Surat Kuasa Tanah, Pengambilan BPKB, Uang, Paspor, dan Ijazah

Contoh surat kuasa – Apakah kamu berada dalam suatu situasi yang dimana membutuhkan seseorang untuk mewakili kamu dalam sebuah masalah ? Jika memang demikian, maka kamu perlu menggunakan yang namanya surat kuasa.

Sebelum itu, kamu haruslah mengerti apa sih sebenarnya surat kuasa itu ? Apa saja fungsinya? Bagaimana cara membuatnya? Berikut ini ulasannya.

Pengertian Surat Kuasa

pengertian surat kuasa
linkedin.com

Bukan hal yang asing lagi mendengar surat kuasa, surat kuasa adalah sebuah surat yang dibuat dengan isi mengenai pemberian suatu kuasa atau sebuah wewenang yang ditujukan kepada seseorang dengan tujuan untuk memberikan hak sebagai perwakilan mewakili pembuat surat.

Surat kuasa ini ditulis karena memang orang yang memberikan suatu kuasa tidak bisa menghadiri atau menyelesaikan suatu perkara dan ia mempercayakan perwakilan kepada orang yang ia berikan surat kuasa.

Fungsi Surat Kuasa

Fungsi dari surat kuasa adalah sebagai suatu bukti yang menunjukkan bahwa orang yang namanya tercantum di dalam surat tersebut memiliki hak dan kewajiban untuk melakukan suatu hal seperti apa yang tertulis di dalam surat kuasa tersebut.

Baca juga: Cara membuat NPWP

Jenis Jenis Surat Kuasa

jenis jenis surat kuasa
ireporterworld.com

Ada beberapa jenis surat kuasa. Bagi kamu yang belum mengetahui jenis dari surat kuasa, berikut ini ulasannya :

Surat kuasa perseorangan

Surat kuasa perseorangan adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang ditujukan kepada orang lain yang telah dipercaya untuk maksud tertentu guna kepentingan seorang diri atau pribadi dari si pemberi kuasa. Misalnya adalah surat kuasa yang dibuat untuk pengambilan jatah gaji pensiunan.

Surat kuasa kedinasan

Surat kuasa kedinasan adalah surat yang dibuat dan dikeluarkan oleh sebuah perusahaan, sebuah instansi, pejabat atau atasan dengan ditujukan kepada anak buahnya untuk tujuan yang berkaitan dengan suatu instansi atau perusahaan, contohnya surat kuasa mengenai kepengurusan soal – soal untuk ujian.

Surat kuasa istimewa

Surat kuasa istimewa adalah surat kuasa yang dibuat dan ditulis oleh seseorang kepada pihak yang lain seperti pengacara, dengan maksud untuk merampungkan suatu masalah yang terjadi yang berkaitan dengan pengadilan.

Ciri Ciri Surat Kuasa

Ciri – ciri surat kuasa
seedpg.com

Adapun ciri ciri dari surat kuasa adalah :

σ Bersifat formal, apapun jenis surat kuasa pasti semuanya memiliki sifat formal.

σ Memiliki tujuan untuk memberi kekuasaan, surat kuasa dibuat adalah dengan maksud untuk menunjuk seseorang menjadi perwakilan akan suatu perihal yang penting khususnya di ranah hukum.

σ Bahasa yang digunakan menggunakan bahasa yang santun, singkat, jelas dan padat. Untuk penulisan isi tidak perlu panjang lebar dengan basa – basi, to the point dan langsung saja dijelaskan maksud yang di inginkan.

Unsur Unsur Surat Kuasa

Unsur unsur surat kuasa
bizfluent.com

σ Adapun untuk membuat surat kuasa haruslah memiliki beberapa unsur berikut ini :

σ Untuk yang pertama judul dari surat kuasa

σ Biodata dari pemberi kuasa

σ Biodata dari penerima kuasa

σ Cantumkan alamat dari pemberi kuasa

σ Cantumkan alamat dari penerima kuasa

σ Maksud dari pemberian kuasa

σ Tanggal pembuatan surat kuasa

σ Tkamu tangan dan nama terang penerima dan pihak yang menjadi saksi

Cara Membuat Surat Kuasa yang Benar

Cara Membuat surat kuasa yang benar
nerdwallet.com

Dalam pembuatan surat kuasa ada beberapa aturan yang harus ditaati, tidak bisa sembarangan. Berikut ini adalah tata cara pembuatannya. Berdasarkan jenisnya ada 3 cara menulis surat kuasa.

Cara menulis surat kuasa perseorangan

Ada beberapa hal yang harus ditulis, yang pertama adalah pemberian judul, selanjutnya adalah pemberian keterangan mengenai identitas dari pemberi kuasa, kemudian juga pemberian keterangan mengenai identitas dari penerima kuasa, penulisan isi surat kuasa, jangan lupa bubuhkan tanggal pembuatan, serta tkamu tangan dan nama terang jikalau surat kuasa yang ditulis berisi tentang hukum

Cara menulis surat kuasa kedinasan

Tidak jauh beda susunan isi dari surat kuasa yang ada sebelumnya, yang berada di bagian atas adalah kepala surat dari suatu perusahaan atau instansi. Setelah itu, pemberian judul, selanjutnya pemberian nomor kuasa untuk bukti arsip. Lalu, penulisan identitas diri dari pemberi kuasa, selanjutnya penulisan identitas diri dari penerima kuasa.

Jika data identitas sudah tertulis, maka tulislah bagian maksud dan tujuan pemberian suatu kuasa. Yang terpenting tuliskan tempat dan waktu surat kuasa ditulis. Tentukan juga sampai kapan surat kuasa tersebut memiliki masa berlaku agar tidak ada yang menyalahgunakan, bubuhkan tkamu tangan dari kedua pihak beserta nama terangnya. Yang terakhir jangan lupa memberikan stempel dari instansi atau perusahaan sebagai bukti persetujuan.

Cara menulis surat kuasa istimewa

Tata cara penulisannya tidak jauh beda dengan surat kuasa yang sebelumnya, yang membedakan hanya saja harus adanya materai sebagai bukti administrasi dari sebuah hukum yang sudah sah.

Yang berada di bagian atas ini boleh ada boleh tidak yaitu bagian kepala surat atau kop surat dari suatu perusahaan atau instansi. Jika sudah, buatlah judul, selanjutnya tulis nomor kuasa untuk bukti arsip.

Lalu, tulislah identitas diri dari pemberi kuasa, selanjutnya penulisan identitas diri dari penerima kuasa. Jika data identitas diri sudah tertulis, maka tulislah bagian maksud dan tujuan pembuatan dari suatu kuasa. Yang terpenting tuliskan tempat dan waktu surat kuasa ketika ditulis.

Tentukan juga sampai kapan surat kuasa tersebut memiliki masa berlaku agar tidak ada yang orang yang bermaksud buruk menyalahgunakan, bubuhkan tkamu tangan dari kedua pihak beserta nama terangnya. Sebelum menkamutangani, pastikan sudah tertempel materai.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Dokumen

Contoh surat kuasa pengambilan dokumen
filesearch.club

Jikalau kamu berencana melakukan pengambilan dokumen, akan tetapi karena suatu hal sehingga tidak bisa mengambilnya sendiri. Maka, kamu bisa membuat suatu kuasa kepada seseorang dengan surat kuasa.

Dokumen adalah suatu berkas yang berisi tentang hal – hal yang sangat penting. Sebelum kamu mengambil dokumen dengan sebuah perwakilan, berikut ini adalah beberapa hal yang harus ada dalam surat kuasa dalam membuat kuasa.

σ Pemberian judul di bagian paling atas surat kuasa

σ Selanjutnya jelaskanidentitas diri dari yang memberi kuasa

σ Dan identitas diri dari yang menerima kuasa

σ kemudian isilah dengan sebuah perjanjian atas yang memberi kuasa kepada yang menerima kuasa

σ untuk Isi dari surat kuasa adalah menjelaskan tentang maksud pengambilan sebuah dokumen penting

σ Tuliskan kata penutup dari surat kuasa tersebut

σ Jangan lupa cantumkan penulisan tempat dan tanggal pembuatan surat kuasa

σ Tkamu tangan dan nama terang dari yang memberi kuasa dan yang diberi kuasa

σ Pastikan jangan sampai melewatkan memasang materai sebelum menkamutanganinya.

Contoh Surat Kuasa Tanah

Contoh surat kuasa tanah
legalakses.com

Apabila kamu berencana melakukan penjualan tanah atau bangunan, tetapi tidak bisa melakukannya sendiri. Maka, kamu bisa menguasakannya kepada orang lain dengan disertai surat kuasa dari kamu dengan lengkap.

Untuk itu sebelum kamu membuat atau menulis surat kuasa, sebaiknya kamu melihat terlebih dahulu contoh surat kuasa sebagai bahan acuan atau panduan dalam melakukan penulisan surat kuasa yang baik dan benar yang ada berikut ini.

σ Yang utama adalah dengan memberi judul yaitu surat kuasa

σ Selanjutnya menerangkan identitas dari yang memberi kuasa

σ Dan identitas dari yang menerima kuasa

σ Dilanjutkan dengan isi perjanjian atas yang memberi kuasa kepada yang menerima kuasa

Isi surat kuasa menjelaskan tentang tanah atau bangunan yang akan dijual. Isi surat kuasa ada dua. Yang pertama menjelaskan tentang kondisi tanah atau bangunan yang akan dijual.

Bagian ini meliputi nomor surat tanah atau bangunan, berapa luasnya dengan satuan meter persegi, alamat lengkap tanah atau bangunan yang dijual, ada penguraian tanggal saat melihat gambar situasi dan menurut sertifikat dan ada nama terdaftar pada sertifikat tersebut, dan juga keterangan turutan-turutan tanah atau bangunan

Isi surat selanjutnya sama dengan isi surat yang pertama, hanya saja ada tambahan seperti, nomor dan tanggal risalah lelang. Dan diakhiri dengan disebut tanah dan bangunan.

σ Penutup surat kuasa

σ Tempat dan tanggal pembuatan surat kuasa

σ Tkamu tangan dan nama terang dari yang memberi kuasa dan yang diberi kuasa

σ Jangan lupa untuk menyertakan materai.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Resmi

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Resmi
ecolup.info

Jikalau kamu berencana melakukan pengambilan BPKB resmi suatu kendaraan, akan tetapi karena suatu hal terhalang sehingga tidak bisa mengambilnya sendiri. Maka, kamu bisa membuat suatu kuasa kepada seseorang dengan surat kuasa untuk memberikan kuasa untuk mengambilnya.

BPKB ini adalah salah satu surat penting sebagai data diri kendaraan selain STNK. Sebelum kamu berencana mengambil BPKB resmi dengan sebuah perwakilan, berikut ini adalah beberapa hal yang harus ada dalam surat kuasa dalam membuat kuasa.

σ Tulis identitas diri dari yang memberi kuasa

σ Dan identitas diri dari yang menerima kuasa

σ Kemudian isilah dengan sebuah perjanjian atas yang memberi kuasa kepada yang menerima kuasa

σ Untuk Isi dari surat kuasa, menjelaskan tentang maksud pengambilan BPKB resmi

σ Berilah kata penutup dari surat kuasa tersebut

σ Pastikan tulis penulisan tempat dan tanggal pembuatan surat kuasa

σ Bubuhkan tkamu tangan dan nama terang dari yang memberi kuasa dan yang diberi kuasa

σ Pastikan jangan sampai melewatkan memasang materai sebelum menkamutanganinya.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Resmi

Contoh surat kuasa perwakilan perwalian

Contoh Surat Kuasa perwaliannn

Jikalau kamu berencana melakukan sebuah sidang dan kamu tak bisa menghadirinya, kamu bisa membuat surat kuasa perwakilan perwalian. Perwalian ini bisa diwakilkan jika ada surat yang menerangkan pemberian kuasa pada seseorang yang namanya sudah tercantumkan.

Perwalian ini biasanya berupa kasus penceraian atau suatu hal kejahatan. Sebelum kamu menyuruh orang lain untuk melakukan perwalian, kamu harus membuat surat kuasa dengan format berikut ini.

σ Tulis dengan jelas kepada siapa surat tersebut akan ditujukan

σ Jelaskan identitas diri dari yang memberi kuasa

σ Identitas diri dari yang menerima kuasa

σ Lalu isilah dengan sebuah perjanjian atas yang memberi kuasa kepada yang menerima kuasa

σ Untuk Isi dari surat kuasa adalah berikut ini menjelaskan tentang maksud dari perwalian yang akan dilakukan

σ Tuliskan kata penutup dari surat kuasa tersebut

σ Jangan sampai lupa tulis penulisan tempat dan tanggal pembuatan surat kuasa

σ Pastikan jangan sampai melewatkan memasang materai sebelum menkamutanganinya.

σ Beri tkamu tangan dan nama terang

Contoh surat kuasa pengambilan gaji

contoh surat kuasa

Dengan teknologi yang semakin berkembang tentunya dalam masalah pemberian gaji kepada karyawan sudah semakin canggih yaitu dengan adanya sistem transfer, tanpa harus memberikan gaji secara langsung. Meskipun begitu, masih ada beberapa perusahaan yang masih melakukan sistem pengambilan gaji dengan cara manual.

Jika suatu saat kamu tidak bisa mengambil gaji bulanan kamu, dikarenakan oleh sebab tertentu seperti sakit, haji atau umroh, bepergian ke luar kota, luar pulau bahkan sampai ke luar negeri dan juga saat mendapat musibah kematian sanak keluarga.

Tentunya kamu tidak bisa mengambil gaji bulanan bilamana perusahaan tempat kamu bekerja masih menggunakan sistem manual dalam pemberian gaji kepada karyawan. Untuk itu kamu harus membuat surat kuasa dalam pengambilan gaji tersebut.

Surat kuasa jenis ini lebih singkat dibandingkan dengan surat kuasa yang lainnya. Berikut ini yang harus ada dalam pembuatan surat kuasa pengambilan gaji.

σ Beri judul dengan surat kuasa pengambilan gaji

σ Isi biodata yang memberi kuasa dengan mencantumkan pula jabatan pada perusahaan tempat bekerja

σ Isi biodata yang diberi kuasa

σ Isi surat kuasa pengambilan gaji dan juga alasan tidak bisa mengambil gaji sendiri

σ Penutup surat kuasa pengambilan gaji

σ Tempat dan tanggal pembuatan surat kuasa pengambilan gaji

σ Tidak ketinggalan pula tkamu tangan dan nama terang dari yang memberi kuasa dan yang diberi kuasa

σ Yang lebih penting adalah dengan menempelkan materai pada surat kuasa pengambilan gaji tersebut.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Hal hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat kuasa

membuat surat kuasa
akaszto.hu

σ Surat kuasa yang ditulis tidak boleh didasari keterpaksaan

σ Untuk penyetujuannya pun harus sesuai dengan kehendak yang bersangkutan, sukarela tanpa dipaksa

σ Untuk surat kuasa perorangan tidak perlu penulisan nomor surat

σ Untuk surat kuasa kedinasan harus ada penulisan dari nomor surat

σ Untuk pemberi kuasa dan penerima kuasa harus dalam keadaan sehat walafiat dan juga sadar

σ Surat kuasa harus berisi biodata diri pembuat kuasa dan penerima kuasa secara jelas

σ Surat kuasa harus menjelaskan secara jelas maksud dan tujuan dari pembuatan surat kuasa tersebut

σ Untuk surat kedinasan jangan lupa memberikan stempel sebagai tkamu bukti persetujuan

σ Bahasa yang digunakan menggunakan bahasa baku, sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia

σ Kata – kata yang tertulis tidak boleh banyak basa – basi

σ Isi dari surat tersebut harus jelas dan singkat

σ Dinas atau orang yang dituju dalam surat kuasa tersebut harus jelas asal usulnya

Kesimpulan

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai surat kuasa. Surat kuasa ini tidak boleh dibuat sembarangan atau bahkan di salah gunakan. Dengan adanya stempel dan juga materai yang tertempel pada surat kuasa tersebut di dalam ilmu hukum mengandung nilai hukum yang tinggi dan kuat.

Jika sampai ada penyalahgunaan dalam surat kuasa tersebut, maka kamu akan terjerat hukum pidana hingga sampai sidang ke pengadilan. Oleh karena itu, dalam penggunaan surat kuasa haruslah berhati – hati.

Jangan sampai niat kamu yang baik menjadi salah haluan sehingga terjadi suatu penyalah gunaan dalam pemakaian. Bagi kamu yang ingin melakukan suatu perwakilan mengenai suatu perkara sehingga membutuhkan surat kuasa untuk mewakili kamu, kamu harus membuatnya dengan berbagai pertimbangan yang spesifik.

Selain itu juga, kamu harus berhati – hati jika ingin memilih notaris. Pastikan notaris yang kamu pilih bisa bertanggung jawab dan sudah berpengalaman. Sebisa mungkin carilah notaris yang sudah memiliki reputasi baik di masyarakat, paling tidak untuk menghindari penipuan-penipuan yang biasa terjadi.

Dengan begitu kamu bisa membandingkan beberapa notaris yang kamu pilih dengan notaris rekomendasi dari orang sekitar. Pastikan kamu mendapatkan notaris yang hkamul. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.