Cara Membuat Autobiografi Singkat

Contoh Autobiografi – Anda pasti sering mendengar tentang autobiografi dan juga biografi. Istilah ini pasti sering Anda temui dikala membaca buku dihalaman paling belakang. Tulisan tulisan terkait autobiografi dan biorafi juga banyak bertebaran di majalah, koran, dan media lainnya.

Kedua istilah ini merupakan sebuah penjabaran identitas diri atau daftar riwayat diri seseorang tokoh atas karya yang dimiliki dan membicarakan tentang kelebihan dan kekurangan seorang tokoh. Namun, yang patut kita ketahui dua istilah ini sebenarnya berbeda.

Untuk lebih memahami mengenai apa itu autobiografi, pembahasan pada artikel ini akan menjelaskan sedikit mengenai biografi sehingga pembaca paham dengan betul mengenai autobiografi. Letak perbedaan dari kedua istilah ini terdapat pada penulis teks tersebut.

Biografi merupakan daftar riwayat hidup yang ditulis oleh orang lain dan autobiografi ditulis oleh seorang tokoh itu sendiri. Untuk lebih jelasnya mari mempelajari uraian penjelasan dibawah ini:

Pengertian autobiografi

Pengertian dan contoh autobiografi

Menurut (KBBI) autobiografi adalah riwayat hidup pribadi yang ditulis sendiri. Dalam makna lain, bahwa autobiografi merupakan sebuah ulasan riwayat diri dari tokoh penulis yang ditulis oleh tokoh itu sendiri.

Isi dari autobiografi itu sendiri adalah ulasan mengenai pengalaman tokoh dari kecil sampai sekarang. Mengenai perjalanan hidupnya, dari saat susah sampai dengan masa suksesnya.

Autobiografi juga merupakan salah satu jenis biografi yang memiliki banyak makna. Autobiografi berasal dari kata Bios, Autos dan Graphien yang diambil dari bahasa Yunani.

Bios dan Graphien memiliki makna perjalanan hidup seseorang dan autos memiliki makna sendiri. Sehingga jika digabungkan menjadi istilah Autobiografi yang berarti sebuah biografi yang ditulis sendiri.

Sebenarnya autobiografi merupakan salah satu dari jenis biografi. Ada 4 jenis biografi yang salah satunya adalah autobiografi. Berikut penjelasan singkat mengenai empat jenis biografi tersebut:

1. Biografi berdasarkan sisi penulis

Biografi berdasarkan sisi penulis adalah Autobiografi, dan Biografi. Autobiografi merupakan pembahasan di dalam artikel ini.

Autobiografi adalah sebuah daftar riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh seorang tokoh yang menjelaskan mengenai perjalanan hidupnya. Biografi merupakan tulisan daftar riwayat hidup yang ditulis oleh orang lain.

Biografi dibagi menjadi dua lagi, yaitu Authorized biography dan Unauthorized biography. Authorized biography merupakan penulisan daftar riwayat hidup dengan izin tokoh. Dan unauthorized biography merupakan penulisan daftar riwayat tanpa sepengetahuan tokoh dikarenakan telah wafat.

2. Biografi berdasarkan isinya

Biografi berdasarkan isinya dibagi menjadi dua lagi yaitu. Pertama, Penulisan biografi perjalanan hidup, yang berisi tentang perjalanan hidup lengkap atau sebagian yang paling berkesan.

Kedua, penulisan biografi perjalanan karir, yang Isinya berupa perjalanan karir seorang tokoh dari awal hingga karir saat ini, yang mengungkap bagaimana orang tersebut membangun karirnya, serta apa saja rintangan yang ia lalui dalam meniti karirnya sehingga bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

3. penulisan biografi berdasarkan persoalan yang dibahas

Pada biografi ini dibagi dalam 3 aspek pembasahan diantaranya, yang pertama, pembahasan biografi politik, yaitu penulisan daftar riwayat hidup seseorang dari segi politik.

Kedua, Pembahasan biografi intelektual yaitu penulisan biografi seorang tokoh melalui riset dengan segala temuan tokoh yang dituangkan dalam gaya penulisan ilmiah.

Ketiga, Pembahasan biografi jurnalistik ataupun biografi sastra yaitu penulisan biografi seseorang berdasarkan wawancara terhadap tokoh yang akan ditulis.

4. Penulisan biografi berdasarkan penerbitnya

Penulisan biografi berdasarkan penerbitnya dibagi menjadi dua. Pertama, penerbitan buku sendiri, yaitu penulisan biografi yang mana seluruh biaya penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung oleh penerbit karena merekalah yang berinisiatif menulis biografi tersebut. Biografi jenis ini biasanya memuat kisah hidup tokoh-tokoh yang diperkirakan akan menarik perhatian publik.

Kedua, Penerbitan buku subsidi, yaitu ongkos pembuatan buku jenis ini sebagian dibiayai oleh sponsor. Biasanya pola ini dilakukan pada buku-buku yang diperkirakan dari segi komersial tidak akan laku dalam jumlah yang banyak atau kalaupun bisa dijual harganya sangat tinggi sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat pada umumnya.

Asal Usul Autobiografi pertama kali digunakan oleh William Taylor pada 1797 di Inggris dan diterbitkan secara berkala yang berupa Review Bulanan. Namun bentuk autobiografi kembali ke zaman dahulu.

Penulis autobiografi terkadang didasarkan sepenuhnya pada pengalaman hidup dan memori penulis, namun pada umumnya penulis autobiogafi mengandalkan berbagai dokumen dan sudut pandang.

Menurut William Taylor Autobiografi merupakan konsistensi pola susunan dalam hubungannya dengan perjumpaan seseorang dengan dunianya, dan bukanlah tiruan fakta lahiriyah.

Kita membaca kisah seorang tokoh karena dalam kisah hidupnya terdapat banyak kenyataan yang begitu bermakna yang diceritakan dengan indah sehingga akan menambah semangat dan motivasi dalam menghadapi kehidupan ini.

Autobiografi penting ditulis karena akan memberikan motivasi ekstra bagi orang-orang yang membacanya. Terkadang seseorang yang sudah prustasi bangkit kembali setlah membaca kisah orang lain yang menghadapi ujian yang jauh lebih berat.

Tujuan penulisan autobiografi adalah untuk memperkenalkan eksistensi dan jati diri sang penulis, menceritakan kisah-kisah perjalan hidup seseorang, sebagai bahan pencitraan, mengenalkan diri secara lebih detail kepada banyak orang, baik yang terkiat dengan kesuksesan atau kegagalan yang mnejadi inspirasi bagi orang yang membacanya.

Semua ingatan tentang sejarah hidupnya dituangkan dalam tulisan, ketika sedang sukses dalam karir, bisnis, politik, ataupun lainnya.

Cara dan langkah menulis autobiografi

Cara dan langkah menulis autobiografi
realskills.me

σ Ingat dan catat peristiwa mengesankan, menarik dan yang lainnya

σ Tuliskan karakter tokoh

σ Membuat kerangka karangan terlebih dahulu

σ Memulai menulis autobiografi

Contoh Autobiografi Diri Sendiri

Contoh Autobiografi Diri Sendiri
24hdansuneredaction.com

*********************

Nama saya Mawadah dan biasa dipanggil Mawa. Saya lahir di kampung Gempol Jakarta Timur, 28 Mei 1997. Saya memiliki saudara kembar bernama Ma’wah. Ayah saya bernama Tumiran dan ibu saya bernama Nurmani. Ayah saya sekarang bekerja di perusahaan swasta di Jakarta Timur dan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga.

Saat ini saya tinggal di kabupaten Tulungagung Jawa Timur, tepatnya di desa Plosokandang rt.02/rw.02 Kedungwaru, Tulungagung. Saya sedang menempuh pendidikan S1 di Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Kembaran saya sudah bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta.

Saya hobi menyanyi dan berenang. Tidak jarang saya diundang untuk menyanyi di berbagai acara hajatan. Aliran musik saya adalah musik pop.

Pada tahun 2003 saya memulai pendidikan di jenjang sekolah dasar (SD). Saat itu saya bersekolah di SDN 02 Ujung Menteng. Selama enam tahun saya berangkat sekolah di tempat tersebut dengan berjalan kaki dan terkadang diantar orang tua.

Setelah saya selesai pada tahun ajaran 2009/2010 dari jenjang sekolah dasar (SD) dan mendapatkan ijazah. Saya melanjutkan jenjang pendidikan yang selanjutnya yaitu sekolah menengah pertama di MTSN 28 Jakarta Timur.

Di MTS ini saya menimba ilmu selama 3 tahun lamanya, Seiring waktu berlalu selama 3 tahun saya menyelesaikan pendidikan pada tahun ajaran 2012/2013 dan saya mendapatkan ijazah MTS. Kemudian dilanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu sekolah menengah ke atas MAN 21 Jakarta Utara.

Setelah mendapatkan ijazah MAN, saya melanjutkan pendidikan di IAIN Tulungagung dengan mengambil jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Sampai sekarang saya masih menuntut ilmu di sini.

Saat ini saya tinggal di rumah kos dekat dengan kampus. Terkadang sebulan atau dua bulan sekali saya pulang ke rumah nenek yang terletak di kabupaten Trenggalek. Saya juga sering mudik ke Jakarta jika libur semester telah tiba.

Saya mudik ke Jakarta selalu menggunakan transportasi darat berupa Kereta Api, karena menurut saya Kereta Api merupakan salah satu alat transportasi umum yang bersih dan nyaman dengan pelayanan yang baik pula. Selain itu juga murah dan cepat. Saya berangkat dari stasiun Tulungagung dan berhenti di stasiun Pasar Senen.

********************

Contoh Autobiografi Singkat

Contoh Autobiografi Singkat
quora.com

********************

Namaku Regita Farani Rahayu, aku berasal dari di Kota Jombang dan sekarang di kota Tulungagung. Karena menjadi salah satu mahasiswa IAIN Tulungagung dengan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Aku lahir di Jombang pada tanggal 11 September 1997. Aku memiliki 3 saudara, aku dan kedua adikku. Adikku yang pertama bernama Sekar Dewi Salsabila dan adikku yang kedua Naila Vania Anniza. Adik pertamaku sekarang duduk di bangku SMP kelas 3. Dan adik kedua ku duduk di bangku SD kelas 4.

Aku menempuh pendidikan SD di MIN Rejoso Darul Ulum Jombang tahun 2003-2009, kemudian aku melanjutkan sekolah ke MTSN Rejoso Peterongan 01 Jombang tahun 2009-2012 dan kemudian melanjutkan ke jenjang sekolah menengah di SMK Telekomunikasi Darul Ulum Jombang 2012-2015. Setelah itu aku memutuskan untuk melanjutkan study ke IAIN Tulungagung sampai sekarang.

Aku menyukai organisasi dari masa SMK. Pada saat itu, aku menjadi Ketua Osis tahun 2013-2014. Selama aku menjabat ketua Osis aku mendapatkan banyak pengalaman organisasi yang menjadikanku ketagihan untuk berorganisasi, hingga saat ini aku menjabat sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan di Jurusanku. Aku merasa mendapatkan banyak ilmu ketika mengikuti organisasi.

Selain itu, aku juga sedang menjabat sebagai OC di PMII rayon Kahlil Gibran di Kampus. Menjadi seorang aktifis adalah setengah dari hidupku. Aku berharap sampai kapanpun akan tetap menjadi aktivis dimanapun berada.

*******************

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian autobiografi, cara menyusun autobiografi, serta beberapa contoh autobiografi singkat. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.