27+ Contoh Proposal Kegiatan Sekolah, Usaha, Penelitian, Skripsi, dan Cara Membuatnya

Contoh Proposal Kegiatan – Bagi sebagian besar masyarakat mungkin sudah tak asing lagi dengan proposal. Proposal sendiri sangat sering digunakan diberbagai acara kegiatan atau perencanaan.

Lebih jelas lagi, proposal ialah perencanaan sebuah kegiatan yang ada dalam bentuk rencana kerja yang segera dilaksanakan atau bisa juga sebagai saran maupun permintaan terhadap seseorang atau kelompok untuk mengerjakan dan juga melakukan suatu pekerjaan.

Dalam proposal, rencana kegiatan juga harus ditulis supaya pihak- pihak yang berkepentingan bisa mengerti akan isi proposal tersebut dengan baik. Karena orang yang memiliki kepentingan ini ialah orang yang memberikan izin atau surat izin, donasi, dana ataupun bantuan lainnya.

Nah, untuk lebih jelasnya di sini akan kita bahas mengenai proposal, mulai dari pengertian, jenis, struktur, dan cara membuatnya beserta dengan contohnya.

Pengertian proposal

Pengertian dan contoh proposal
afcomponents.com

Kata proposal sebenarnya berasal dari bahasa inggris yakni to propose yang memiliki makna mengajukan. Atau lebih sederhana lagi bisa di artikan dengan permohonan, pengajuan seperti ide, pemikiran dan juga gagasan yang mana proposal ini di tujukan kepada orang lain agar bisa memperoleh dukungan atau izin.

Dalam penulisan sebuah proposal sangat diwajibkan untuk mencantumkan rencana kegiatan hingga tujuannya. Agar semakin jelas tentang arti dari proposal, maka berikut ini ada beberapa pengertian proposal pkamungan sebagian para pakar:

σ Menurut Hasnun Anwar yang mengatakan bahwa, proposal merupakan suatu rencana yang mana di rancang untuk sebuah kegiatan tertentu.

σ Menurut pkamungan Jay mengenai proposal, proposal ialah suatu alat yang dapat membantu manajemen stkamur sehingga manajemen bisa berfungsi dengan efektif dan juga efisien.

σ KBBI juga mengemukakan pkamungannya mengenai pengertian proposal, proposal yakni salah satu rencana yang mana berbentuk rancangan kerja, dengan rencana yang sangat sistematis, rencana yang matang dan juga teliti.

Perencanaan seperti ini tentu harus di lakukan dengan benar sebelum melakukan penelitian yang sebenarnya baik itu penelitian di dalam dan juga penelitian di lapangan.

Dalam membuat proposal tentu sangat di butuhkan keterampilan yang harus di punyai oleh semua kalangan yang memiliki pendidikan yang memiliki tujuan semua orang dapat berpikir dengan sistematis dan logis seperti halnya tahap- tahap pembuatan proposal.

σ Sedangkan menurut pkamungan dunia ilmiah adalah, proposal merupakan sebuah rancangan yang mana berasal dari usulan dari penelitian yang selanjutnya di lakukan oleh beberapa peneliti kepada materi penelitian tersebut.

Menurut dunia ilmiah, proposal memiliki pengertian yang sama dengan usulan. Dan bahkan ada pula yang mengartikan proposal itu merupakan sebuah permintaan maupun bisa di katakana berupa saran yang memang di tujukan kepada pihak lain seperti instasi, suatu kelompok, organisasi dan lain sebagainya yang mana bertujuan untuk memperlancar jalannya untuk melakukan pekerjaan tertentu.

Baca juga: Contoh cv lamaran pekerjaan

Fungsi dan Tujuan Proposal

fungsi dan tujuan proposal
behance.net

Proposal juga mempunyai fungsi tersendiri yang mana fungsi dari proposal ini sangatlah penting bagi perseroan atau juga sebuah lembaga yang akan melaksanakan sebuah program atau juga sebuah kegiatan. Dan berikut ini adalah beberapa fungsi dari proposal:

σ Proposal memiliki fungsi yang mana dapat melaksanakan penelitian yang juga berhubungan dengan agama, politik, social, ekonomi dan masih banyak lagi.

σ Proposal juga sangat berfungsi untuk membangun sebuah usaha baik dari usaha kecil- kecilan, usaha menengah dan juga usaha besar.

σ Kemudian proposal juga memiliki fungsi yang mana dapat di gunakan sebagai pengajuan tender dari lembaga baik dari lembaga pemerintah dan juga swasta.

σ Untuk pengajuan kredit kepada bank juga dapat menggunakan proposal.

σ Dan untuk fungsi yang terakhir, proposal bisa digunakan untul mengadakan acara seminar, pelatihan, diskusi dan lain sebagainya.

Tentu dalam pembuatan proposal akan ada tujuannya dan banyak dari pembuatan proposal yang bertujuan untuk bisa memperoleh bantuan seperti dana, memperoleh perizinan, atau bisa pula bantuan untuk mendapatkan dukungan.

Sedangkan untuk bisa memperoleh bantuan, tentu saja kamu harus membuat sebuah proposal yang benar seperti unsur- unsur dari proposal yakni judul dari kegiatan yang akan di adakan, pendahuluan, tujuan dari kegiatan, waktu dan juga tempat di adakan kegiatan tersebut, panitia, anggaran yang di butuhkan untuk membuat kegiatan tersebut, penutup kemudian jangan lupakan tanda tangan dengan nama terang yang jelas.

Jenis jenis proposal

jenis jenis proposal
pinterest.com

Memang benar jika jenis proposal ada beberapa jenis yang mana dapat di sesuaikan dengan kebutuhan dari kegiatan yang akan di adakan. Dan umumnya proposal memiliki 4 jenis yakni:

Proposal bisnis atau usaha

Untuk jenis proposal yang pertama adalah proposal yang memiliki kaitan dengan dunia usaha maupun bisnis baik itu usaha secara perseorangan ataupun usaha kelompok.

Sedangkan untuk contoh dari proposal usaha ini adalah misalnya proposal dari pendirian dari sebuah usaha, kemudian ada pula proposal yang berbentuk pengajuan kerja sama dengan perusahaan yang lainnya.

Proposal proyek 

Selanjutnya untuk jenis proposal yang kedua yakni proposal proyek, dan pada umumnya proposal ini akan di gunakan pada dunia kerja yang memang memiliki isi rangkaian ragam serta rancangan usaha atau memiliki sifat yang komersil. Dan contoh dari pembuatan proposal yang seperti ini adalah proposal untuk sebuah proyek pembangunan.

Proposal penelitian

Selanjutnya adalah proposal penelitian dan umumnya jenis proposal yang seperti ini akan sangat sering dipakai pada bidang akademisi, contohnya saja proposal penelitian yang di gunakan untuk pembuatan skripsi, tesis dan masih banyak lagi. Untuk contoh dan juga isi dari proposal seperti ini ialah sebuah pengajuan dari sebuah kegiatan penelitian.

Proposal kegiatan

Kemudian untuk yang terakhir adalah jenis proposal kegiatan yang mana proposal ini adalah pengajuan rencana dari suatu kegiatan. Kegiatan ini bisa juga bersifat individu ataupun bersifat kelompok dan contohnya adalah proposal kegiatan untuk pentas seni kebudayaan.

Cara membuat proposal

Cara membuat proposal beserta contohnya
archipreneur.com

Dalam membuat proposal tentu kamu harus mengetahui bagaimana cara membuat proposal, karena tidak mungkin bukan jika kamu membuat proposal dengan asal- asalan tanpa memperhatikan kaidah penulisan yang benar.

Penulisannya harus sesuai dengan aturan dalam pembuatan proposal dan menggunakan bahasa baku atau kata baku, sebagaimana dalam menulis surat surat resmi seperti surat dinas dan lainnya.

Memang benar apabila ingin menulis sebuah proposal harus dengan benar dan semua tertulis dengan baik dan benar yang sesuai dengan kegiatan yang akan di lakukan. Dan berikut ini adalah tata cara untuk membuat proposal dengan benar dan baik.

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, biasanya akan di isi dengan hal- hal serta kondisi umum yang menjadi alasan mengapa kegiatan tersebut harus dilaksanakan, kemudian pendahuluan juga bertuliskan tentang hubungan kegiatan sehari- hari dengan kegiatan yang akan di laksanakan dan yang terakhir adalah mengenai poin- poin pembahasan.

Dasar Pemikiran

Kemudian untuk yang kedua berisi mengenai dasar apa yang dipakai untuk pelaksanaannya. Misalnya saja tentang program kerja kepengurusan dan lain sebagainya. Dan apabila kegiatan adalah kegiatan yang umum maka bisa pula di dasarkan dengan umum.

Tujuan

Tentu dalam pembuatan proposal dari sebuah kegiatan tertentu ingin mendapatkan tujuan dan untuk itulah ketika menulis proposal juga harus menyertakan dari tujuan umum ataupun khusus dengan di adakan kegiatan tersebut. Dan jangan lupa menentukan seberapa pengeluaran yang di kehendaki.

Misalnya saja, memperoleh kader- kader PMII yang taat kepada tuhan yang maha esa, memberi pengetahuan leadership bagi seluruh calon anggota.

Tema

Kemudian untuk selanjutnya adalah tema, dalam membuat sebuah proposal tentu harus ada tema yang di angkat dari kegiatan yang akan di lakukan tersebut.

Jenis Kegiatan

Dalam penulisan jenis kegiatan akan sangat di butuhkan untuk penjelasan mengenai rangkaian dari kegiatan yang akan dilakukan jika memang kegiatannya tidak hanya satu saja.

Kemudian dalam jenis kegiatan juga harus di cantumkan penjelasan mengenai bentuk dari kegiatan seperti seminar, diskusi, simulasi, pelatihan dan masih banyak lagi.

Target

Dalam target ini akan ada uraian yang akan lebih terperinci dari tujuan yang akan di adakan. Dan yang paling utama adalah tentang ukuran- ukuran yang di pakai sebagai penilaian tujuan dapat tercapai dan tidak.

Misalnya: Untuk target dalam kegiatan ini adalah untuk mencetak para kader PMII agar bisa memiliki kemampuan sesuai dengan stkamur buku pedoman kaderisasi PMII dan setiap para pelatih harus sudah memiliki kemampuan yang ada di buku pedoman.

Sasaran atau Peserta

Maksud dari sasaran sendiri adalah, dalam membuat proposal harus menerangkan mengenai objek atau siapa saja yang turut mengikuti kegiatan tersebut atau biasa di sebut dengan peserta.

Waktu dan tempat pelaksanaan

Dalam menulis sebuah proposal juga harus jelas mengenai pelaksanaan dari hari, tanggal, bulan, tahun pelaksanaan kegiatannya. Dan jangan lupakan penjelasan mengenai waktu dan juga tempat pelaksaannya.

Anggaran dana

Ketika membuat sebuah proposal juga sangat di perlukan kejelasan mengenai anggaran dana yang di butuhkan untuk melaksanakan kegiatan. Namun, perlu di ketahui jika anggaran dana di sini hanya menyebutkan dari total pemasukan dan juga pengeluaran yang memang sudah di perkirakan sebelumnya oleh panitia pelaksana karena untuk perincian dana di buat pada lampiran sendiri.

Susunan panitia

Kemudian untuk penulisan dari susunan panitia di dalam proposal, umumnya hanya sekedar di tulis siapa saja yang memang memiliki posisi yang penting saja. Misalnya, penanggung jawab kegiatan, ketua panitia dan lain sebagainya. Dan untuk kelengkapan panitia lainnya akan di tulis pada lampiran lainnya.

Jadwal Kegiatan

Untuk jadwal kegiatan memang harus di buat sesuai dengan perencanaan di kalender yang sebelumnya telah di susun. Atau bisa juga di tulis pada lampiran tersendiri jika memang jadwal kegiatan lebih banyak.

Penutup

Pada bagian penutup proposal berisi mengenai harapan yang ingin di capai dari kegiatan dan memohon dukungan dari semua pihak. Dan pada penutup ini juga ditutup dengan lembar pengesahan dari proposal.

Dalam membuat anggaran dana pada proposal adalah salah satu hal yang perlu di perhatikan secara khusus. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang sangat perlu di perhatikan:

Penganggaran

anggaran dana proposal kegiatan
news.unl.edu

Sebelum kamu menyusun sebuah makalah, kamu harus tau terlebih dahulu mengenai anggaran karena ini salah bagian terpenting dalam proposal, dan anggaran ialah salah satu rencana dari pemasukan dan juga pengeluaran dari keuangan yang sebagai dibuat untuk sebuah kegiatan tertentu.

Proses penyusunan anggaran

Dalam menyusun anggaran harus sesuai dengan rencana dari kegiatan yang sudah di susun sebelumnya, sesuai dengan sumber pendapatan, harus mengikuti anggaran yang masuk dan keluarnya uang untuk kegiatan.

Mengontrol anggaran

Dalam mengontrol anggaran misalnya seperti, pengeluaran dari keuangan harus sesuai dengan rencana, pengeluaran harus di catat baik itu pengeluaran besar dan kecil dan tentunya bisa di pertanggung jawabkan sesuai dengan aturan.

Pencarian dana

Maksud dari pencarian dana adalah, dengan menggunakan proposal tersebut dapat melakukan usul, rencana dan juga penawaran kepada pihak lainnya yang mugkin saja dapat tertarik dengan kegiatan yang rencanakan sehingga mau memberikan bantuan dana.

Atau bisa juga mengajukan proposal kepada donator, kas yang ada di organisasi, kontribusi dari peserta yang akan mengikuti kegiatan atau wira usaha.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja

Contoh Proposal Kegiatan dan Cara Membuatnya

Biasanya, proposal kegiatan akan sangat sering dipakai pada tujuan- tujuan tertentu yang berfungsi dan bertujuan memperlancar dan mensukseskan kegiatan yang akan diselenggarakan, baik kegiatan sekolah atau kesgiatan lainnya.

Umumnya kegiatan yang dilakukan ialah studi banding, lomba, penyaluran bakat, bakti sosial dan masih banyak lagi dan untuk memperlancar kegiatan akan sangat dibutuhkan yang namanya sebuah rencana terlebih dahulu. Tentu kamu ingin mengetahui bagaimana contoh pembuatan proposal bukan, dan berikut ini contoh proposal.

Cara membuat proposal kegiatan yang baik

cara membuat proposal kegiatan
maxmanroe.com

Untuk membuat proposal sangat dianjurkan mengetahui terlebih dahulu mengenai cara membuat proposal dengan baik dan juga benar, agar nantinya kamu tidak asal-asalan membuat proposal.

Karena jika proposal tidak sesuai maka pihak yang berkepentingan bisa saja tidak memberikan izin, bantuan dan juga donasi, sebab proposal tidak menggambarkan kegiatan dengan baik terkait tujuan, manfaat, pendanaan, jenis kegiatan, dan lainnya. Berikut ini cara membuat proposal kegiatan dengan baik.

1. Paham dengan susuan proposal kegiatan

Untuk tahapan yang pertama adalah paham akan susunan proposal kegiatan. Hal ini dikarenakan pada saat membuat proposal kegiatan tidak ada sama sekali batas masalah sedangkan untuk jenis proposal yang lainnya mempunyai susunan yang juga berbeda pada setiap persoalan penelitian yang mencantumkan berbagai masalah. Itulah sebabnya, kamu harus paham terlebih dahulu mengenai susunan pembuatan proposal kegiatan.

2. Memakai kalimat baku

Selanjutnya, untuk tahapan yang kedua adalah dengan memakai kalimat atau kata yang baku dalam penulisan proposal. Karena proposal ditujukan kepada pihak yang berkepentingan dengan pengajuan kegiatan agar dapat berjalan lancar, maka jangan sampai dalam menulis proposal menggunakan kalimat asing atau bisa juga menggunakan kalimat yang asing namun dengan model tulisan miring. Hindari pula penulisan kalimat dengan kata- kata yang gaul maupun yang tidak sesuai.

3. Mempertimbangkan anggaran untuk kegiatan

Kemudian untuk yang selanjutnya adalah mempertimbangkan mengenai estimasi anggaran dari kegiatan yang akan dilakukan. Memang benar jika masalah anggaran akan selalu ada di dalam rancangan proposal dalam kegiatan apapun.

Pada saat menyusun anggaran kegiatan jangan sampai terlalu besar apalagi sampai dibesar- besarkan dan akan lebih baik jika kamu merancang anggaran dana yang sesuai dengan item yang ada didaerah tersebut.

Kemudian, jangan lupa mencantumkan rincian penambahan dana-dana yang lainnya dan juga dana cadangan yang digunakan untuk antisipasi jika ada pengeluaran yang ternyata cukup banyak dan melebihi anggaran diproposal dengan tak terduga.

4. Sesuai dengan waktu, tempat dan juga jenis kegiatan

Untuk yang selanjutnya adalah pada saat menyusun proposal kegiatan, daftar kegiatan yang dicantumkan dalam proposal diajukan kepada pihak yang berwenang harus sesuai dengan kegiatan yang akan diadakan.

Sesuaikan pula jadwal kegiatan terlaksana seperti penyesuaian waktu dan juga tempat kegiatan agar tidak berbenturan dengan kegiatan yang lainnya. Hal ini agar pertanggung jawaban dari kegiatan yang kamu adakan bersama rekan-rekanmu jadi lebih mudah.

5. Memakai kata kami dalam menyebutkan panitia di proposal

Dalam membuat proposal, tidak boleh menggunakan kata saya, harus menggunakan kata kami dalam penyebutan panitia karena hal ini menunjukkan jika semua panitia berperan dengan baik.

Beberapa hal lainnya yang mesti diperhatikan dalam pembuatan prposal kegiatan:

σ Dalam membuat proposal sangat dianjurkan menggunakan cover yang baik dan benar serta dijilid dengan rapi, karena hal ini menunjukkan keseriusan pembuat proposal terhadap kegiatan yang akan dijalankan.

σ Selanjutnya, untuk proposal juga disertakan dengan surat pengantar proposal yang mana sebagai permohonan yang resmi untuk permohonan izin dan bantuan.

σ Untuk yang selanjutnya adalah peletakan susunan tanda tangan serta cap wajib diperhatikan dengan baik. Tanda tangan panitia berada dibaris yang paling atas lalu untuk selanjutnya jabatan yang lebih tinggi disebelah kanan bagian bawah apabila memang ada dua kolom.

Contoh proposal kegiatan singkat

Contoh proposal kegiatan singkat
stockindesign.com

Dalam membuat proposal kegiatan, prosesnya sama dengan tata cara untuk membuat proposal pada umumnya. Yakni mempersiapkan judul dari proposal kegiatan yang akan di laksanakan, kemudian latar belakang dari mengapa kegiatan tersebut di laksanakan, tujuan yang di capai dari pelaksanaan kegiatan seperti manfaat dan juga hasil yang diharapkan.

Di dalam proposal juga harus ada penjelasan mengenai kegiatan pokok dan jadwal kegiatan dengan lengkap, dan yang terakhir adalah anggaran dari kegiatan juga harus di lampirkan dengan terperinci. Semua ini telah dijelaskan dengan rinci di atas.

Untuk kamu yang ingin membuat proposal kegiatan dengan singkat dan mudah maka berikut ini adalah contoh dari proposal kegiatan yang singkat :

PROPOSAL KEGIATAN DALAM RANGKA HUT KEMERDEKAAN RI KE – 72

A. PENDAHULUAN

B. LATAR BELAKANG

Bersama kita semangat dalam proklamasi 17 Agustus 1945, lanjutkan perkembangan ekonomi Indonesia untuk masyarakat yang sejahtera.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

C.1. Maksud

Maksud dengan diadakannya kegiatan ini adalah bentuk syukur dan kegembiraan dalam merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-72 dengan meyelenggarakan kegiatan- kegiatan seperti lomba untuk anak-anak serta lomba untuk orang dewasa.

C.2. Tujuan

Adapun tujuan dilampirkan.

D. DASAR KEGIATAN

Adapun dasar kegiatan dilampirkan.

E. ISI PROPOSAL

F. TEMA KEGIATAN

Tema kegiatan adalah:

G. MACAM KEGIATAN

Syukuran HUT RI ke 72 dengan do’a.
Perlombaan anak- anak dan dewasa.

H. PESERTA

Seluruh warga desa Kencong RT.004,RW.008

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Adapun waktu dan tempat dilampirkan.

I. SUSUNAN KEPANITIAAN

Pelindung :

Penasehat :

Penanggung Jawab :

Panitia Pelaksana :

Ketua Pelaksana :

Sekretaris :

Bendahara :

Seksi-seksi

Seksi syukuran

Koordinator :

Anggota :

Seksi lomba anak

Koordinator :

Anggota :

Seksi umum serta dokumentasi

Koordinator :

Anggota :

JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN

Adapun jadwal kegiatan dilampirkan.

J. ANGGARAN

PENGELUARAN :

Proposal : Rp. 30.000

Foto copy : Rp. 50.000

Konsumsi : Rp. 800.000

Hiburan : Rp. 1.600.000

Alat perlombaan : Rp. 500.000

Hadiah : Rp. 850.000

Snack untuk 50 anak @Rp. 15.000 Rp. 750.000

Total : Rp. 4.580.000

K. SUMBER DANA

Kas RT : Rp. 900.000

Arisan ibu- ibu : Rp. 560.000

Donasi para donator: Rp. 3.000.000

Partisipasi warga minimal Rp. 20.000/rumah Rp. 1.200.000

Total :Rp. 5.660.000

PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat dengan keadaan sadar, kami berharap partisipasi Bapak/Ibu. Semoga acara ini dapat terlaksana dengan baik. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

LEMBAR PENGESAHAN

Ketua Pelaksana                                                                           Sekretaris

Hermantyo                                                                                   Agus

Menyetujui

KETUA RT.004 RW.086

Kepung

 

Proposal Kegiatan Festival Karnaval Seni Budaya

proposal Kegiatan Festival Karnaval Seni Budaya
benklik.com
I. LATAR BELAKANG

Dengan semakin berkembangnya zaman dan juga semakin canggihnya teknologi informasi masa kini serta semakin berkurangnya minat dan perhatian para remaja terhadap budaya asli Negara Indonesia yang seharusnya di lestarikan malah semakin tenggelam di tengah kebudayaan asing yang merajalela, bahkan budaya asing sendiri sudah dapat masuk ke dalam pelosok desa dan tidak hanya di daerah perkotaan saja.

Bahkan sangat sedikit sekali para pemuda yang mau melestarikan budaya Negeri seperti tarian tradisional dan bahkan memakai baju batik pada keseharian di anggap aneh oleh banyak masyarakat.

Dan sangat terlihat dengan jelas jika adat dan budaya asli Negara Indonesia sudah di geser dengan budaya asing, bahkan para remaja sekarang dengan bangga memilih budaya asing dari pada budaya Negeri sendiri.

Budaya barat yang masuk memang di terima dengan tangan terbuka oleh para pemuda saat ini tanpa adanya penyaringan terlebih dahulu dan mengakibatkan sebagian para pemuda di masyarakat Indonesia terpengaruh sehingga melupakan budaya asli Indonesia.
Dengan melihat kondisi serta fakta yang ada di atas, akan sangat baik jika kita semakin perhatian dengan persoalan tersebut.

Dan itulah yang mejadi latar belakang kami sebagai para mahasiswa “ komunitas kesenian” akan menyelenggarakan sebuah kegiatan festival karnaval seni budaya lintas kampus.

II. MAKSUD DAN TUJUAN

Dalam memperingati hari ulang tahun kota Malang pada tanggal 1 April 2018, maka komunitas kesenian selaku organisasi pemuda dan mahasiswa ingin acara festival karnaval seni budaya lintas kampus yang memiliki tujuan untuk.

Untuk memperingati hari lahir dan ulang tahun kota Malang yang ke- 104

Agar dapat melestarikan dan menumbuhkan minat para pemuda akan seni budaya Negeri Indonesia.

Untuk dapat membangun kerja sama serta kreativitas para remaja.

III. KEGIATAN

Waktu dan tempat pelaksanaan

Pentas seni dan budaya ini akan kami laksanakan pada

Hari : Minggu

Tanggal : 1 April 2018

Waktu : 0.00 s/d selesai

Tempat : Aula Universitas Merdeka

Susunan Acara

Terlampir

Susunan Panitia

Terlampir

IV. ANGGARAN

Lampiran anggaran

A. Pemasukan

1. Kas Komunitas seni : 4.000.000
2. Iuran anggota 15.000x 200 : 3.000.000
Jumlah : 7.000.000

B. Pengeluaran

1. Sound system : 850.000
2. Konsumsi 6.000 x 400 peserta : 2.400.000
3. Dekorasi dan panggung : 800.000
4. Transportasi : 400.000
5. Hadiah : 3.300.000
6. Biaya tak terduga : 400.000
Jumlah : 8.150.000

V. PENUTUP

Demikian proposal kegiatan yang kami buat, kami sangat berharap dukungan serta partisipasi Bapak/Ibu. Semoga kegiatan ini bisa terlaksana sesuai harapan.
Atas perhatian serta kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Ketua Pelaksana Malang, 20 Mei 2017
Sekertaris

_____________________ ______________________
Mengetahui,
Rektor Universitas Merdeka

_____________________

Contoh Proposal Kegiatan  Sekolah

Contoh proposal kegiatan
temp-ly.com

PROPOSAL KEGIATAN PENTAS SENI
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) MTsN Jombang Kauman

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Seni menjadi salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan oleh generasi pemuda saat ini. MTsN Jombang Kauman akan melaksanakan pentas seni dengan penampilan drama seni dan juga tarian tradisional asli Negeri Indonesia.

Dengan adanya pentas seni ini sendiri bertujuan untuk membuat remaja semakin memiliki apresiasi terhadap seni Indonesia. Pentas seni ini juga dilaksanakan agar dapat menghibur para siswa- siswi setelah melakukan ujian akhir sekolah.

B. TUJUAN KEGIATAN

Mempererat tali silaturahmi antara siswa dan juga guru.

Menumbuhkan kerja sama.

Menumbuhkan keaktifan dan juga kreatifitas para siswa dalam seni.

C. PELAKSANAAN

Hari, tanggal :

Pukul :

Tempat :

D. SASARAN KEGIATAN

Sasaran dari kegiatan ini adalah sekian.

E. LEMBAR PENGESAHAN

Sertakan lembaran pengesahan.

F. SUSUNAN KEPANITIAAN

Pelindung:

Pengarah:

Penanggung jawab:

Ketua panitia:

Sekretaris:

Bendahara:

Seksi acara:

Seksi dana usaha:

Seksi humas:

Seksi keamanan:

Seksi dokumentasi:

Seksi peralatan:

G. ANGGARAN DANA

Kas sekolah : Rp. 500.000

Partisipasi siswa: Rp. 2.100.000

Sponsor Tri : Rp.2.100.000

Sponsor AS : Rp.3.500.000

Pastisipasi guru : Rp. 800.000

Total dana : Rp, 9.000.000

Pengeluaran :

Sewa panggung : Rp. 2.300.000

Sewa alat music : Rp. 3.000.000

penataan panggung: Rp. 300.000

Konsumsi : Rp. 1.400.000

Banner : Rp. 350.000

Lain- Lain : Rp. 400.000

Total pengeluaran : Rp. 7.750.000

H. SUSUNAN ACARA

Susunan acara terlampir

I . PENUTUP

Sekian proposal kegiatan ini kami buat dengan keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak lain. Kami sangat berharap semua dapat berpartisipasi, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Lembar pengesahan

Ketua Pelaksana                                              Sekretaris Pelaksana

(Anton)                                                               (Nurhayani)
(nomor identitas)                                                  (nomor identitas)

MENGETAHUI

Pembina OSIS

Muflih Hasan

Demikianlah ulasan mengenai proposal kegiatan yang bisa jadi referensi buat kamu dalam pembuatan proposal kegiatan yang baik dan benar.

Contoh Proposal Usaha dan Cara Membuatnya

Proposal usaha bagi para pengusaha didunia bisnis bukan hal yang asing. Ketika hendak memulai usaha, proposal ini akan diperlukan. Bagi kamu yang tertarik dan ingin menggeluti dunia bisnis, proposal usaha kedepannya akan cukup bermanfaat sehingga tidak bisa diabaikan begitu saja.

Membuat proposal usaha bisa dikatakan gampang-gampang susah, bahkan terkadang terasa agak rumi, apalagi jika kamu belum berpengalaman.

Dalam hal ini kamu perlu menganalisa bagaimana rencana bisnis kamu kedepannya. Setelah itu barulah hasil analisanya nanti disusun menjadi proposal atau yang sering disebut dengan bisnis plan.

Jika masih bingung, disini ada jawaban untuk kamu. Berikut ini merupakan ulasan mengenai contoh proposal usaha yang bisa kamu simak.

 

Definisi Proposal Usaha

Definisi Proposal Usaha
premierinvestmentsofiowa.com

Sebelum memasuki definisi atau pengertian dari proposal usaha, akan lebih baik jika kamu mempelajari lebih lanjut terlebih dahulu mengenai apa itu proposal. Hal ini karena tetap saja meskipun nanti jatuhnya pada proposal usaha, yang akan dibuat adalah sebuah proposal.

Proposal sendiri adalah sebuah rencana untuk dimasukkan dalam sebuah rancangan kerja. Sebelum disusun, rencana ini telah diteliti secara mendalam bahkan telah diuji.

Penelitian yang dilakukan bisa jadi penelitian lapangan dan bisa jadipula penelitian perpustakaan. Sedangkan untuk penyusunan, proposal usaha akan disusun secara sistematis.

Pengertian diatas bisa dikatakan berasal dari sudut pandang secara ilmiah. Sedangkan untuk lebih umumnya proposal berarti pengajuan. Yang diajukan disini adalah ide baru yang menarik. Ide baru tersebut dimasukkan dalam permohonan agar bisa dilaksanakan. Bisa juga dikatakan sebagai permohonan izin.

Nah, setelah mengetahui apa itu proposal maka selanjutnya adalah proposal usaha. Pengertian dari proposal usaha ini adalah pengajuan tertulis yang isinya adalah perencanaan sebuah usaha yang berisi berbagai hal yang berhubungan dengannya.

Cakupan isi proposal usaha mencakup keperluan dana hingga perkiraan keuntungan yang bisa didapat dalam bisnis yang akan dijalankan.

Tujuan Proposal Usaha

Tujuan dan contoh Proposal Usaha
goaae.com

Proposal memiliki banyak jenis, dan setiap proposal memiliki tujuan sendiri-sendiri. Termasuk juga untuk proposal usaha. Kadang muncul pertanyaan mengapa harus membuat proposal, waktu pembuatannya saja bisa digunakan untuk langsung membuka bisnis. Untuk itu, dari sinilah kamu perlu mengetahui apa tujuan proposal usaha.

Tidak hanya satu dua sebenarnya, ada cukup banyak tujuan dibuatnya proposal usaha sehingga menjadi sangat penting. Namun, dalam berbagai tujuannya ada tujuan yang hanya mendukung tujuan utama. Untuk proposal usaha sendiri biasanya tujuan utamanya adalah untuk memudahkan kamu mendapatkan dana maupun sponsor.

Jika tidak menggunakan proposal, kamu akan cukup sulit bisa mendapatkan bantuan dana apalagi sponsor. Tanpa sponsor yang menyokong pendaan yang kamu butuhkan, akan sulit bagi kamu dalam perkembangan bisnis nantinya.

Beda lagi jika kamu memiliki banyak sponsor. Apalagi ketika dari awal usaha kamu didirikan sudah ada bantuan dana. Usaha yang kamu jalani akan ringan dan mudah, serta peluang keberhasilannya juga akan lebih tinggi.

Tidak hanya dana, dibuatnya proposal usaha juga bertujuan pada gambaran ke mana nantinya bisnis kamu akan dijalankan. Tanpa adanya proposal usaha, kamu bisa kebingungan bagaimana nantinya kelanjutan bisnis karena tidak ada rancangannya.

Nah, proposal usaha yang kamu buat akan menjadi pengantar pengembangan bisnis kamu sehingga tidak melenceng dari rencana awal, serta proses pengembangannnya pun akan lebih mudah dan terarah.

Tujuan lain dibuatnya proposal adalah proposal usaha ini dibuat sebagai salah satu jalan menuju persaingan yang lebih jauh. Maksudnya adalah katakan saja seperti agar bisa mencapai pasar luar negeri. Hal ini merupakan salah satu hal yang cukup menarik bukan?.

Manfaat Proposal Usaha

manfaat dan fungsi proposal usaha
thebalance.com

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu peroleh hanya dengan membuat proposal usaha diawal bisnis kamu, apa pun jenisnya. Selain manfaatnya sendiri secara khusus, sebenarnya beberapa manfaat dari dibuatnya proposal usaha bisa disimpulkan dari tujuan yang telah dibahas.

Jika tujuan itu berhasil maka proposal telah memberikan beberapa manfaat secara tidak langsung, diantaranya seperti masalah pengembangan usaha.

Nantinya dengan proposal usaha maka kamu tinggal mengikuti bagaimana rencana awal. Bila berjalan lancar, berarti proposal usaha telah mengantarkan kamu memiliki bisnis yang telah berjalan sesuai keinginan.

Tidak hanya sampai disana. Berbicara tentang sponsor maupun investor, proposal usahalah yang bisa menghasilkannya. Hanya dengan proposal kamu bisa mendekati para investor yang bisa memberikan investasi modal besar bagi usaha kamu. Setelah mendapatkan banyak investor, bisa dijamin usaha kamu akan semakin maju.

Manfaat selanjutnya adalah proposal usaha ini juga sebagai laporan mengenai rencana departemen yang akan dilaporkan pada manajemen. Proposal usaha pun juga sangat bermanfaat kaitannya dengan urusan kamu untuk memasuki persaingan bisnis.

Perlu kamu ketahui pula bahwasanya proposal usaha juga diperlukan dalam perluasan bisnis kedepannya.

Selain berbagai hal diatas, manfaat proposal bisnis ini juga masih cukup banyak lagi. Diantaranya bisa menjadi pembanding sejauh mana perbedaan hasil yang diperoleh dengan perkiraan sebelumnya. Termasuk juga memberikan gambaran sejauh mana risiko yang akan dihadapi nantinya agar bisa mempersiapkan antisipasi.

Susunan Proposal Usaha

susunan dan contoh proposal usaha
luthfan.com

Dalam pembuatan proposal, ada susunan sesuai aturan yang harus diikuti. Setiap jenis proposal sendiri memiliki susunan yang tidak sama antara satu dengan lainnya. Termasuk juga untuk susunan proposal usaha. Namun, contoh proposal usaha sudah cukup banyak ditemui sehingga lebih familiar.

Untuk susunannya sebelum memasuki isi, akan ada yang namanya cover. Selanjutnya jangan lupa untuk menyertakan surat permohonan bantuan. Setelah itu barulah akan memasuki isi proposal yang akan dimulai dari pendahuluan.

Pendahuluan ini nanti akan membahas latar belakang, visi misi, tujuan pendirian dan uraian singkat mengenai usaha yang akan kamu jalankan.
Selanjutnya akan masuk pada tahap profil perusahaan. Pada bagian ini, yang akan dibahas adalah jenis usaha, nama perusahaan dan lokasi dimana usaha kamu berdiri. Usahakan pencantuman lokasi ini jelas sehingga akan mudah jika dicari.

Sedangkan untuk pemilihan lokasinya, sebisa mungkin kamu harus memilih lokasi yang strategis dan memiliki kawasan cukup menarik.

Kemudian dibagian setelahnya yang dicantumkan adalah struktur organisasi perusahaan yang dilanjutkan dengan produk perusahaan. Bagian produk ini akan menjelaskan mengenai jenisnya, proses pembuatannya dan keunggulan produk tersebut.

Selanjutnya sebagai susunan ke lima adalah target pasar, kemudian pembahasan mengenai strategi promosi dan pemasaran produk.

Jika tahapan di atas sudah selesai, selanjutnya mulai memasuki bagian akhir dimana isinya adalah laporan keuangan. Dalam laporan keuangan akan dibahas mengenai alokasi dana dan perhitungan laba.

Baru setelah itu silahkan kamu siapkan penutup dan lampiran yang disertai biodata pemilik usaha dan surat perjanjian maupun beberapa surat penting lainnya.

Proposal usaha ini tidak bisa diremehkan. kamu pun perlu mencermati contohnya dengan baik sehingga tidak akan terjadi kekeliruan ketika menyusun. Semakin baik hasilnya maka akan semakin menguntungkan. Demikianlah ulasan mengenai contoh proposal usaha. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Contoh Proposal Usaha

contoh proposal usaha

Proposal usaha merupakan susunan yang cukup tebal dan banyak pembahasannya. Oleh karena itu, pada contoh proposal usaha, akan diberikan beberapa contoh bagian yang mungkin sulit dibuat dan biasanya dianggap rumit. Katakan saja seperti latar belakang dan pembahasan modal.

Contoh latar belakang yang bisa kamu jadikan gambaran dalam proposal kamu adalah sebagai berikut:

“Saya mengangkat usaha pakan ikan dan burung karena adanya faktor banyaknya peluang dengan adanya penggemar burung dalam jumlah besar. Sedangkan usaha penjual pakannya jarang. Tujuan dari usaha ini adalah untuk mempermudah para peternak burung memenuhi kebutuhan pakan peliharaan mereka”.

Sedangkan contoh pembahasan modal sebagai berikut:

Untuk usaha yang telah saya buat ini, modal awal yang saya dapatkan sejumlah Rp. 2.800.000 yang didapat dari beberapa investor. Semoga modal ini cukup untuk memenuhi kebutuhan usaha saya.

Nah, untuk bagian lain, usahakan kamu menuliskan secara jelas dan menarik sehingga kamu berpeluang besar bisa menarik perhatian investorpun tinggi. Untuk kata penutup usahakan juga menggunakan kalimat-kalimat sopan dan baik.

Demikianlah ulasan mengenai proposal kegiatan, usaha, dan lainnya. Untuk lebih mendalami bagaimana kamu bisa membuat pengajuan atau permohonan yang lebih baik, kamu bisa baca contoh surat penawaran yang telah ditulis sebelumnya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam membuat proposal yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.