17+ Contoh Karya Ilmiah Lengkap dan Cara Membuatnya

Contoh Karya Ilmiah – Karya ilmiah tentu saja sudah sangat sering didengar bagi pelajar. Apalagi untuk kelas mahasiswa, ini sudah menjadimakanan sehari-hari yang tidak pernah telat. Namun, meski demikian tidak salahnya kamu baca kembali artikel terkait karya ilmiah untuk memperdalam pemahaman kamu pada karya tulis yang satu ini.

Sebagian pelajar atau mahasiswa, masih ada pula yang belum terlalu memahami apa dan bagaimana karya ilmiah itu. Padahal ini sangatlah penting dan tidak bisa diabaikan.

Karya ilmiah yang dimaksud disini adalah karya tulis ilmiah. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai karya ilmiah, jawabannya bisa ditemukan disini. Berikut ulasan tentang karya ilmiah berikut contohnya untuk memudahkan kamu.

Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Pengertian dan contoh Karya Ilmiah
profitbydigital.com

Karya ilmiah atau lebih jelasnya disebut dengan karya tulis ilmiah merupakan karya tulis yang disajikan secara ilmiah. Maksudnya adalah karya tulis ini memiliki aturan tersendiri dalam penyajiannya.

Sebelum membuat karya tulis ilmiah, ada proses penelitian secara mendalam. Sehingga karya ilmiah bisa dikatakan sebagai laporan hasil penelitian apapun bentuk dan jenisnya.

Dalam kata lain karya tulis ilmiah ini diartikan sebagai karya yang disajikan secara tertulis sesuai dengan keilmuan. Dasarnya sendiri bisa berupa hasil pengamatan, penelitian, maupun peninjauan pada bidang tertentu.

Hasil penelitian pada bidang tertentu disusun dalam karya tulis ilmiah sesuai metode yang telah berkembang. Hasil dari susunan ini pun pada akhirnya harus bisa dipertanggungjawabkan.

Tujuan dari pada dibuatnya karya ilmiah ini adalah untuk memberikan suatu informasi secara logis kepada pembaca. Untuk penyusunannya pun juga bersifat sistematis.

Biasanya pembuatan karya ilmiah tujuannya adalah dalam rangka memberikan jawaban dari suatu pertanyaan. Karya tulis ilmiah bisa jadi juga hanya untuk pengembangan dari karya tulis ilmiah sebelumnya.

Baca juga: Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Jenis Jenis Karya tulis Ilmiah

Jenis Jenis Karya tulis Ilmiah
tengrinews.kz

Berbicara mengenai jenis-jenis karya tulis ilmiah, sebenarnya ada banyak sekali jenis karya ilmiah yang bisa ditemui, seperti makalah, esai, skripsi, disertasi dan masih banyak lagi. Itu pun hanya sebagian dari karya tulis ilmiah yang cukup populer. Pada artikel ini juga akan disajikan beberapa jenis karya tulis ilmiah berikut penjelasannya.

Karya tulis ilmiah yang pertama adalah laporan. Laporan merupakan sebuah bentuk karangan yang berisi rekaman sebuah kegiatan tentang sesuatu yang sedang diteliti atau dikerjakan. Dalam penyusunannya, laporan disusun se-obyektif mungkin.

Jenis karya ilamiah yang selanjutnya adalah makalah. Jenis karya ilmiah ini tentu saja sudah sangat banyak ditemukan. Makalah merupakan salah satu dari jenis karya ilmiah yang paling banyak ditemui di Indonesia.

Makalah ini biasanya ditulis oleh siswa atau mahasiswa sehubungan dengan pemenuhan tugas dari bidang study tertentu. Sumbernya bisa dari penelitian maupun buku.

Karya tulis ilmiah yang juga tidak kalah populer adalah skripsi, tesis dan disertai. Skripsi merupakan karangan ilmiah yang dibuat untuk meraih gelar sarjana.

Sedangkan tesis yang membuatnya adalah mereka yang sedang menyelesaikan study S2nya. Pembahasannya lebih dalam lagi dari skripsi. Lalu untuk disertasi dibuat untuk mencapai gelar doctor sebagai gelar tertinggi universitas.

Karya ilmiah lainnya yang juga populer dikalangan para pelajar mahasiswa adalah seperti kritik dan esai. Kritik merupakan karangan yang berisi tentang penilaian suatu karya secara objektif mengenai baik maupun buruknya.

Sedangkan esai merupakan jenis karya tulis yang semacam kritik akan tetapi lebih subjektif. Maksud dari subjektif sendiri dalam esai yang dikemukakan lebih pada pendapat pribadi penulisnya.

Selain itu yang juga merupakan karya ilmiah adalah resensi. Resensi merupakan hasil pengulasan atau penilaian dari sebuah buku. Resensi ini disebut juga dengan book review.

Biasanya penyampaian resensi ini melalui surat kabar atau majalah. Tujuan pembuatannya sendiri adalah memberi tahu masyarakat tentang sebuah buku sehingga bisa menimbang layak tidaknya buku tersebut dibeli.

Sifat Sifat Karya Tulis Ilmiah

Sifat Sifat Karya Ilmiah contoh karya ilmiah
poltava.to

Sebelum menulis karya ilmiah, kamu perlu mengetahui apa saja sifat-sifat dari karya tulis ilmiah ini. Sifat-sifat dari karya tulis tersebut dilihat dari berbagai segi. Jika dilihat dari segi bahasa, maka karya tlis ilmiah harus menggunakan bahasa yang baik dan benar, sesuai kaidah yang berlaku dan mudah dipahami.

Untuk segi penyusunan, karya ilmiah disusun secara sistematis dengan tata urutan yang jelas. Fakta yang digunakan di dalam karya ilmiah harus bisa dipercaya. Untuk pengembangannya diusahakan agar mudah diterima akal sehat sehingga pembaca tidak kesulitan memahami apa yang disampaikan.

Mengenai isinya, karya ilmiah harus dibuat dengan isi yang lengkap dan sempurna. Selain itu, untuk penggambaran, harus diusahakan karya tulis ilmiah dapat menimbulkan gambaran sesuai kebutuhan, tujuan maupun kondisi penerima.

Baca juga: Cara membuat cv lamaran kerja

Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah

Cara Membuat Karya Ilmiah
deirdrebreakenridge.com

Sebelum kamu mulai membuat karya ilmiah, kamu perlu mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan. Adapun cara penyusunannya, tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh para pemula.

Dalam pembuatan karya ilmiah, pertama kamu perlu menentukan topik secara umum yang dipilih. Kemudian kamu perlu merumuskan tujuan dengan baik. Barulah setelah itu karya ilmiah dikembangkan.

Terkait dengan masalah topik yang diangkat, setelah ditentukan, perlu diteliti lagi. Hal ini akan membuat mereka semakin sulit dijangkau. Perlu juga untuk mengidentifikasi sejauh apa pembaca karyamu.

Selain itu juga penting menentukan berapa banyak informasi yang tersedia dalam karya tulis dengan topik yang akan diangkat.

Baca juga: Contoh daftar pustaka

Contoh Karya Tulis Ilmiah

Contoh Karya Ilmiah Sederhana
adazing.com

Contoh karya ilmiah cukup banyak tersebar di berbagai media tulis, dan pada tulisan ini kita juga akan memberikan contoh karya tulis ilmiah sederhana. Pada contoh di bawah, yang ditulis hanya bagian isinya saja karena bagian itulah yang terpenting dari sebuah karya ilmiah.

Adapun bagian pendahuluan dan penutupnya, kamu bisa mengikuti pendahuluan dan penutup karya tulis pada umumnya. Langsung saja berikut ini merupakan contoh karya tulis ilmiah yang sederhana.

Bahaya merokok

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi remaja mulai merokok. Mulai dari lingkungan rumah hingga pergaulannya di luar. Bisa jadi pengaruh tersebut berasal dari diri sendiri pula. Selain itu ternyata merokok bisa karena pengaruh orang tua, pengaruh teman, pengaruh kepribadian bahkan karena terpengaruhi oleh iklan.

Faktor keluarga ini dimaksudkan pada salah satu temuan dimana seorang remaja merokok karena dia berasal dari keluarga yang tidak bahagia. Ketika orang tua tidak terlalu memperhatikan anak-anaknya dan sering memberikan hukuman fisik ketika mereka bersalah bisa membuat para remaja cenderung merokok.

Sedangkan untuk faktor merokok dipengaruhi oleh teman, memang telah banyak fakta yang membuktikannya. Bagi remaja perokok maka kemungkinan teman-temannya pun juga seorang perokok. Bahkan fakta membuktikan bahwa dari para perokok dikalangan remaja, 87% memiliki sekurang-kurangnya satu atau lebih sahabat yang juga perokok.

Untuk faktor dari iklan mungkin agak sedikit membingungkan. Namun ditemukan juga dimana remaja yang banyak melihat iklan rokok di media sosial yang pada iklan itu ditunjukkan bahwa rokok sebagai lambang kejantanan, bisa menjadi perokok juga. Jika mereka terpicu akan iklan seperti ini tentu saja akan mengikuti perilaku yang dianggap hebat tersebut.

Masuk pada dampaknya, di dalam rokok kebanyakan dampak yang ditimbulkan adalah dampak yang negatif. Merokok akan menimbulkan sugesti bahwa manakala tidak merokok mulut akan terasa tidak enak. Baik rasa ingin tahu maupun semangat belajar akan hilang sendirinya ketika seseorang telah menjadi perokok.

Bukan hanya untuk diri sendiri, ketika sedang merokok maka asap yang ditimbulkan bisa mengganggu orang lain. Disamping itu juga akan mengganggu udara segar yang ada. Bahkan juga akan menimbulkan penyakit pula dalam diri si perokok. Lebih dari itu jika terjadi kelalaian dan membuang puntung rokok sembarangan, bisa jadi menyebabkan kebakaran.

Dalam hal ini berbagai upaya telah digalakkan, seperti adanya penyuluhan tentang rokok di mana-mana. Selain itu juga adanya larangan merokok bagi para pegawai di beberapa instansi. Bahkan sekolah-sekolah pun kini semakin ketat dalam hal pelarangan merokok

Karya ilmiah beserta contohnya ini bisa kamu temukan diberbagai tempat. Sedangkan dilihat dari berbagai bentuk dan jenisnya maka bisa dinilai bahwa karya ilmiah ini sangatlah dirahasiakan.

Demikianlah ulasan mengenai contoh karya ilmiah yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi dalam pembuatan karya tulis ilmiah yang benar dan menarik. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar