Contoh Teks Anekdot Beserta Pengertian, Ciri Ciri dan Strukturnya

Contoh Teks Anekdot – Kata mengenai teks anekdot ini tentu saja sering di dengar terutama di kalangan pelajar. Teks anekdot merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup banyak di bahas. Akan tetapi sejauh ini tidak semua memahami apa dan bagaimana teks anekdot itu.

Teks anekdot memang teks yang tidak sama dengan teks-teks lainnya. Bila kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai teks anekdot, maka ikuti penjelasan dan contoh teks anekdot yang telah kami rangkum dalam tulisan ini.

Berikut ini merupakan ulasan singkat tentang teks anekdot. Untuk lebih memudahkan pemahaman pun di sertakan juga di dalamnya beberapa contoh teks anekdot.

Pengertian Teks Anekdot

pengertian teks anekdot
essayhell.com

Pertama sebelum memasuki contoh maupun struktur, tentu saja harus mengenal pengertian atau apa itu yang di sebut dengan teks anekdot. Pengertian di sini merupakan hal yang cukup penting. Tanpa pengertian tentu saja akan sulit memahami lebih lanjut. Untuk itu pengertian akan di bahas terlebih dahulu.

Sedangkan pengertian teks anekdot sendiri merupakan teks yang di buat berdasarkan karangan cerita atau sebuah kisah. Lebih jelasnya kisah ini berasal dari kisah hidup seseorang yang di sajikan secara singkat. Tentu saja dengan singkat teks ini akan pendek. Yang cukup penting lagi, dalam penyajiannya teks anekdot pun juga memiliki unsur yang lucu.

Dengan kelucuannya, teks ini pun juga bisa menjadi penghibur pembacanya ketika sedang di simak. Untuk temanya sendiri, sangat bermacam-macam. Bisa mengangkat tema politik, tema hukum, sindiran, kritikan, pendidikan san sebagainya.

Bukan semata sebagai kisah, sebenarnya teks anekdot juga mengandung suatu hal yang cukup penting. Di dalamnya tentu saja tersirat suatu pelajaran. Katakan saja seperti amanat atau pun pesan moral.

Selain itu teks anekdot juga bisa saja berisi mengenai kebenaran secara umum tentang suatu hal. Namun karena hal tersebut tersirat, pembaca harus pintar-pintar dalam memahaminya.

Ciri Ciri Teks Anekdot

Ciri-Ciri Teks Anekdot
essayassist.com

Dengan begitu banyaknya jenis teks, maka untuk membedakan jenis teks satu dengan yang lainnya akan membutuhkan yang namanya ciri-ciri.

Sedangkan teks anekdot sendiri pun juga memiliki ciri-ciri secara khusus. Nah berikut ini merupakan ciri-ciri teks anekdot tersebut.

Pertama, teks anekdot bercirikan memiliki sifat humor atau bisa di katakan sebagai lelucon. Maksudnya di sini, kisah-kisah yang di angkat dalam teks anekdot merupakan kisah-kisah lucu tanpa memkamung tema apapun.

Dengan lelucon tentu saja selanjutnya teks anekdot memiliki ciri-ciri sebagai suatu bacaan yang menggelitik.

Jadi, dengan membaca teks anekdot, tentu saja akan membuat kamu akan merasa terhibur karena lucunya isi teks tersebut. jika teks itu tidak menghibur maka tidak bisa di katakan sebagai teks anekdot.

Selain itu dalam teks anekdot juga mengandung unsur sindiran atau bersifat menyindir. Maksudnya adanya teks anekdot ini adalah untuk menyindir orang lain.

Bisa jadi pula sindiran atau objek pembahasan dalam teks anekdot tersebut di tunjukan pada orang penting. Katakan saja jika teks anekdot yang bersifat politik, mungkin akan di tunjukan pada para pegawai pemerintahan.

Tidak hanya sampai di sana, teks anekdot juga masih memiliki ciri lain. Yakni, kaidah dalam teks anekdot tersebut akan hampir serupa dengan dongeng.

Sedangkan di dalamnya ketika menceritakan adanya unsur sifat hewan dan manusia akan memiliki hubungan secara realistis atau nyata.

Baca juga: Contoh kata pengantar

Struktur Teks Anekdot

struktur Teks Anekdot
brsi.international

Selanjutnya kita akan masuk pada pembahasan mengenai struktur teks anekdot. Agar lebih bisa membedakan lagi bagaimana teks anekdot tersebut maka kamu harus memahami strukturnya.

Apalagi jika hendak membuat teks anekdot, maka struktur ini akan lebih penting lagi untuk di ketahui lebih lanjut.

Struktur teks anekdot yang pertama adalah abstraksi. Sebagai struktur pertama tentu saja abstraksi akan berada di awal.

Sedangkan isinya, sama seperti abstrak pada umumnya, dan sesuai dengan namanya, abstraksi berisi mengenai penggambaran singkat mengenai isi yang akan di bahas dalam teks anekdot tersebut. karena singkat maka yang gambarannya hanya secara umum saja.

Selanjutnya, untuk struktur kedua adalah orientasi. Di sini tidak hanya sebatas penggambaran, akan tetapi lebih dalam lagi.

Orientasi sudah masuk pada bagian peristiwa. Di dalamnya akan di bahasa mengenai latar belakang peristiwa yang sedang di bahas. Jadi apa dan bagaimana awal mula kejadian dalam teks akan di tuangkan dalam orientasi.

Yang ketiga, akan berisi mengenai event. Di dalam event ini akan di sajikan rangkaian peristiwa yang terjadi di dalam teks tersebut.

sedangkan struktur ke empat yakni di sebut dengan krisis, di dalamnya akan membahas mengenai pemunculan permasalahan yang sedang terjadi di dalam teks.

Nah, sebagai jawaban atau penyelesaian masalah yang muncul akan ada yang namanya reaksi sebagai struktur ke empat.

Untuk struktur ke lima, biasa di sebut dengan koda. Bagian ini merupakan bagian yang hanya ada di dalam teks anekdot saja.

Bisa dikatakan adanya koda juga membedakan teks anekdot dengan teks lainnya. dalam koda tersebut akan di munculkan perubahan yang terjadi pada tokoh dalam sebuah teks anekdot.

Sedangkan bagian yang terakhir di sebut dengan re-orientasi. Re-orientasi bisa juga di katakan sebagai bagian penutup dari teks anekdot. Di dalamnya juga bisa berisi kesimpulan maupun amanat yang di sajikan secara cukup jelas.

Dari seluruh struktur yang sudah di sebutkan, tentu saja akan mudah jika di sebutkan pula urutannya.

Nah, urutan struktur teks anekdot ini di mulai dari abstraksi, orientasi, event, krisis, kodan dan di akhiri dengan re-orientasi sebagai penutup. Jika sudah terpenuhi semua maka baru bisa di katakan sebagai teks anekdot.

Kaidah Teks Anekdot

Kaidah Teks Anekdot
catatansenja.com

Selain struktur, sebuah teks akan memiliki yang namanya kaidah tersendiri. Nah, untuk teks anekdot pun ada beberapa kaidah yang harus di penuhi. Untuk kaidah sendiri ada sekitar lima kaidah yang harus di penuhi dalam teks anekdot sebagai berikut.

Penggunaan waktu lampau

Dalam teks anekdot waktu yang di gunakan adalah waktu lampau. Katakan saja jika di dalam bahasa inggris seperti penggunaan kalimat past tenses. Paling tidak di sini contohnya seperti kalimat “saya tidak bisa tidur tadi malam”.

Penggunaan pertanyaan retoris

Yang di maksud dengan pertanyaan retoris adalah pertanyaan yang sudah tidak memerlukan jawaban lagi. Jadi di dalam teks anekdot memang banyak di jumpai adanya pertanyaan seperti ini. contohnya “apakah dia tidak tahu?”

Menggunakan konjungsi

Yang di maksud dengan konjungsi adalah kata penghubung. Tentu saja kata penghubung ini banyak sekali. Untuk contohnya seperti kata lalu, setelah itu, kemudian dan masih banyak lagi.

Menggunakan verba

Jika kamu belum mengenal apa itu verba, maka sama saja dalam bahasa inggris, verba maksudnya adalah kata kerja. Kata kerja apapun bisa di gunakan di dalamnya seperti kata-kata pergi, duduk, berlari, berdiri dan lain sebagainya.

Menggunakan kalimat imperatif

Kalimat imperatif adalah kalimat perintah. Jadi di dalam teks anekdot pun kamu bisa menemukan beberapa kalimat perintah. Contohnya seperti kata pergilah yang di akhiri dengan tanda seru. Nah, kalimat imperatif ini merupakan struktur kaidah terakhir dari teks anekdot.

Baca juga: Contoh daftar riwayat hidup

Contoh Teks Anekdot Singkat

Contoh Teks Anekdot Singkat
walldevil.com

Agar lebih mudah memahami tentang teks anekdot, ada beberapa contoh teks anekdot singkat sebagai berikut ini.

Bebas dari kemiskinan

Waktunya berdoa untuk membuat negara lebih berkembang dan maju.

Obama: “Tuhan, kapan negaraku akan terbebas dari kemiskinan?

Tuhan: “ 25 tahun lagi”

Obama: *menangis tersedu-sedu

Tonny Abbott: “Tuhan kapan negaraku akan terbebas dari penderitaan dan kemiskinan?”

Tuhan: “20 tahun lagi”

Tonny Abbott: *menangis tersedu-sedu

Jokowi: “Tuhan kapan negaraku akan terbebas dari kemiskinan”

Tuhan: *menangis tersedu-sedu

Tukang Roti

Suatu hari ada tukang roti yang lewat di dapat rumah, kemudian teman saya Fathin memanggil. Lalu tukang roti tersebut segera datang mendekati kami yang sedang duduk mengobrol santai di depan rumah.

Fathin: “Roti apa aja yang ada bang?”

Tukang roti: “Macam-macam, dek

Fathin: “Yang ini rasa apa bang?”

Tukang roti: “Yang ini rasa coklat dek.”

Fathin: “Kalau yang ini rasa apa bang?”

Tukang roti: “Ini rasa strawberry.”

Fathin: “Kalau yang ini rasa apa bang?”

Tukang roti: “Kalau yang ini rasa nanas dek”

Fathin: “Terus rotinya mana bang? Kok dari tadi ngomongnya buah-buahan terus? Emangnya abang jual buah apa jual roti? Kalo begini caranya saya tidak jadi beli deh bang”

Tukang roti: *hening

Seketika itu tukang roti mendadak pingsan.

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Contoh Teks Anekdot Pendidikan
myliveupdates.com

 

Sekolah Bertarif Internasional

Bu guru memasuki kelas satu per satu saat lonceng sekolah di bunyikan. Bu guru tersbut kini berdiri di depan kelas sambil membawa satu lembaran pengumuman.

“Anak-anak, ibu punya pengumuman penting sekaligus menggembirakan untuk kalian. Mulai bulan depan, sekolah kita akan berubah status menjadi sebuah sekolah yang bertarafkan internasional. Nah, bagaimana? Apa yang akan kalian lakukan untuk menyambut hal tersebut?”

Bu guru mengoper lembaran untuk di bagikan.

Akhyar mengangkat tangan. “saya mau mulai untuk les bahasa inggris bu untuk mendukung pembelajaran bertaraf internasional juga.”

“Bagus Akhyar. Bu guru merasa senang mendengar antusias Akhyar. Kemudian dia melirik ke arah Hasan. “Kalau kamu Hasan?”

“Saya akan meminta pada orang tua saya agar mempersiapkan biaya sekolah yang lebih banyak lagi.” Bu guru bingung dan bertanya, “lho, Kenapa?”.

“Soalnya jika status sekolah berganti jadi bertaraf internasional maka biaya sekolah pun akan lebih mahal lagi. Iurannya juga akan naik. Belum lagi membayar ini dan itu”. Jawab Hasan dengan nada sinis.

Bu guru pun mengernyitkan dahi dan berkata, “Kok jawaban kamu sinis sekali? Gini ya Don, kalau sekolah kita menjadi bertaraf internasional jadinya sekolah kita bisa menyamai sekolah-sekolah di luar negeri dan pendidikannya akan lebih berkualitas”.

“Tapi Bu, menurut saya sekolah bertaraf internasional itu sebenarnya punya arti sekolah bertarif internasional,” jelas Hasan pada Bu gurunya.

Contoh Teks Anekdot Kesehatan

Contoh Teks Anekdot Kesehatan
dokterinternasionalindonesia.net

Sakit Perut

Ada seorang anak laki-laki yang sedang bermain di samping rumahnya. Nama anak laki-laki itu adalah Yahdi. Ia bermain bersama teman-temannya di lapangan samping rumahnya.

Tidak lama setelah itu datanglah neneknya yang memanggilnya untuk segera masuk ke dalam rumah karena cuaca yang sedang mendung. Sebentar lagi pun hujan akan turun.

“Yahdi..!!. masuk! sebentar lagi akan hujan” teriak neneknya dari depan rumah

“Iya nek, tunggu!” kata Yahdi.

Tidak lama kemudian hujan turun. Yahdi berlari untuk segera masuk ke dalam rumahnya. Ia tidak langsung mencuci tangannya yang kotor karena bermain pasir. Namun dia langsung masuk dan tidur karena sudah kelelahan.

Pada malam hari Yahdi merengek kesakitan di atas ranjang tidurnya.

“Aduh, perutku sakit,,,” kata Yahdi yang kesakitan. Nenek pun akhirnya menghampiri dan bertanya pada Yahdi, “ada apa?”

“Perutku sakit nek”

“Kamu pasti jajan sembarangan di sekolah kan?”

“Tidak nek”

“Terus kenapa perutmu bisa sakit seperti ini?”

Nenek berfikir apa yang menyebabkan perut cucunya sakit seperti itu, kemudian dia mulai menemukan jawabannya. “ Aduh, pasti sehabis bermain kamu tidak mencuci tanganmu kan?”

“Iya nek, aku langsung tidur di kamar karena sudah sangat lelah dan langsung tertidur.”

“Nah, itu dia sebabnya. Seharusnya kamu mencuci tanganmu dulu. Ya sudah nenek ambilkan obatnya sekarang”

Saat nenek memberinya obat, Yahdi membaca namanya yang bertuliskan Asam mafenamat. “Waduh asam, kenapa nenek memberiku asam. Bisa-bisa perutku tambah sakit lagi. Ah, aku buang saja deh, pasti nenek salah mengambilkanku obat.”

Beberapa saat kemudian nenek datang dan menanyakan apakah Yahdi sudah meminum obatnya, dan Yahdi menjawab sudah. Namun nenek melihat obat itu di bawah lantai kamarnya dan nenek bertanya, “Lalu apa ini?”

“Begini nek, kenapa nenek memberiku asam. Bukannya kalau makan buah asam perutku akan tambah sakit. Kan obat itu namanya asam mafenamat.”

“Aduh, kau ini. itu hanya mereknya , bukan isinya yang terbuat dari asam.”

“Oh.. jadi..”

“Ya sudah minum obatnya. Hahaha dasar bodoh..” nenek tertawa sambil geleng-geleng kepala.

Contoh Teks Anekdot Hukum

Contoh Teks Anekdot Hukum
http://lbhmawarsaron.or.id

Membuat Undang-Undang Sendiri

Suatu hari Hakim dan Majid berjalan-jalan di dengan mobil. Saat itu Hakim sedang mengemudi mobilnya. Ketika mereka tiba di perempatan jalan, lampu lalulintas sedang merah. Akan tetapi dengan santai Hakim menerobosnya karena melihat jalanan yang sedang sepi.

Majid: “Kenapa kamu menerobos lampu merah? Kalau ada polisi gimana?”

Hakim: “Ah, tenang saja, kita bisa membuat undang-undang sendiri kok.”

Majid: “Kok bisa, bukannya yang membuat undang-undang itu pemerintah bersama DPR?

Hakim: “Sebentar. *meminggirkan mobilnya dan sementara berhenti

Majid: “Kenapa berhenti?”

Hakim: “Mau menjawab pertanyaan kamu. Nih jawabannya! Dengan ini kita bisa membuat undang undang sendiri. *menunjukkan dompet.

Majid: “Oh…!!

Contoh Teks Anekdot Lucu

Contoh Teks Anekdot Lucu
allwidewallpapers.com

Kesetrika

Suatu hari, datanglah seorang laki-laki ke rumah sakit dengan kedua telinga yang terkena luka bakar dan dokter bertanya kenapa telinganya.

Laki-laki itu menjawab: “Begini loh dok, tadi saya sedang menyetrika baju dan tiba-tiba telepon saya berdering. Karena refleks maka saat itu yang saya ambil setrikanya dan saya tempelkan ke telinga kiri saya.

Dokter pun berkata: “Oh, saya paham dengan keluhan kamu. Tapi kenapa pula dengan telinga kanan kamu”. Pasien pun menjawab, “ Nah, itu dia dok, si bego itu telpon lagi”.

Demikianlah ulasan mengenai contoh teks anekdot. Dengan beberapa contoh yang ada, kamu akan lebih mudah memahami mengenai apa dan bagaimana teks anekdot seperti pembahasan di atas. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Contoh Teks Anekdot Beserta Pengertian, Ciri Ciri dan Strukturnya

  1. Membuat teks anekdot tidak mudah, menurut saya. Karena harus memiliki rasa humor yang tinggi. 🙂

Tinggalkan komentar