5+ Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Pengertian dan Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi – Teks eksplanasi merupakan pembelajaran bahasa indonesia yang membahas mengenai peristiwa alam atau sosial. Sebagai salah satu pembelajaran di dalam bahasa Indonesia, pastinya semua bahasan memiliki aturan.

Teks eksplanasi juga memiliki beberapa aturan yang harus diketahui, sehingga akan mempermudah dalam menuliskan teks eksplanasi tersebut. Dalam pembahasan ini, hal-hal yang akan dipelajari mencakup pengertian, ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan beserta contoh-contohnya.

Hal ini sangat penting diketahui dan dipelajari karena yang menyangkut aturan penulisan teks eksplanasi. Berikut pembahasannya, mari pelajari dengan seksama.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi
chernogorneft.ru

Eksplanasi merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti tindakan menerangkan atau menjelaskan dan juga sebuah keterangan, pernyataan atau menerangkan fakta dari sebuah peristiwa alam atau sosial yang terjadi.

Teks eksplanasi merupakan teks yang bertujuan menjelaskan peristiwa fenomena alam dan peristiwa sosial yang sedang terjadi.

Teks eksplanasi ini menjawab pertanyaan “bagaimana” dan “mengapa”. Oleh karena itu di dalam penulisan teks eksplanasi ini banyak menjelaskan mengenai sebab dan akibat terjadinya sebuah peristiwa, seperti peristiwa alam, sosial, budaya, dan pengetahuan alam. Karena setiap peristiwa yang terjadi di sekitar kita pasti memiliki sebab akibat dan memiliki proses.

Menurut Restuti, pengertian teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

Sedangkan menurut Mahsum Teks Eksplanasi disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi (penutup).

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
foodmatters.com

Ciri-cirinya teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

» Membahas fenomena yang bersifat keilmuan

» Bersifat informatif dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca

» Memuat informasi-informasi fakta (faktual)

» Memiliki tiga struktur, yaitu pernyataan umum (pembuka), pernyataan penjelas (isi) dan interpretasi (penutup).

Baca juga: Metode pembelajaran

Struktur Teks Eksplanasi

struktur Teks Eksplanasi

Terdapat tiga struktur dalam penulisan teks eksplanasi, diantaranya adalah:

Pernyataan Umum

Pernyataan umum ini berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa alam tersebut bisa terjadi.

Pernyataan Penjelas

Pernyataan penjelas ini berisi tentang proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. Deretan penjelas mendeskripsikan dan merincikan sebab akibat dari peristiwa alam dan peristiwa sosial yang telah terjadi.

Interpretasi

Interpretasi merupakan teks penutup yang bersifat pilihan, bukan keharusan. Boleh ditulis dan boleh tidak. Teks penutup yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan pernyataan penjelas. Interpretasi juga bisa berupa tanggapan dari pernyataan umum dan pernyataan penjelas.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi
soundstorm-radio.com

Teks eksplanasi pada umumnya memiliki ciri bahasa sebagai berikut:

σ Fokus pada hal umum (generic), bukan partisipan manusia (nonhuman participants), misalnya gempa bumi, banjir, hujan, dan udara.

σ Memungkinkan menggunakan istilah ilmiah.

σ Menggunakan kalimat pasif.

σ Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

σ Lebih banyak menggunakan kata kerja material dan relasional (kata kerja aktif).

σ Menggunakan konjungsi waktu dan kausal, misalnya jika, bila, sehingga, sebelum, pertama, dan kemudian.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya
youtube.com

Tsunami

Pernyataan umum:

Tsunami merupakan salah satu jenis bencana alam yang berkaitan dengan gelombang lautan. Tsunami tidak datang sendiri dengan tiba- tiba. Namun biasanya ada yang menghantarkan, sehingga terjadilah tsunami.

Peristiwa yang dapat menghantarkan tsunami adalah gempa bumi bawah laut, letusan gunung api bawah laut, terjadinya longsor bawah laut dan adanya hantaman.

Pernyataan penjelas:

Tsunami adalah bencana alam dahsyat yang berkaitan dengan gelombang lautan. Tsunami merupakan gambaran ombak sangat besar yang menerjang hingga wilayah daratan. Kata tsunami sendiri berasal dari bahasa Jepang Tsu yang berarti pelabuhan dan Nami yang berarti gelombang.

Secara harfiah tsunami memiliki arti ombak besar di pelabuhan. Lebih ilmiah lagi, yang dimaksud tsunami adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal yang berlangsung dengan tiba- tiba.

Gelombang tsunami merupakan jenis gelombang yang dapat bergerak ke segala arah hingga mencapai jarak ribuan kilometer. Daya kerusakan yang diakibatkan gelombang ini akan semakin kuat apabila berada di daratan yang dekat dengan pusat gangguan.

Apabila di lautan, tinggi gelombang tsunami ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 1 meter saja. Meski demikian, kecepatan yang dimiliki oleh gelombang ini bisa mencapai 500 hingga 1000 kilometer per jam, kecepatan ini menyamai dengan kecepatan pesawat jet.

Saking cepatnya gelombang ini, kapal yang berada di lautan sampai tidak terasa akan kehadiran gelombang ini.

Sebaliknya, semakin mendekati ekosistem pantai, kecepatan gelombang ini semakin menurun, hanya sekitar 35 hingga 50 kilometer per jam. Namun, tingginya gelombang akan semakin naik, hingga mencapai 20 meter.

Dengan ketinggian yang sedemikian ini, maka gelombang tsunami dapat masuk ke daratan hingga jarak puluhan kilometer. Inilah sekilas gambaran umum mengenai gelombang tsunami.

Interpretasi:

Jadi, tsunami merupakan sebuah bencana alam dahsyat yang disebabkan oleh beberapa masalah seperti terjadinya gempa bumi bawah laut, letusan gunung api bawah laut, terjadinya longsor bawah laut dan adanya hantaman meteor.

Tsunami juga merupakan jenis gelombang yang dapat bergerak ke segala arah hingga mencapai jarak ribuan kilometer. Gelombang tsunami memiliki kecepatan tinggi di lautan dan jika mendekati ekosistem laut maka gelombang tsunami akan menurun.

Contoh Eksplanasi Fenomena Sosial

Contoh Eksplanasi Fenomena Sosial
jw.org

Bullying

Bullying merupakan tindakan kekerasan, berupa ancaman, atau paksaan untuk menzalimi atau mengintimidasi orang lain. Perilaku ini dapat menjadi suatu kebiasaan yang buruk dan mengakibatkan ketidak seimbangan kehidupan sosial.

Hal ini dapat mencakup kekerasan fisik, pelecehan secara lisan atau ancaman, atau paksaan dan bisa dilakukan berulang kali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar agama, ras, kemampuan, gender, dan lainnya.

Tindakan penindasan terdiri atas empat jenis, yaitu secara emosional, fisik, verbal, dan cyber. Budaya penindasan dapat berkembang dimana saja selagi terjadi interaksi antar manusia, dari mulai di rumah tangga, tempat kerja, sekolah, dan lingkungan bermasyarakat.

Bully biasanya muncul di usia sekolah, yang mana elaku Bully memiliki karakteristik tertentu. Kebanyakan dari mereka yang melakukan tidakan tidak terpuji ini adalah anak-anak yang berani, tidak mudah takut, merasa percaya diri dan memiliki motif dasar tertentu.

Motif utama yang biasanya ditengarai terdapat pada pelaku Bully adalah adanya agresifitas, serta motif lain yang juga bisa dimiliki pelaku Bully, yaitu rasa rendah diri dan kecemasan.

Bully menjadi bentuk pertahanan diri yang digunakan pelaku untuk menutupi perasaan rendah diri dan kecemasannya karena kurangnya perhatian orang tua atau orang-orang di sekitarnya terhadap anak tersebut.

Kebiasaan pelaku melakukan tidakan bully terhadap orang lain, bukan tak mungkin berlanjut ke bentuk kekerasan lainnya, bahkan yang lebih dramatis. Olehnya itu, mestinya orang tua, para guru, dan tokoh masyarakat memperhatikan hal ini lebih jauh.

Ada yang menarik dari karakteristik pelaku dan korban Bully, yakni korban Bully mungkin memiliki karakteristik yang bukan pemberani,penakut, memiliki rasa cemas, rasa takut, rendah diri, yang kesemuanya itu (masing-masing atau sekaligus) membuat si anak menjadi korban Bully.

Akibat mendapat perlakuan ini, korban bisa saja merasakan kejengkelan yang akan menimbulkan sifat dendam atas perlakuan yang ia alami. Ketika ia memiliki kesempatan untuk membalasnya, maka ia pun juga akan melakukan tindakan bully.

Selanjutnya, dampak buruk lain yang bisa timbul akibat perbuatan ini ialah korban Bully bisa saja menjadi pelaku Bully pada anak lain yang ia pandang sesuai dengan tujuannya, yaitu untuk mendapat kepuasan dan membalaskan dendam.

Ada banyak alasan bullying di sekolah saat ini semakin marak terjadi, salah satunya adalah karena sebagian besar korban enggan menceritakan pengalaman mereka kepada pihak yang berwenang, baik guru, pegawai sekolah, atau orang tua mereka sendiri.

Korban merahasiakan bullying yang mereka alami karena khawatir pelaku akan semakin mengintensifkan bullying mereka. Akibatnya anak yang sering menjadi korban bullying pun berpotensi akan menjadi anak yang pendendam dan juga akan melakukan bullying pada orang lain di masa akan datang.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam
contextotucuman.com

Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan getaran atau goncangan yang terjadi karena pergeseran atau pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar permukaan bumi.

Peristiwa alam ini sering terjadi di daerah yang berada dekat gunung berapi atau gunung yang masih aktif dan di daerah yang dikelilingi lautan yang sangat luas.

Gempa bumi terjadi karena pergeseran atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Biasanya gempa bumi terjadi begitu cepat dan menimbulkan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya, berupa kerusakan yang menyebabkan banyak kerugian.

Getaran gempa bumi yang sangat besar dan merambat ke segala arah sehingga dapat meratakan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.

Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik.

Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak sehingga mengalami pergeseran atau pergerakan. Teori “Tektonik Plate” menjelaskan bahwa bumi kita ini terdiri dari beberapa lapisan buatan.

Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung dilapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat lambat sehingga terpecah-pecah, lalu lapisan-lapisan itu bertabrakan satu dengan yang lainnya.

Itulah yang menyebabkan mengapa gempa bumi dapat terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi dikarenakan adanya letusan gunung berapi yang sangat besar. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan gempa tektonik.

Gempa dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi ditempat-tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan laut Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyak terdapat gunung berapi.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Budaya
sangpetualang.com

Penyebab Lunturnya Budaya Indonesia

Kebudayaan Indonesia menjadi luntur karena kurangnya kesadaran masyarakat, minimnya komunikasi budaya, dan kurangnya pembelajaran budaya.

Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap budaya lokal terbilang turun karena mereka lebih memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai perkembangan zaman.

Kesadaran masyarakat yang terus berkurang tanpa adanya upaya dari pemerintah untuk mengatasi hal tersebut, akan menyebabkan kebudayaan Indonesia tidak lagi terurusi dan perlahan akan menghilang atau pun diklaim dengan negara lain.

Kemampuan untuk berkomunikasi sangat penting agar tidak terjadi salah pemahaman tentang budaya yang dianut. Minimnya komunikasi sering membuat pertentangan antar suku yang berdampak turunnya ketahanan budaya bangsa.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut maka, komunikasi antar masyarakat menjadi sangat penting. Dengan mengenalkan budaya mereka ke masyarakat lain, juga ke generasi penerus maka budaya akan tetap lestari dan hidup.

Fenomena yang terjadi saat ini adalah anak usia dini telah diajarkan berbagai budaya barat sehingga ada julukan kids zaman now. Hal ini tentunya akan menggeser budaya lokal dengan cepat.

Sebenarnya melalui pelajaran budaya, kita ini dapat membangun bangsa dan mengkolaborasikan budaya lokal di tengah era globalisasi. Dengan begitu budaya Indonesia bisa tetap terjaga dan menjadi lebih maju dan dapat diikuti oleh banyak orang asing di luar sana.

Demikian pembahasan singkat mengenai contoh teks eksplanasi dan penjelasannya. Contoh teks eksplanasi ini sangat banyak bertebaran di internet. Semoga bermanfaat dan tetap semangat.

Tinggalkan komentar