Contoh Surat Penawaran Barang

Contoh Surat Penawaran – Sesuai dengan namanya yang disebut dengan surat penawaran adalah surat yang akan diberikan kepada calon pembeli yang dibuat oleh penjual. Surat tersebut isinya adalah mengenai beberapa informasi terkait barang atau jasa yang ditawarkan.

Surat penawaran ini merupakan salah satu surat yang sangat penting. Sifatnya pun resmi sehingga surat penawaran harus mengikuti aturan susunan yang telah ada.

Nah, untuk lebih memudahkan kamu, berikut ini ada beberapa informasi dan pemaparan mengenai surat penawaran sekaligus beberapa contoh surat penawaran yang bisa kamu simak dan jadi referensi buat kamu dalam pembuatan surat penawaran.

Cara Membuat Surat Penawaran

Cara Membuat Surat Penawaran
mhsolicitors.com

Pertama, yang cukup penting dan perlu diketahui lebih awal sebelum memasuki contoh adalah cara membuat surat penawaran.

Kamu perlu mengetahui apa saja yang perlu dimasukkan dalam surat penawaran. Dalam surat penawaran nanti akan ada alinea pembuka, alinea penerangan dan alinea penutup.

Nah, penjabaran masing-masing alinea, pembuka akan berisi tentang hasil produksi atau pembahasan sejenisnya. Sedangkan untuk alinea penerangan bisa dikatakan sebagai bagian yang paling penting.

Alinea penerangan menjadi bagian terpenting dalam surat penawaran karena di dalam alinea penerangan akan dijabarkan secara lengkap informasi yang berkaitan dengan barang ataupun jasa yang ditawarkan.

Untuk bagian terakhir yakni bagian penutup, isinya nanti adalah himbauan pada pihak yang dituju untuk mengadakan hubungan selanjutnya. Bisa dikatakan pula dalam hal ini seperti hubungan kerjasama dalam jual beli dan lain sebagainya.

Pada bagian penutup ini, sebenarnya akan lebih baik jika kamu menggunakan tata bahasa cukup menarik sehingga bisa lebih mempengaruhi calon pembeli atau orang yang akan kamu ajak untuk kerja sama.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

contoh surat penawaran barang dan jasa
dfslaw.ca

Sebelum membuat surat penawaran ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Hal-hal ini merupakan beberapa perkara yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat penawaran. Jika sudah mengetahuinya maka kamu bisa membuat surat penawaran yang baik dan benar.

Dalam membuat surat penawaran kamu harus memperhatikan dengan benar bahwa surat penawaran ini nanti ditujukan dari penjual kepada calon pembeli.

Untuk informasi yang akan dimasukkan, ada 3 informasi yang perlu kamu cantumkan. Ketiga informasi itu adalah nama bidang usaha beserta pekerjaan yang ditangani dan gambaran tentang kemampuan yang dimiliki.

Selanjutnya ketika kamu hendak memperkenalkan usaha kamu kepada pemerintah maka diperlukan adanya pelampiran tanda daftar rekanan, surat izin usaha perdagangan beserta nomor pokok wajib pajak yang biasanya disebut dengan NPWP.

Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, ada satu hal lagi yang harus kamu perhatikan. Hal yang dimaksud adalah di dalam surat penawaran kamu, hendaknya dicantumkan pula beberapa keterangan tentang apa yang kamu tawarkan.

Katakan saja seperti jenis barang, kualitas barang, jumlah barangnya, keterangan teknis beserta harga satuannya. Hal ini berlaku untuk surat penawaran barang, dan bisa kamu sesuaikan untuk jenis surat penawaran yang lainnya.

Baca juga: Contoh kata pengantar

Contoh Surat Penawaran Yang Baik

Contoh Surat Penawaran Yang Baik
sinel-print.ru

Untuk mengetahui lebih jelas maka akan semakin baik jika kamu langsung melihat dan membaca contoh. Oleh karena itu disediakan pula disini contoh surat penawaran yang baik dan benar.

Contoh yang diusung ini merupakan contoh untuk penawaran barang, yang bisa juga kamu jadikan refensi untuk jenis surat penawaran yang lain, kamu tinggal menyesuaikan beberapa hal yang diperlukan . Berikut contoh surat penawaran yang baik:

—————————————-

Dengan Hormat.

Bersama ini kami bermaksud untuk memperkenalkan perusahaan kami dari PT. Sinar Mentari dengan alamat Jl. Sudirman No. 3 Surabaya. Perusahaan kami ini bergerak di bidang distributor pakan benih ikan, dan sarana budidaya perikanan serta kelautan maupun pertanian.

Jumlah perusahaan yang telah bekerjasama dengan kami ada lebih dari 200 perusahaan di seluruh penjuru Indonesia. Oleh karena itu, kami berniat untuk bekerjasama dengan perusahaan Bapak dalam hal pendistribusian produk kami pada konsumen. Sedangkan untuk hal-hal terkait produk dan daftar harga telah terlampir.

Demikianlah surat penawaran ini disampaikan. Semoga penawaran dari kami dipertimbangkan lebih lanjut. Atas perhatian bapak kami sampaikan terimakasih.

——————————————–

Contoh surat penawaran ini hanya sebatas isinya saja, kamu tinggal melengkapi surat yang kamu buat sebagaimana surat resmi pada umumnya. Pada surat penawaran ini, hal-hal penting yang terkait dengan apa yang kamu tawarkan hendaknya dilampirkan.

Saat membuat surat penawaran, jangan lupa menulis ucapan hormat, nama perusahaan, nama terang, tanggal pembuatan surat dan tanda tangan.

Baca juga: Contoh daftar riwayat hidup

Contoh Surat Penawaran Produk

Contoh Surat Penawaran Produk
ciputrauceo.net

Masih satu tema dengan contoh di atas. Untuk penawaran produk, isinya akan berisi tentang produk yang ditawarkan beserta penjelasan lengkap terkait produk yang ditawarkan.

Dalam membuat surat penawaran produk, gunakanlah kata-kata yang menarik. Jelaskan produk yang kamu tawarkan secara rinci dan jelas. Kalau perlu sebutkan kelebihan dan kekurangan dari produk yang kamu tawarkan. Berikut contoh surat penawaran produk:

——————————————-

Kepada
Yth,
Menager pemasaran PT Karya Gemilang Sentosa
Up. Bapak Alexander Suwiryo
Jalan Aman Damai Raya No. 40A Bandung

Dengan hormat,

Sehubungan dengan surat-surat permintaan penawaran produk elektronik berupa seperangkat komputer untuk kantor yang telah disebutkan kepada kami, dengan ini kami menawarkan beberapa barang yang kami sediakan di perusahaan kami.

Dengan ini kami juga melampirkan beberapa lampiran sebagai penunjang penawaran. Berikut ini merupakan beberapa lampiran yang juga kami lampirkan:

1. Satu buah modul rincian barang berikut dengan harganya
2. Tata cara pembelian dan pembayaran

Demikianlah surat penawaran ini kami ajuan. Kami ucapkan terimakasih atas kerjasama dan perhatian bapak. Semoga penawaran ini akan mendapatkan tindak lanjut yang baik dan saling menguntungkan.

——————————————–

Contoh surat penawaran sederhana ini bisa jadi referensi buat kamu saat hendak menawarkan barang atau produk kepada sebuah perusahaan atau instansi. Surat penawaran tidak perlu terlalu panjang.

Bila kamu ingin menjelaskan secara rinci produk yang kamu tawarkan, kamu bisa menulisnya pada lampiran. Buatlah surat penawaran semenarik mungkin, agar orang yang kamu tawarkan barang merasa kamulah yang paling pantas untuk diajak kerja sama.

Contoh Surat Penawaran Barang Dan Jasa

Contoh Surat Penawaran Barang Dan Jasa..
biv.com

Jika kedua contoh diatas membahas surat penawaran barang saja, berikutnya adalah contoh surat penawaran barang maupun jasa. Pada surat penawaran ini, yang ditawarkan adalah jasa sekaligus barang.

Sebenarnya perbedaan keduanya tidak banyak. Letak perbedaannya hanya dari segi isinya saja. Untuk itu, agar lebih jelas maka akan disajikan pembasahan keduanya untuk membedakan setiap alinea.

Pada alinea pembuka, isinya akan sama saja. Mungkin yang dibedakan hanya nama perusahaan dan pengenalan awal. Bila barang, maka akan menjelaskan barangnya. Sedangkan untuk surat penawaran jasa yang dijelaskan pun adalah peranan jasa yang ditawarkan.

Untuk surat penawaran barang, contoh pembukanya sama dengan dua contoh yang telah disebutkan diatas. Sedangkan untuk surat penawaran jasa, contoh lebih jelasnya bisa kamu baca di bawah ini:

Dengan surat ini kami bermaksud untuk memperkenalkan perusahaan kami CV. Safe Tech kepada bapak ibu pimpinan PT. Blanc. Kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang web developing yang telah memiliki banyak pengalaman dalam melakukan pengelolaan terhadap website perusahaan-perusahaan ternama.

Pada alinea selanjutnya, tentu saja ini yang akan sangat berbeda. Karena untuk contoh isi penawaran barang tidak ada, maka berikut ini disajikan contoh surat penawaran jasa yang baik dan bisa dijadikan acuan:

Sesuai informasi yang kami dapat bahwa PT Blanc merupakan perusahaan furnitur yang sedang berkembang pesat dan belum memiliki wabsite resmi perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut kami bermaksud untuk mengajukan penawaran jasa pembangunan website perusahaan yang bapak/ibu pimpin.

Yang terakhir memasuki penutup, tidak perlu dibingungkan karena penutup ini tidak perlu dibedakan. Hanya dengan satu contoh penutup bisa kamu gunakan untuk surat penawaran baik barang maupun jasa.

Penutup ini bisa juga menggunakan acuan seperti yang ada pada kedua contoh yang telah disebutkan diatas. Akan tetapi untuk menambah variasi, berikut ini adalah contoh selanjutnya:

Kami berharap bapak/ibu berkenan untuk mempertimbangkan penawaran kami. terkait dengan surat penawaran ini kami siap untuk mengadakan pertemuan dengan pihak PT Blanc guna menindaklanjuti penawaran yang kami ajukan.

Demikian surat penawaran ini kami buat, atas pertimbangan dan kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.

Surat penawaran ini nantinya akan cukup dibutuhkan sehingga kamu harus mencermati dengan baik, apalagi bila kamu terjun di dunia usaha dan bisnis.

Baik untuk contoh surat penawaran maupun sekedar beberapa teori untuk membuat termasuk juga hal-hal yang perlu diperhatikan.

Itulah ulasan singkat mengenai contoh surat penawaran yang bisa menjadi referensi buat kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.