menyukai lampion benang buatan kamu.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara membuat berbagai macam lampion dan bahan bahan yang diperlukan, serta langkah-langkah pembuatan lampion yang mudah, cepat dan bagus. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.