Cara Membuat NPWP Pribadi atau Perusahaan Secara Online dan Offline

Cara Membuat NPWP – Salah satu ketentuan yang ada di Negara Indonesia ialah kewajiban membayar pajak dengan jumlah yang telah ditentukan oleh Negara. Uang dari hasil pungutan pajak akan digunakan oleh negara untuk kepentingan negara dan rakyat, seperti pembangunan infrastuktur dan lainnya.

Nah, agar kamu lebih memahami apa saja yang terkait dengan pajak, pada artikel ini kita akan membahas dengan ringkas terkait NPWP atau pajak, mulai dari pengertian, jenis jenis, dan berbagai cara membuat pajak.

Pengertian NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

cara membuat npwp pribadi
bagikeunlagi.com

NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak untuk mempermudah administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

Menurut ketentuan, setiap wajib pajak hanya diberikan satu NPWP, di mana NPWP tersebut terdiri atas 15 digit, 9 digit pertama merupakan kode wajib pajak dan 6 digit berikutnya merupakan kode administrasi.

Sayangnya, masih sangat banyak rakyat Indonesia yang belum memahami dengan baik mengenai NPWP, terutama di daerah pedalaman atau pedesaan disebabkan kurangnya sosialisasi dari pemerintah setempat.

Tidak sedikit di antara mereka yang masih merasa kebingungan, apa sih manfaat, fungsi dan proses pendaftaran dari NPWP itu sendiri. Bagi kamu yang belum memiliki NPWP, segeralah mendaftar sekarang juga.

NPWP memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi kamu. Beberapa diantaranya adalah sebagai sarana dalam hal administrasi perpajakan, menjaga ketertiban dalam hal pembayaran dan pengawasan administrasi perpajakan.

NPWP juga menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan pelayanan umum, seperti kartu kredit bank, paspor, dan persyaratan pegawai untuk beberapa instansi tertentu.

Meskipun keuntungan yang didapat dari NPWP banyak, masih banyak masyarakat yang tidak peduli dan enggan mengurus NPWP. Padahal, di jaman sekarang ini sangat mudah untuk mengurus NPWP, apalagi sekarang dapat daftar secara online, yaitu di laman direktorat jendral pajak. Dan kamu tinggal mengikuti saja petunjuk yang ada di website.

Sebelum kamu mendaftar ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis, syarat dan cara untuk mengurus surat-surat. Berikut ini adalah informasinya.

Jenis Jenis NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

jenis jenis pajak di indonesia
aturduit.com

Berikut jenis jenis NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak):

1. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) berjenis karyawan

Pada NPWP karyawan, kamu mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak karena kamu memiliki status sebagai seorang karyawan dari sebuah perusahaan baik perusahaan lokal, nasional, maupun internasional.

2. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) wiraswasta

Pada NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) jenis ini, merupakan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) yang dimiliki oleh seseorang yang memiliki atau melakukan usaha sendiri. Sehingga, setiap ia bertransaksi harus dilaporkan dan masuk dalam hak dan kewajiban taat pajak kepada negara.

3. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) bagi orang yang telah menikah

Pada NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) telah menikah, kamu juga harus melaporkan tentang beberapa tanggungan keluarga kamu seperti istri dan anak-anak. Sehingga kamu bisa menjadi sosok yang taat pajak dengan peraturan yang telah diberlakukan oleh negara.

Syarat Membuat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi

cara membuat pajak pribadi
aturduit.com

Syarat seseorang dinyatakan sebagai Wajib Pajak (WP) adalah apabila telah mempunyai penghasilan dalam satu tahun yang melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Hal ini berlaku bagi setiap orang pribadi, baik yang belum maupun yang sudah berkeluarga.

Namun, bagi wanita kawin yang tidak melakukan perjanjian pisah harta dan pisah penghasilan dengan suaminya tidak wajib memiliki NPWP.

Ambil contoh batas maksimal PTKP untuk perseorangan di Indonesia sebesar Rp15.840.000 per tahun atau Rp1.320.000 per bulan. Jadi, jika penghasilan kamu setiap bulan sudah melebihi batas maksimal PTKP, kamu wajib memiliki NPWP karena kamu telah memenuhi syarat sebagai wajib pajak.

Syarat Membuat NPWP  untuk Wiraswasta atau pengusaha

cara membuat npwp perusahaan
fullfact.org

Yang termasuk pada golongan wiraswasta adalah mereka yang memiliki usaha atau pekerjaan bebas, dan juga kamu yang memiliki keahlian khusus pada sebuah pekerjaan tertentu, termasuk dalam kategori ini.

NPWP wiraswasta bisa kamu buat dengan mendatangi kantor terkait dan mendaftar sendiri karena tidak bisa diwakilkan. Syarat untuk membuat NPWP wiraswasta adalah:

1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk

2. Fotokopi surat keterangan usaha atau disebut juga dengan SKU dari kelurahan atau departemen yang berkaitan dengan bidang usaha kamu

3. Mengisi formulir pernyataan usaha yang ditkamutangani di atas meterai Rp6.000

4. Mengisi formulir pendaftaran NPWP yang ada di kantor pajak

Syarat membuat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) untuk karyawan

Ini adalah pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak bagi orang pribadi yang tidak memiliki usaha dan bekerja sebagai karyawan. NPWP ini berlaku bagi warga negara Indonesia dan asing yang bekerja di Indonesia.

Yang perlu dibawa pada saat mendaftar untuk NPWP karyawan adalah:

1. Fotokopi Kartu Tkamu Penduduk atau KTP bagi warga negara Indonesia

2. Bagi warga negara asing, membawa fotokopi paspor dan kartu izin tinggal seperti KITAP atau KITAS

3. Fotokopi Surat Keterangan Kerja dari perusahaan. Bagi pegawai negeri, bisa membawa SK atau Surat Keputusan.

4. Mengisi formulir pendaftaran NPWP yang ada di kantor pajak

Syarat Membuat NPWP untuk Wanita yang Sudah Menikah

cara membuat npwp pribadi online
marketwatch.com

Adakalanya istri memiliki usaha sendiri atau bekerja sehingga menginginkan penghitungan pajak yang terpisah. Untuk keperluan itu, bisa dibuatkan NPWP wanita kawin. Syarat yang diperlukan untuk membuat NPWP wanita kawin adalah:

1. Fotokopi NPWP suami

2. Fotokopi KTP sendiri

3. Fotokopi Kartu Keluarga atau KK

4. Fotokopi Surat Keterangan Kerja dari perusahaan. Bagi pegawai negeri, bisa membawa SK atau Surat Keputusan.

5. Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta. Surat ini menyatakan bahwa kedua belah pihak menghendaki pemisahan pelaksanaan hak dan kewajiban antara suami dan istri.

6. Mengisi formulir pendaftaran NPWP yang ada di kantor pajak

Bagaimana dengan warga negara yang belum bekerja?

wajib membayar pajak
military.com

Bagi warga negara yang belum bekerja, mereka tidak diwajibkan memiliki NPWP. Hal ini disebabkan oleh ketentuan batas minimum pendapatan yang dapat dikenakan pajak oleh pemerintah yang telah ditetapkan oleh kantor pajak. Hal ini biasanya dikenal dengan Penghasilan Tidak Kena Pajak atau biasa disingkat PTKP.

Penghasilan Tidak Kena Pajak yang terakhir ditetapkan oleh direktorat jendral perpajakan ada pada jumlah minimum Rp4.5000.000 per bulan atau Rp54.000.000 per tahun. Jadi, apabila pendapatan kamu di bawah angka tersebut, kamu tidak diwajibkan memiliki NPWP.

Cara membuat NPWP pribadi secara online

cara membuat npwp online
sensefinancial.com

Untuk mempermudah Wajib Pajak dalam pembuatan NPWP, Dirjen Pajak telah mempermudah cara pendaftaran NPWP melalui internet atau dikenal sebagai e-Registration (E-REG DJP). Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat NPWP secara online :

1. Pertama, kamu harus mengunjungi terlebih dahulu situs Dirjen Pajak di alamat www.pajak.go.id . Pada laman Dirjen Pajak tersebut, pilih menu sistem e-Registration.

2. Silahkan mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akun dengan klik “daftar”. Isilah data pengguna dengan benar seperti nama, alamat, password, dan yang lainnya.

3. Lakukan aktivasi akun. Cara untuk mengaktivasi akun kamu adalah dengan membuka kotak masuk atau inbox dari email yang sudah kamu daftarkan. Kemudian buka email masuk dari Dirjen Pajak dan ikuti langkah atau petunjuk selanjutnya dalam email tersebut untuk melakukan aktivasi.

4. Isi formulir pendaftaran. Setelah proses aktivasi berhasil kamu lakukan, langkah selanjutnya kamu harus login ke sistem e-Registration dengan memasukkan email dan password akun yang sudah kamu buat sebelumnya.

Kamu juga bisa mengklik tautan yang terdapat dalam email aktivasi kedua dari Dirjen Pajak. Setelah login, kamu akan dibawa ke halaman registrasi data Wajib Pajak untuk dapat memulai proses pembuatan NPWP. Silahkan isi semua data dengan benar pada formulir yang sudah tersedia.

Ikuti semua langkah-langkahnya secara teliti. Jika data yang di isi sudah benar, akan muncul surat keterangan terdaftar sementara.

5. Setelah semua data pada form sudah terisi dengan lengkap. Pilih tombol daftar untuk mengirim form registrasi Wajib Pajak secara elektronik atau online ke kantor pelayanan pajak tempat Wajib Pajak terdaftar.

6. Langkah selanjutnya kamu harus mencetak dokumen seperti yang telah terlihat pada layar komputer kamu, yaitu, Formulir Registrasi Wajib Pajak dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara.

7. Setelah formulir registrasi wajib pajak di cetak, silahkan ditkamungani dan kemudian satukan dengan berkas kelengkapan yang telah kamu siapkan.

8. Kirimkan formulir registrasi wajib pajak dan melengkapi dokumen. pengiriman dokumen ini selambat lambatnya dilakukan 14 hari setelah formulir terkirim secara online, dan berkas tersebut bisa kamu kirim via kantor pos tercatat atau bisa juga diserahkan langsung ke KPP.

9. Jika kamu tidak ingin repot untuk menyerahkan atau mengirimkan berkas secara langsung atau melalui POS ke KPP, kamu bisa memindai (scan) dokumen kamu dan mengunggahnya dalam bentuk soft file melalui aplikasi e-registration tadi.

10 Cek status dan tunggu kiriman kartu NPWP. Setelah mengirimkan berkas dokumen, kamu dapat mengecek status pendaftaran NPWP kamu via email atau biasanya terdapat di halaman history pendaftaran dalam aplikasi e-registration.

Jika statusnya ditolak, maka kamu harus memperbaiki beberapa data yang kurang lengkap. Namun jika statusnya sudah disetujui, kartu NPWP kamu akan segera dikirim ke alamat kamu yang sudah terdaftar melalui pos tercatat.

Cara membuat NPWP pribadi secara offline

cara membuat npwp offline
pazderlaw.com

Pendaftaran kartu NPWP secara offline dapat kamu lakukan dengan langsung mendatangi Kantor Pelayanan Pajak atau melalui jasa pos atau ekspedisi. Berkas yang harus disiapkan sama dengan pendaftaran secara online.

1. Membuat NPWP di Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

2. kamu bisa mendatangi KPP terdekat dan membawa fotokopi berkas dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Jika alamat domisili kamu berbeda dengan KTP, kamu bisa membawa surat keterangan dari kelurahan tempat tinggal kamu.

3. Lengkapi berkas dengan formulir yang harus kamu minta kepada petugas pendaftaran KPP. Lalu serahkan berkas kepada petugas pendaftaran. Kamu akan mendapatkan tanda terima pendaftaran wajib pajak.

4. Setelah satu hari kerja, kartu NPWP akan dikirim ke alamat kamu melalui pos tercatat. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya.

Membuat NPWP melalui jasa pos atau ekspedisi

cara membuat npwp melaui jasa pos
guyanachronicle.com

Cara ini bisa kamu pilih jika lokasi KPP terlalu jauh dari tempat tinggal kamu. Kamu bisa mendatangi kantor pos atau jasa ekspedisi terdekat.

Di sana kamu tinggal mengisi formulir pendaftaran sekaligus mengirimkannya dengan melampiri dokumen persyaratan yang telah kamu siapkan. Untuk berkas-berkas dan persyaratannya sama dengan pendaftaran secara offline di KPP.

Cara Mudah Cek NPWP

cara membuat npwp online

Itulah beberapa informasi mengenai syarat-syarat, jenis-jenis, dan juga cara pendaftaran untuk membuat NPWP. Jadilah warga negara yang baik taat wajib pajak dan juga peraturan yang berlaku, jangan mudah terpengaruh dengan gosip dan hoax. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar