13+ Contoh Abstrak Skripsi, Karya Ilmiah, Penelitian dan Makalah

Contoh Abstrak – Menjadi seorang mahasiswa apapun jurusannya tentu saja terakhirnya akan bertemu dengan yang namanya skripsi. Apapun jurusannya, skripsi adalah tugas akhir bagi seluruh mahasiswa.

Oleh karena itu sebelum membuat sebuah skripsi para dosen selalu melatih mahasiswa untuk membuat sebuah makalah, jurnal, dan lain-lain yang mengarahnya hanya untuk membuat skripsi di akhir.

Penulisan karya ilmiah adalah salah satu hal yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Ketika kita membahas skripsi apa yang kamu ketahui tentang skripsi?

Mahasiswa banyak yang berpresepsi bahwa skripsi adalah hal menyeramkan yang sangat ditakuti oleh mahasiswa tua atau semester akhir.

Karena skripsi merupakan syarat kelulusan bagi mahasiswa maka lulus atau tidaknya seorang mahasiswa tergantung dengan skripsinya.

Setelah membahas skripsi sekarang mari kita konsen membahas bagan-bagan yang ada dalam srkripsi. Salah satu bagiannya adalah abstrak.

Pengertian abstrak

pengertian abstrak skripsi
expressproofreading.com

Abstrak adalah gambaran yang ada dalam suatu karya ilmiah khususnya skripsi. Abstrak berbentuk ringkasan yang menjelaskan point penting dari suatu karya tulis, selain itu abstrak juga membahas seberapa luas suatu topic yang akan dibahas didalamnya.

Tujuan adanya abstrak sendiri adalah untuk memahamkan pembaca dengan diawal halaman. Secara ringkas abstrak memiliki beberapa bagian yaitu nama peneliti, nomer mahasiswa, judul penelitian, pokok / rumusan masalah, teori dan metode penelitian, dan kesimpulan.

Sepenting apakah abstrak dalam karya tulis khususnya skripsi? Tentu saja sangat penting, karena di dalam abstrak terdapat semua hal-hal penting yang sudah ditentukan di awal, sehingga menghindari penulisan karya ilmiah yang keluar dari pokok pembahasan yang sudah ditetapkan sebelumnya di dalam abstrak.

Berbicara teori saja mungkin tidak akan memahamkan seratus persen. Oleh karena itu berikut kami akan memberikan salah satu contoh abstrak skripsi yang baik dan benar. Semoga mampu memahamkan kamu.

Baca juga: Contoh kata pengantar

Format Abstrak

format dan contoh abstrak
thepokerbaffer.com

Format penulisan abstrak harus bersifat informative dan juga deskriptif, artinya adalah setiap informasi setiap informasi yang terkandung pada abstrak harus sesuai dengan fakta.

Dengan kata lain, sangat tidak diperkenankan untuk mencantumkan informasi yang tidak berdasarkan fakta karena skripsi itu harus penelitian dan harus sesuai dengan fakta.

Adapun abstrak yang baik adalah abstrak yang mengandung 4 unsur, yaitu:

1. Argumentasi logis, argumentasi bisa didapatkan melalui observasi atau penelitian untuk memecahkan masalah.

2. Metode, metode adalah pendekatan yang digunakan dilakukan untuk memecahkan masalah. Hal ini sangat berguna dalam sebuah penelitian.

3. Hasil yang dicapai, harus dicantumkan sebagai bukti

4. esimpulan, harus dicantumkan karena bertujuan untuk lebih memahamkan pembaca.

Abstrak harus berisi pernyataan ringkas dan padat tentang ide yang paling penting. Abstrak memuat masalah dan memiliki tujuan untuk memahamkan pembaca, prosedur penelitian, dan juga ringkasan hasil penelitian.

Selain itu ada juga hal-hal lain seperti hipotesis, pembahasan dan saran tidak perlu diikutkan karena cukup di tuliskan di dalam skripsi bukan di abstrak.

Berikut format yang bisa kamu contoh dalam menulis abstrak:

1. Awal kalimat merupakan kata benda, mengapa kata benda? Karena peraturan membuat abstrak adalah kata benda, menggunakan kata benda tentu akan memudahkan kamu dalam membuat abstrak.

2. Terdiri dari maksimal 250 kata, diluar kata depan dan kata sambung

3. Dalam bentuk paragraph

4. Menggunakan spasi 1

5. Huruf yang digunakan ialahTimes New Roman

6. Harus ada kata kunci yang disusun secara alphabet dan maksimal terdiri dari 5 kata

7. Ditulis sebelum bab pendahuluan

8. Rata kiri dan kanan

9. Ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 pt

Ketika kamu mengikuti peraturan penulisan abstrak seperti diatas, maka sudah dipastikan bahwa abstrak tersebut sudah sesuai.

Terkadang banyak mahasiswa yang bagus dalam penulisan skripsi akan tetapi masih bingung dalam menulis abstrak. Jadi tidak ada salahnya kamu mempelajari format penulisan abstrak seperti diatas.

Judul Tulisan Abstrak

judul tulisan abstrak skripsi
inudgeyou.com

Dalam membuat abstrak kamu juga harus memerhatikan judul. Judul abstrak sebaiknya buatlah semenarik mungkin agar mencerminkan bahwa skripsi kamu juga menarik.

Judul adalah kekuatan utama, jadi buat judul yang sesuai dengan pokok pembahasan. Judul yang menarik akan membuat pembaca penasaran dan ingin melanjutkan membaca lebih lanjut.

Latar Belakang Abstrak

Latar belakang juga perlu untuk dicantumkan. Jadi di latar belakang ini yang dibahas adalah mengapa kamu mengangkat topik yang kamu bahas di dalam skripsi tersebut.

Cobalah jelaskan dengan baik secara singkat asal mula topic kamu dipilih. Contohnya saja ketika kamu mengangkat suatu topic masalah sosial, lingkungan kehidupan sehari-hari.

kamu tentu tidak akan mengangkat topic yang tidak ada permasalahan sebelumnya. karena adanya karya tulis atau skripsi adalah untuk menyelesaikan suatu masalah yang kamu lakukan melalui penelitian.

Gambaran Tulisan Abstrak

Kalau berbicara mengenai gambaran abstrak, cobalah untuk menjelaskan gambaran abstrak dari karya ilmiah kamu secara singkat, padat, dan jelas dan yang paling penting mudah untuk dipahami.

Biasanya di dalam gambaran abstrak terdapat kata Tanya seperti kapan, bagaimana, dimana, dan lain sebagainya.

Hal tersebut bertujuan untuk menjelaskan gambaran tersebut, lebih baik sesuaikan gambaran abstrak dengan pembahasan yang kamu pilih.

Kesimpulan Tulisan Abstrak

kesimpulan dan contoh abstrak
youtube.com

Pada paragraph terakhir jangan lupa untuk mencantumkan kesimpulan dari tulisan abstrak kamu.

Jelaskan secara simpul hasil penelitian yang kamu lakukan dan ingat bahwa kesimpulan harus bisa menjawab rumusan masalah yang kamu cantumkan secara singkat. Adanya kesimpulan berarti mengakhiri abstrak kamu.

Setelah kesimpulan yang harus kamu cantumkan selanjutnya adalah kata kunci abstrak.

Kenapa kata kunci abstrak harus dicantumkan? Karena berguna untuk memudahkan pembaca mengambil kesimpulan bahwa yang kamu bahas adalah kata tersebut. Biasanya kata kunci minimal ada 3 dan boleh lebih.

Dengan adanya abstrak maka skripsi yang kamu tuliskan sudah lengkap dan bisa di acc dengan mudah oleh dosen pembimbing kamu. jangan lupa untuk memerhatikan hal lain seperti penelitian kamu, bahan penelitian kamu, dan lain sebagainya.

Kamu tidak akan bisa membuat sebuah abstrak jika penelitian kamu belum sempurna. Selamat mencoba, semoga kamu bisa mempraktekkan membuat abstrak dengan baik.

Baca juga: Cara membuat CV lamaran kerja yang kreatif

Contoh Abstrak Skripsi

contoh abstrak skripsi
icampusindonesia.com

Contoh 1:

ABSTRAK

Pertumbuhan ekonomi Cina meningkat dalam beberapa decade sejak 1978. Bahkan Gross Domestic Product Cina melebihi pertumbuhan ekonomi dunia.

Pertumbuhan ini terjadi sejak kebijakan reformasi dan keterbukaan dilaksanakan Deng Xioping, kebijakan ini dan relasinya terhadap peningkatan ekonomi Cina adalah hal menarik.

Penelitian dengan judul “Dampak Kebijakan Reformasi dan Keterbukaan terhadap Perkembangan Ekonomi CIna”, memiliki rumusan masalah bagaimana strategi ekonomi yang diterapkan Cina.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi Cina dalam membangun perekonomian, serta memahami dampak strategi reformasi dan keterbukaan terhadap perkembangan ekonominya.

Penelitian ini menggunakan metode library research atau penelitian kepustakaan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder dari press release, serta data perkembangan ekonomi Cina yang disajikan oleh kementerian terkait bidang perdagangan di Cina.

“Kebijakan reformasi dan keterbukaan yang diterapkan CIna menggunakan konsep state corporatism”, kesimpulan ini diambil berdasarkan analisa data yang dilakukan.

Cina mengembangkan system pasar sosialis guna menyesuaikan kondisi global yang banyak dipengaruhi paham kapitalisme. Dalam mengembangkan ekonominya Cina memberikan beberapa kebijakan.

Kebijakan-kebijakan tersebut menunjukkan adanya keterbukaan ekonomi yang dijalankan Cina. Pemerintah Cina melakukan pembebasan pasar tanpa kehilangan kontrolnya terhadap mekanisme pasar.

Kata kunci: ekonomi, keterbukaan, reformasi, state corporatism

Contoh 2:

ABSTRAK

AHMAD ZAIN, NIM 820250430 / 5071010108625. “Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SDN ANNIDA Kecamatan Anggeraja.” Dengan jumlah 61 halaman, tabel 9. Skripsi Program Studi Guru Sekolah Dasar Ilmu Tarbiyah INSIDA Jakarta, Juli 2012.

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui Pemahaman Pembelajaran IPA melalui Penggunaan Metode Diskusi pada Materi Struktur Bumi dan Matahari di SDN ANNIDA Kecamatan Anggeraja. Variabel (X) dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Diskusi sedangkan Variabel (Y) adalah hasil pembelajaran IPA

Jenis penelitian yang dilakukan deskriptif kualitatif, karena metode ini menurut penulis cocok dan relevan. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV (lima) SDN ANNIDA berjumlah 20 siswa dengan sampel yang diambil 60% yakni berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian menunjukan perolehan data:

Jadi 17 siswa dengan rata-rata 85% menjawab ya, 3 siswa dengan rata-rata 15% menjawab tidak dan hanya 12% dengan jumlah 2 siswa saja yang belum berhasil mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sedangkan 88% dengan jumlah 18 siswa yang telah berhasil mencapai/melebihi nilai KKM, yakni diatas nilai 65.

Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa dengan penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran IPA mengenai proses pembetukkan tanah pada bab struktur bumi dan matahari.

Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan meningkatkan metode diskusi dapat membangkikan semangat dan prestasi siswa kelas IV di SDN ANNIDA Kecamatan Anggeraja.

Contoh 3:

ABSTRAK

LIA AMANDA, NIM / NIMKO : 088214005 / 5071010108633. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 di SDS ANANDA Kecamatan Gunung Putri”. Dengan jumlah 76 halaman, 41 tabel. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STIT INSIDA JAKARTA 2014.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Variabel X dalam penelitian ini adalah Kompetensi Guru, sedangkan Variabel Y dalam penelitian ini adalah Hasil Belajar Siswa.

Metode yang diterapkan adalah metode deskriptif kualitatif karena penelitian ini menggunakan objek penelitian maka metode ini sangat tepat ditetapkan dalam penelitian ini. Subjek Penelitian pertama adalah peserta didik yang berjumlah 36 siswa dengan jumlah sampel 21 peserta didik yang diambil secara random. Sedangkan subjek penelitian kedua adalah Guru yang berjumlah 19 guru dengan jumlah sampel 11 guru yang diambil secara random.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 27% atau 3 Guru SDS ANANDA memenuhi Standar Kualifikasi, 55% atau 6 Guru SDS ANANDA belum memenuhi Standar Kualifikasi, dan 18% atau 2 Guru SDS ANANDA tidak memenuhi Standar Kualifiksi berdasarkan PP No. 16 Tahun 2007.

Guru SDS ANANDA meguasai indikator Kompetensi Pedagogik dengan nilai A sebanyak 51%, dengan nilai B sebanyak 26% sedangkan dengan nilai C sebanyak 23%. Dari haril belajar dapat diketahui bahwa 43% atau 9 peserta didik telah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) dan 57% atau 12 peserta didik belum memenuhi KKM pada mata pelajaran matematika.

Berdasarkan hasil tersebut maka dibutuhkan kesadaran dan dorongan baik dari dalam maupun dari luar untuk meningkatkan kompetensi sebagai tenaga pendidik.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas 3 di SDS ANANDA Kecamatan Gunung Putri.

Contoh 4:

ABSTRAK

ASMA AULIA, PENGARUH PEMBELAJARAN TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI KELAS V MI AL-FALAH JAKARTA TIMUR, Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) INSIDA, Juli 2012.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajarkan Tajwid agar dapat membaca Al-Qur’an dengan benar dan baik.

Jenis penelitian yang di lakukan penulis menggunakan teknik analisa Kualitatif yaitu dengan cara mengkualifikasikan data yang di peroleh kemudian menganalisis sesuai dengan gejala dari objek yang di teliti dan menginterprestasikan fenomena-fenomena yang ada muncul dan terjadi dari data-data yang terkumpul dan di sesuaikan dengan data yang ada.

Pengumpulan data yang diperoleh dengan jumlah responden 26 siswa ( 50 % ) dari populasi, dengan jumlah pertanyaan angket 10 soal Pembelajaran tajwid.

Setelah melakukan analisa dan pembahasan dalam penelitian ini, Pada penelitian ini diperoleh data , bahwa hasil tes kemampuan siswa memiliki nilai 100 sebesar 38,4 %, yang memiliki nilai 90 sebesar 7,7 %, yang memiliki nilai 80 sebesar 27 %, yang memiliki nilai 70 sebesar 19,2 %, dan yang memiliki nilai 60 sebesar 7,7 % dengan rincian sebagai berikut : dengan menggunakan Tajwid dapat menggali kemampuan membaca Al-Qur’an anak lebih baik sebesar 100 % , dan yang kadang-kadang dan tidak sebesar 0 %.

Dari hasil penelitian ini di peroleh kesimpulan bahwa pembelajaran tajwid dapat di bina melalui Pendidikan Agama Islam berupa praktek langsung membaca secara klasikal dan individual supaya siswa bisa lebih terarah dalam setiap membaca al-quran.

Namun demikian masalah-masalah yang ada dan yang berhubungan dengan kefasihan siswa dalam membaca al-quran, bukan menjadi tugas guru Agama semata, melainkan tanggung jawab semua pihak yang terkait dengan pendidikan termasuk orang tua.

Contoh 5:

ABSTRAK

Aulia Mukarramah: NIM/NIMKO 088214001/5071010101862, Peran Guru Dalam Meningkatkan Akhlak Melalui Metode Bercerita Pada Siswa Kelas III di MI Sirojul Falah Kecamatan Gunung Putri, dengan jumlah 86 halaman, 46 tabel dan 10 lampiran. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STIT INSIDA Gunung Putri 2012.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mendalam tentang peran guru dalam meningkatkan akhlak siswa dengan menggunakan metode bercerita. Variabel terikat (x) dalam penelitian ini adalah peran guru dalam meningkatkan akhlak, sedangkan variabel bebasnya (y) adalah metode bercerita.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, karena metode ini, menurut penulis cocok dan relevan dengan objek penelitian. Subyek Penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A MI Sirojul Falah, jumlah populasi 50 siswa dengan mengambil sampel 25 sebanyak siswa.

Pengumpulan data variabel (x) dan (y) diperoleh melaluli penyebaran angket kepada guru dan siswa sebanyak 20 soal. Teknik yang digunakan meliputi observasi dan wawancara.

Setelah melaksanakan analisa dan pembahasan dalam penelitian ini, maka penulis dapat mengetahui bahwa peran guru melalui metode bercerita berpengaruh kepada penigkatan akhlak siswa.

Dapat dilihat dari hasil penelitian yang menyatakan ya 19 siswa dengan persentase 77, 4 % , yang menyatakan kadang-kadang 4 siswa dengan persentase 14,2 % dan yang menyatakan tidak 2 siswa dengan persentase 8,4 %.

Untuk itu perlu dilakukan kerjasama antara seluruh komponen yang ada di sekolah, keluarga dan masyarakat. Dengan cara itulah siswa akan tergerak untuk lebih meningkatkan akhlaknya.

Dari hasil tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa peran guru melalui metode bercerita dapat meningkatkan akhlak siswa.

Akhir Kata

Contoh diatas adalah salah satu penulisan abstrak yang ada dalam jurnal ataupun skripsi. Ketika kamu membuat sebuah skripsi cobalah memerhatikan abstrak kamu. karena pembaca akan melihat abstrak ketika pertama kali membaca skripsi kamu.

Itulah uraian singkat mengenai contoh abstrak dan hal-hal yang terkait dengannya. semoga apa yang kami tuliskan diatas memberikan manfaat tersendiri bagi kamu yang membutuhkan.

Semoga dengan panduan yang sudah kami berikan diatas kamu menjadi berhasil menyelesaikan skripsi yang katanya menjadi momok paling mengerikan bagi mahasiswa semester akhir.

Terimakasih sudah menyempatkan diri untuk membaca, semoga membantu dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.