Cara Membuat Scrapbook Kreatif

Cara Membuat Scrapbook – Mendengar kata scrapbook, tentu saja bagi kamu dari para remaja tidak asing lagi dengan salah satu jenis kerajinan tangan ini. Scrapbook ini sekarang cukup familiar dan banyak ditemukan.

Jenis kerajinan tangan yang satu ini sangat banyak digemari, terutama dari kalangan anak remaja. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa scrapbook ini cukup unik dan menarik.

Bila kamu belum mengetahui apa itu scrapbook, atau kamu penasaran bagaimana pembuatannya, maka jawaban kebingungan kamu bisa ditemukan disini.

Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan ulasan lebih lanjut mengenai scrapbook berikut cara pembuatannya yang bisa kamu simak dan dijadikan rujukan.

Apa Itu Scrapbook

cara membuat scrapbook yang menarik
pinterest.com

Dari namanya sebenarnya bisa disimpulkan bahwa scrapbook merupakan kertas yang disatukan. Sedangkan jika melihat pada umumnya, scrapbook ini diartikan sebagai suatu album yang berisikan foto lama.

Bahkan tidak hanya foto, berbagai hal seperti cerita maupun hal-hal lain. Bagi para scrapper biasanya dengan melihat sesuatu yang menarik, akan timbul berbagai ide di kepalanya sehingga bisa membuat scrapbook yang menarik.

Persiapan Membuat Scrapbook

Persiapan Membuat Scrapbook
amazon.com

Jika sudah mengetahui apa itu scrapbook, maka saat ini akan lebih dalam lagi pembahasannya. Disini akan dibahas lebih lanjut mengenai tatacara pembuatan scrapbook.

Namun sebelum mulai membuat, kamu harus melakukan persiapan dengan memperhatikan beberapa hal. Diantaranya seperti pemilihan kertas, pemotong, tema dan lain sebagainya yang cukup penting dalm pembuatan scrapbook nanti.

1. Pemilihan Kertas

Kaitannya dengan membuat scrapbook, pemilihan kertas tidak bisa asal-asalan. Sebaiknya yang dipilih adalah kertas berkualitas dengan PH yang cukup tinggi. Katakan saja dengan PH 7 misalnya.

Dengan begitu foto yang ditempelkan bisa lebih awet. Bila PH nya kurang, bisa jadi foto yang kamu tempelkan nantinya akan rusak dan menjadi hitam.

2. Perekat

Selain kertas, masalah perekat juga sangat penting untuk diperhatikan. Dengan perekat yang baik maka apa pun yang kamu tempelkan di dalam scrapbook akan lebih tahan lama dan awet tentunya.

Untuk itu, silahkan mengusahakan untuk memakai perekat sebaik mungkin sehingga kamu tidak akan menyesal. Semakin baik perekat tentu hasil scrapbooknya pun akan semakin berkualitas.

3. Pemotong

Ketika membuat scrapbook, kamu akan banyak melakukan kegiatan potong memotong. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan beberapa alat seperti gunting, cutter, penggaris dan sejenisnya.

Untuk memastikan potongannya lebih sempurna akan lebih baik jika kamu menggunakan gunting saja.

4. Penggunaan Buffer

Ketika kamu telah membuat scrapbook dengan serius, tentu saja inginnya scrapbook itu akan awet dan tetap dalam keadaan baik-baik saja. Lalu bagaimana cara menjaganya agar tetap awet.

Nah, biar scrapbook yang kamu buat bisa awet tahan lama, gunakanlah kalsium karbonat untuk menjaga nilai PH scrapbook. Dengan begitu karya kamu tersebut bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama.

5. Menulis Cerita

Menulis cerita merupakan salah satu hal yang cukup menarik dalam pembuatan srapbook. Cerita ini bisa ditempelkan bersama foto kamu.

Scrapbook dalam hal yang berbeda dari album foto pada umumnya. Nah, jika cerita yang ditulis panjang, mungkin deskripsinya bisa melalui catatan.

6. Pelindung Scrapbook

Selain menjaga PH menggunakan buffer, biar lebih aman dari luarnya scrapbook harus dilindungi. Kamu bisa menggunakan pelindung scrapbook dimana pelindung ini dipasang dalam setiap halaman scrapbook.

Untuk pelindung sendiri biasanya bahan pembuatnya adalah plastik. Ketika kamu ingin merombak scrapbook pun, pelindungnya bisa dilepas. Jadi pelindung dari plastik lebih fleksibel, namun tetap menarik.

7. Buat Tema

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam pembuatan scrapbook adalah masalah tema. Dalam membuat scrapbook agar serasi dan sesuai, kamu harus menentukan pilihan tema yang kamu inginkan.

Setelah itu barulah kamu bisa mulai membuat konsep gambarannya. Tema ini sebenarnya termasuk salah satu hal yang cukup penting karena akan menetukan keindahan tampilan scrapbokk kamu nanti.

Jika bingung tema apa yang akan diusung, kamu bisa mulai mencari inspirasi. Inspirasi bisa diperoleh dengan melihat karya orang lain terlebih dahulu sehingga akan datang gambaran bagi kamu.

Semakin menarik tema yang kamu usung, maka scrapbook yang kamu buat pun hasilnya akan semakin indah. Namun, usahakan kamu tidak meniru sepenuhnya karya orang lain yang kamu jadikan tema dalam membuat scrapbook karena akan mengurangi nilai dari karyamu.

Cara Membuat Scrapbook

Cara Membuat Scrapbookk
legacybox.com

Jika urusan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan sudah selesai, begitu pula dengan persiapan alat dan bahan, kamu bisa mulai memasuki tahap pembuatan.

Buatlah scrapbook yang semenarik mungkin, dan kalau perlu minta pendapat orang lain akan tema yang kamu usung dalam pembutan scrapbook.

Pembuatan scrapbook akan melalui beberapa proses sehingga hasilnya cukup maksimal dan kamu pun akan puas dengan hasil karya kamu. Bahkan kamu bisa menjadikan kerajinan ini menjadi tambahan usaha untuk menambah pemasukanmu.

1. Tentukan Ukuran

Pertama, kamu harus menentukan ukuran terlebih dahulu dalam pembuatan scrapbook ini. Tetapkan ukuran sesuai dengan keinginan kamu. Bisa juga dengan memakai album langsung jadi.

Katakan saja seperti yang ukurannya 12 x 12 atau 10 x 10. Sedangkan jika menggunakan kertas bisa juga memilih yang ukurannya A5 atau ukuran lainnya.

Namun dalam hal memilih menggunakan album jadi atau membuat sendiri dari awal, sebaiknya memang tidak menggunakan album jadi. Hal ini karena jika menggunakan album jadi kamu tidak bisa berkreasi lebih luas.

Bila kamu membuat sendiri dari awal dengan pilihan desain yang indah, hasil scrapbooknya akan lebih menarik dan kamu pun bebas menerapkan kreativitas sesuai dengan selera kamu sendiri.

2. Siapkan Alat dan Bahan

Yang perlu dilakukan selanjutnya setelah menentukan ukuran adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan ini juga sangat mudah didapat karena kamu bisa membelinya ditoko terdekat dengan rumah kamu.

Alat dan bahan yang yang akan digunakan membuat scrapbook, harus bahan yang berkualitas dan tahan lama agar nantinya scrapbook tidak cepat rusak.

Diantara alat dan bahan yang diperlukan ini seperti kertas scrapbook, kertas warna-warni, perekat, spidol, foto, hiasan dan pemotong.

Dari sini, ada beberapa poin yang perlu digaris bawahi. Salah satunya untuk perekat, usahakan untuk menggunakan yang PH nya asam dan jangan menggunakan yang mengandung air.

Selain itu, spidol juga bisa digantikan dengan pensil warna. Sama dengan lem, kamu harus memilih spidol yang bebas dari asam. Usahakan pula yang digunakan ini tahan air. atau katakan saja spidol permanen sehingga tidak akan hilang begitu saja.

3. Memilih Foto Yang Akan Digunakan

Silahkan kamu pilih foto paling berkesan sehingga scrapbook kamu memiliki keindahan dan nilai tersendiri. Bila foto yang ingin kamu gunakan sudah usang, sebaiknya dicetak ulang agar lebih menarik.

Dengan mencetak ulang foto yang akan ditempel di scrapbook, foto yang asli masih tersimpan. Apalgi bila foto itu yang sangat berarti, akan sangat disayangkan jika nanti kamu harus kehilangan foto tersebut.

4. Memotong Foto

Potonglah foto sesuai dengan ukuran scrapbook yang akan kamu buat. Pemotongan foto bisa dikatakan sebagai salah satu hal yang juga begitu penting. Pemotongan perlu dilakukan dengan hati hati agar tidak terjadi kesalahan.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa memberi tanda menggunakan pulpen atau pensil pada bagian yang akan dipotong, bisa juga dengan membuat garis. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kesalahan saat kamu mulai memotong foto.

5. Tata Letak dan Back Ground

Inti dari pembuatan scrapbook ada pada bagian yang satu ini. Yang akan ditempel pertama kali pada scrapbook adalah wallpapernya atau hiasan belakang. Tentukan pula background warna yang sesuai.

Sesudah itu barulah kamu bisa mulai tempelkan fotonya dengan hati-hati agar hasilnya rapi. Setiap scrapbook yang sudah dibuat, bisa kamu tambahkan halaman dan komentar untuk foto untuk menambah daya tarik scrapbook.

6. Tambahan Dekorasi Menarik

Dekorasi ini akan ditambahkan ketika seluruh foto telah ditempelkan. Tentu saja dekorasinya haruslah sesuai dengan tema yang sebelumnya telah dipilih. Tujuan penambahan dekorasi ini adalah agar scrapbook yang kamu buat semakin bagus dan menarik.

Kkamu bisa berkreasi sekreatif mungkin di sini. Jadikan scrapbook kamu menjadi tempat menyimpan kenangan yang rame dan menarik.

Tips Membuat Scrapbook Menarik

cara Membuat Scrapbook Menarik
premierscrapbookdesign.com

Sampai di sini, langkah kamu dalam membuat scrapbook memang sudah selesai. Namun, jika kamu ingin scrapbookmu lebih menarik lagi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menambah daya tarik scrapbook.

Segala sesuatu yang memiliki nilai tambah dari yang lainnya akan selalu lebih menarik. Demikian juga dengan scrapbook yang kamu buat, bisa dibuat lebih menarik dari scrapbook pada umum dengan beberapa hal dari sisi cerita, judul dan deskripsi.

1. Cerita

Untuk cerita, kamu bisa membuat scrapbook kamu menjadi semacam komik. Jadi di dalamnya bisa diisi dengan cerita yang saling berhubungan. Tentu saja dengan begini scrapbook kamu akan tambah menarik lagi.

Jika memang kamu ingin menggunakan saran ini pastikan foto yang kamu tempel dalam satu halaman merupakan foto-foto yang masih saling berkaitan.

2. Judul

Nah, selain cerita, jangan lupa untuk memberikan judul pada setiap halaman scrapbook kamu. Bisa dikatakan bahwa judul ini merupakan sesuatu yang cukup penting.

Dengan adanya judul, orang yang melihat scrapbook bisa langsung mengetahui tema dari halaman yang dilihat. Untuk itu jangan sampai mengabaikan hal ini.

3. Deskripsi

Yang terakhir adalah deskripsi. Memang cukup remeh namun ini juga tidak kalah penting. Hanya dengan adanya deskripsi, orang lain yang melihat bisa tahu ada cerita apa dibalik foto menarik yang kamu tempel disana.

Oleh karena itu jangan sampai kamu melupakan untuk menyertakan pula deskripsi dalam pembuatan scrapbook. Tidak perlu membuat deskripsi yang panjang. Buatlah deskripsi yang pendek, namun bisa menggambar kenangan dari foto scrapbook.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat scrapbook. Bagi kamu yang tertarik silahkan segera berkarya karena scrapbook ini memang sangat menarik.

Scrapbook akan membuat kenangan kamu jadi semakin berarti, juga bisa menambah nilai kreativitas kamu. terimakasih dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.