79+ Gambar Masjid Paling Populer, Megah dan Menakjubkan

Gambar Masjid – Masjid memiliki kedudukan yang tinggi dan keutamaan dalam islam, ia tidak sama dengan tempat-tempat lainnya yang ada di muka bumi, karena itu Allah Azza Wajalla menyebutkannya dalam Al-Qur’an sebanyak 18 kali.

Sebagaimana yang dijelskan oleh Syaikh Ali Wahf Al-Qahthani dalam kitabnya Al-Masjid, Mafhumun, wa Fadhailu wa Ahkamu wa huququ wa Adbun fi Dhau’il Kitab was Sunnah, hal 7-14.

Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang yang senantiasa memakmurkan dan memperhatikan masjid, demi mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah.

Untuk itu marilah kita mengenal beberapa Masjid yang mungkin sudah sering kita dengar, namun kita belum mengenalnya dengan baik. Berikut ini beberapa masjid yang patut diketahui oleh kamu yang beragama islam:

Gambar Masjidil Haram

gambar masjid al haram
says.com

Masjidil Haram adalah tempat termulia di muka bumi ini. Kemuliannya disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadits-hadits shohih Rasulullah. Masjid ini pun menjadi tempat impian setiap mukmin melebihi tempat manapun di dunia ini.

Ketika kita membicarakan Masjidil Haram, maka setiap muslim pasti mengetahuinya. Hal ini karena ia merupakan kiblat kaum muslimin. Salah satu dari rukun islam ialah menunaikan ibadah haji ke Masjid ini bagi siapa yang sanggup.

Keutamaan Masjidil Haram

Sebagai masjid termulia di muka bumi ini, tentunya Masjidil Haram memiliki sejumlah keutamaan yang tidak ada pada masjid masjid selainnya.

Setiap muslim wajib meyakini bahwa masjid ini adalah masjid terbaik di muka bumi. Siapa yang menginkarinya, maka ia telah mengingkari Ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits-hadits Rasulullah yang menjelaskan tentang keutamaan Masjid ini.

Berikut ini beberapa keutamaan Masjidil Haram:

Sholat di Masjidil Haram Sama Dengan Sholat 100 Ribu Kali di Masjid Biasa

Sholat yang dikerjakan di Masjidil Haram nilai sama dengan 100 ribu kali sholat di masjid biasa. Baik itu sholat fardhu atau sholat sunnah. Hal ini telah dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Rasulullah bersabda:

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” HR. Ahmad 3/343 dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1173.

Rasulullah bersabda:

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik 1000 shalat di masjid lainnya kecuali Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih baik 100.000 shalat di masjid lainnya.” HR. Ahmad 3/343. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih.

Keutamaan ini berlaku untuk semua sholat, baik sholat fardhu maupun sholat sunnah, menurut pendapat yang paling kuat. Namun, sholat sunnah di rumah lebih baik daripada sholat sunnah di Masjid, termasuk di tiga Masjid termulia, Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al Aqsa.

Lalu, apakah keutamaan sholat di Masjidil haram juga berlaku untuk seluruh tanah haram? Al Lajnah Ad Daimah menjawab bahwa dalam masalah ini, ada perbedaan pendapat di kalangan ulama.

Pendapat terkuat ialah keutamaan tersebut berlaku di seluruh tanah haram / seluruh daerah makkah. Sebab dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah, seluruh wiayah makkah disebut dengan Masjidil Haram.

Masjidil Haram di Dalamnya Ada Ka’bah Sebagai Kiblat Kaum Muslimin

Siapa yang berkiblat kepada selain Masjidil Haram, maka ia telah mengingkari Al-Qur’an, As-Sunnah dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Sekalipun ia berkiblat kepada Masjid Al Aqsa.

Perubahan kiblat kaum muslimin dari masjid Al Aqsa ke Masjidil Haram terjadi kurang lebih 16 bulan setelah hijrahnya Rasulullah ke Madinah. Perubahan kiblat ini sekaligus menyalahi para ahli kitab yang berkiblat ke Baitul Maqdis.

Masjidil Haram adalah Tempat Ditunaikannya Haji dan Umrah

Haji dan umrah adalah dua ibadah yang hanya bisa ditunaikan di Masjidil Haram. Siapa yang mengerjakannya di tempat lain, maka apa yang ia lakukan tidak diterima karena menyalahi Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Sepanjang tahun kaum muslimin senantiasa datang ke Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah umroh. Kemudian pada bulan Dzul Hijah, kaum muslimin memenuhi Masjidil Haram untuk menunaikan salah satu rukun Islam, yaitu Ibadah Haji.

Sholat di Masjidil Haram Nilainya Sama Dengan Sholat 100 Ribu Kali di Masjid Lain

Rasulullah bersabda:

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik 1000 shalat di masjid lainnya kecuali Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih baik 100.000 shalat di masjid lainnya.” HR. Ahmad 3/343. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih.

Keutamaan ini berlaku untuk semua sholat, baik sholat fardhu maupun sholat sunnah, menurut pendapat yang paling kuat. Namun, sholat sunnah di rumah lebih baik daripada sholat sunnah di Masjid, termasuk di tiga Masjid termulia, Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al Aqsa.

Masjidil Haram Adalah Masjid Pertama di Bumi

Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dzar, Abu Dzar bertanya kepada Rasulullah tentang masjid yang pertama dibangun di muka bumi dan Rasulullah mengatakan bahwa Masjidil Haram.

Silahkan lihat hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori no.3186 dan Imam Muslim no.520

Gambar Masjid Nabawi

Gambar Masjid Nabawi
voaindonesia.com

Masjid Nabawi atau Masjid Nabi adalah masjid yang pembangunannya dipimpin lansung oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Masjid ini merupakan masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah dalam sejarah agama Islam.

Masjid Nabawi terletak di pusat kota Madinah di Saudi Arabia dan merupakan masjid termulia kedua setelah Masjidil Haram. Setiap ummat islam bisa mengunjungi masjid ini setiap dan termasuk satu dari tiga masjid yang boleh dukunjungi secara khusus dalam islam.

Pada zaman Rasulullah, Masjid ini ukurannya tidak seluas sekarang. Perluasan Masjid ini secara besar-besaran terjadi pada masa kepemimpinan Bani Umayya dan Bani Abbasiyah. Masjid ini terus diperbaiki dan dirawat sepanjang waktu, karena Masjid ini juga bagian dari simbol kebesaran Islam.

Masjid ini telah menjadi salah satu masjid terbesar di dunia dan berada dalam perlindungan penjaga dua tempat suci. Para peziarah dari berbagai belahan dunia selalu ramai berdatangan ke Masjid ini setiap saat.

Dalam area Masjid Nabawi ada kuburan Nabi, Abu Bakr, dan Umar. Namun para ulama yang telah diakui keluasan dan kelurusan ilmu, telah menjelaskan bahwa meskipun kuburan itu masih dalam wilayah masjid, namun tidak dianggap bagian dari Masjid Nabawi.

Keutamaan Masjid Nabawi

Ada banyak keutamaan yang dimilki oleh Masjid Nabawi dibanding masjid masjid lainnya. Salah satunya ialah bolehnya melakukan perjalanan khusus untuk ziarah ke masjid ini.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Nabi bahwa tidak dibolehkan melakukan perjalan menuju tempat yang dianggap berkah kecuali pada tiga tempat, yaitu Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Masjid Al Aqsa.

Keutamaan lain dari Masjid Nabawi ialah sholat yang dikerjakan di Masjid Nabawi akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda. Sholat di Masjid ini nilainya seribu kali dari masjid biasa.

Pelipatan pahala sholat di Masjid Nabawi berlaku untuk semua jenis sholat, baik sholat fardhu maupun sholat sunnah. Sebab dalam hadits yang menjelaskan hal ini, Nabi menyebutkan lafazh sholat secara mutlak.

Dalam Masjid Nabawi juga terdapat sebuah tempat yang dikatakan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam sebagi salah satu dari taman surga. Namun Nabi tidak menunjukkan tempat tersebut, beliau hanya mengatakan “diantara Rumahku dan Mimbarku adalah taman dari taman-taman surga.

Gambar Masjid Al Aqsa

Gambar Masjid Al Aqsa
visitmasjidalaqsa.com

Bila kita membahas tentang masjid dalam islam, maka salah satu masjid yang tidak akan pernah luput dari perbincangan adalah Masjid Al Aqsa. Masjid ini merupakan masjid termulia ketiga setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Masjid Al Aqsa terletak di Palestina, sehingga bila kita membicarakan Paletina maka Masjid Al Aqsa akan jadi bagian dari pembahasan. Karena memang Palestina sangat idektik dengan masjid yang penuh berkah ini.

Keutamaan Masjid Al Aqsa

Masjid Al Aqsa memiliki banyak keutamaan yang terdapat pada masjid masjid yang lain. Berikut ini beberapa keutamaan Masjid Al Aqsa:

Kiblat Pertama Kaum Muslimin

Salah satu keutamaan Masjid Al Aqsa yang sangat mahsyur ialah Masjid ini merupakan kiblat pertama kaum muslimin sebelum Ka’bah Al Musyarrafah. Nabi dan Para sahabat sholat menghadap ke Masjid Al Aqsa sampai Allah memerintahkan mereka agar mereka sholat menghadap Ka’bah.

Perubahan kiblat dari Masjid Al Aqsa ke Masjidil Haram terjadi beberapa bulan setelah Rasulullah bersama kaum muslimin hijrah ke Madinah. Momen itu terjadi ketika Rasulullah dan beberapa sahabat sedang sholat ashar di sebuah masjid yang tidak jauh dari kota madinah, yang kemudian dikenal dengan masjid kiblatain.

Dikatakan Masjid kiblatain karena Rasulullah memulai sholat dalam masjid tersebut dengan menghadap ke Masjid Al Aqsa, lalu Allah memerintahkannya menghadap ke Ka’bah pada pertengahan sholat.

Masjid Al Aqsa adalah Tempat Isra’nya Rasulullah

Allah Azza Wajalla berfirman:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Isra: 1

Rasulullah Mi’raj dari Masjid Al Aqsa ke Sidratul Muntaha

Allah Azza Wajalla memilih Masjid Al Aqsa sebagai tempat atau landasan Rasulullah diberangkatkan ke langit menuju sidratul muntaha. Allah memilih masjid Al Aqsa sebagai bagian dari kemulian masjid ini.

Masjid Al Aqsa Salah Satu dari Tiga Masjid Yang Boleh Dikunjung Secara Khusus

عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: “لا تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلا إِلَى ثَلاثَةِ مَسَاجِدَ: الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ، وَمَسْجِدِالرَّسُولِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَسْجِدِ الأَقْصَى

“Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak boleh bersengaja melakukan perjalanan (untuk beribadah) kecuali ketiga masjid: Masjid al-Haram, Masjid Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan Masjid al-Aqsha.” (HR. Bukhari)

Rasulullah melarang seorang muslim melakukan perjalan untuk ziarah ke masjid selain tiga masjid, yaitu Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al Aqsa. Perjalanan menuju ketiga masjid ini bernilai kebaikan di sisi Allah.

Adapun perjalanan menuju masjid selain ketiga masjid yang disebutkan di atas, maka hal itu dilarang / tidak boleh dilakukan.

Itulah gambaran singkat mengenai Masjid Al Aqsa. Semoga Allah memberikan kita kesempatan mengunjungi tempat mulia tersebut suatu hari nanti.

Gambar Masjid Quba

Gambar Masjid Quba
twasul.info

Bangunan Masjid Quba terletak tidak jauh dari pusat kota Madinah. Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Beliau dan para Sahabat membangun Masjid Quba pada tahun pertama hijrahnya Rasulullah ke Madinah atau tahun 1 H.

Pada saat ini luas Masjid Quba adalah 5.035 meter persegi dan mampu menampung hingga 20 ribu jamaah.

Masjid ini telah beberapa kali direnovasi, dan pada pada pemerintahan Khalifah Umar bin Abdul Aziz, ia membuat menara untuk Masjid ini.

Masjid ini memiliki 19 pintu, tiga diantaranya merupakan pintu utama yang menjadi jalan masuk para jamaah ke dalam masjid. Dua untuk laki laki dan satu untuk perempuan.

Masjid ini termasuk salah satu masjid yang memiliki keutamaan melebihi masjid masjid biasa. Dari Abdullâh bin Umar Radhiyallahu anhuma, beliau Radhiyallahu anhuma berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِي مَسْجِدَ قُبَاءٍ كُلَّ سَبْتٍ، مَاشِيًا وَرَاكِبًا فَيُصَلِّي فِيْهِ رَكْعَتَيْنِ

“Dahulu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi Masjid Quba setiap hari Sabtu dengan berjalan kaki atau berkendaraan kemudian Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat dua rekaat. [HR. Al-Bukhâri dan Muslim]

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Sahl bin Hunaif Radhiyallahu anhu, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ أَتَى مَسْجِدَ قُبَاءَ، فَصَلَّى فِيهِ صَلَاةً، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ عُمْرَةٍ

“Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian datang ke Masjid Quba’, kemudian dia mendirikan shalat di sana, maka dia mendapatkan pahala umrah [HR. Ibnu Majah dan lainnya]

Itulah dua hadits yang menunjukkan keutamaan Masjid Quba. Masjid Nabawi dan Masjid Quba adalah dua masjid yang keutamaannya dijelaskan dalam hadits Rasulullah.

Adapun selain kedua masjid ini, tidak ada hadits yang menjelaskan keutamaan masjid lain yang ada di sekitar kota Madinah.

Gambar Masjid Istiqlal

Gambar Masjid Istiqlal
nasional.kompas.com

Masjid Istiqlal dibangun sebagai perwujudan rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia dari segala penjajahan dari negara-negara lain. Nama Masjid ini diambil dari bahasa arab “istiqlal” yang artinya merdeka dalam bahasa indonesia.

Masjid Istiqlal merupakan Masjid terbesar di Asia Tenggara. Bangunan Masjid ini berhadapan dengan sebuah gereja, yaitu gereja katedral yang menjadi kebanggaan orang-orang non Muslim.

Pembangunan Masjid Istiqlal dumulai pada tahun 1951, yang mana peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951.

Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar yang terdiri dari ruang untuk sholat, ruang wudhu, kantor Masjid Istiqlal, dan kantor berbagai organisasi islam. Lantai dasar memiliki luas 25.000 meter persegi.

Jumlah tangga menuju lantai sholat utama sebanyak sebelas unit, tiga diantaranya memiliki ukuran besar dan berfungsi sebagai tangga utama, yaitu: satu unit berada di sisi utara gedung induk, satu unit berada pada gedung pendahuluan yang bisa dilalui langsung menuju lantai lima, dan satu unit lainnya ada di emper selatan menuju lantai utama.

Tangga-tangga utama istiqlal ini lebarnya lima belas meter. Selain itu, ada empat unit tangga dengan ukuran lebar tiga meter berlokasi pada tiap-tiap pojok gedung utama yang langsung menuju lantai lima dan sudut sudut teras raksasa.

Masjid kebanggaan umat muslim di Indonesia ini, memiliki sangat banyak keunikan, beberapa diantaranya mungkin ada yang belum kamu tahu. Inilah beberapa keunikan Masjid Istiqlal:

Masjid Terbesar di Asia Tenggara

Sebagaimana yang telah disampaikan di atas bahwa Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar yang ada di Asia Tenggara. Besarnya ukuran masjid ini juga menjadi simbol akan banyaknya jumlah kaum muslimin yang ada di Indonesia.

Hal ini bisa kita lihat saat sholat Jumat, sholat Idain, tablig akbar, dan kajian kajian ilmiah, yang mana masjid tersebut selalu penuh dengan para jamaah kaum muslimin.

Daya tampung Masjid Istiqlal mencapai 200 ribu orang, dengan rincian:

  • Ruang sholat utama dan balkon serta sayap memuat 61 ribu orang.
  • Ruang pada bangunan pendahuluan memuat 8 ribu orang.
  • Ruang teras terbuka di lantai 2 memuat 50 ribu orang.
  • Semua koridor dan tempat lainnya memuat 81 ribu orang.

Istiqlal Artinya Merdeka

Kata Istiqlal diambil dari bahasa Arab yang bermakna merdeka. Masjid ini dibangun sebagai tanda syukur kepada Allah Azza Wajalla atas kemerdekaan rakyat indonesia, serta sebagai penghormatan atas para pejuang muslim yang gugur dalam melawan penjajah.

Menara Masjid Istiqlal Hanya Satu

Masjid yang terdiri dari satu lantai dasar dan lima lantai diatasnya hanya memiliki satu menara yang menjulang tinggi. Menara tersebut memiliki diameter 5 meter dengan tinggi 66,66 meter / 6.666 cm, dengan berlapiskan marmer.

Kemudian kemuncaknya setinggi 30 meter, sehingga tinggi menara keseluruhan adalah 96,66 meter.

Kubah Masjid Istiqlal Berukuran Besar

Masjid dengan kapasitas 200.000 jamaah ini memiliki kubah utama dengan ukuran yang besar, yang tersusun dari rangka baja anti karat. Diameter kubah Masjid Istiqlal ini sepanjang 45 meter dan ditopang oleh 12 pilar besar yang tersusun melingkar.

Pintu Masjid Istiqlal Ada Tujuh Bernama Asmaul Husna

Pintu gerbang masuk ke dalam Masjid Istiqlal ada tujuh, yang masing masing diberi nama berdasarkan Asmaul Husna. Ada tiga pintu utama, yaitu Al Fattah, As Salam, dan Ar Razaq, selanjutnya adalah Al Quds, Al Malik, Al Gaffar, dan Ar Rahman.

Beduk Raksasa di Masjid Istiqlal

Beduk Raksasa di Masjid Istiqlal panjangnya 3 meter, dengan berat 2,30 ton, bagian depannya berdiameter 2 meter, bagian belakang 1,71 meter, yang diambil dari Hutan Kalimantan Timur. Beduk tersebut adalah beduk terbesar di Nusantara.

Arsitektur Masjid Istiqlal adalah Non Muslim

Masjid Istiqlal yang megah berarsitektur modern ternyata pembangunannya diarsiteki oleh seorang kristen protestan bernama Frederich Silaban, yang baerasal dari Sumatra.

Frederich memenangkan sayembara desain Masjid Istiqlal pada tahun 1955, yang jurinya terdiri dari para arsitek dan ulama, yang diketuai langsung oleh Presiden Ir. Soekarno.

Silaban berhak mendapatkan hadiah atas kemenangannya berupa medali emas seberat 75 gram dan uang tunai sejumlah 25.000 rupiah.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Masjid Istiqlal. Bagi kamu yang masih penasaran dengan kemegahan masjid ini, kamu bisa datang bersama teman teman ke masjid ini saat ada kajian atau tablig akbar.

Gambar Masjid Kubah Emas

Gambar Masjid Kubah Emas
ppc2you.com

Ada beberapa Masjid di Dunia ini yang berkubah emas, salah satunya ada di Indonesia. Masjid yang terletak di Depok ini namanya adalah Masjid Dian Al Mahri, namun lebih terkenal dengan sebutan Masjid kubah emas.

Masjid kubah emas ini luasnya sekitar 8.000 meter persegi dan mampu menampung kurang lebih 20.000 jamaah. Ada lampu gantung dalam masjid yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton.

Masjid Dian Al Mahri memiliki lima kubah, satu kubah utama dan empat kubah kecil. Bentuk kubahnya menyerupai kubah Taj Mahal, dan seluruh kubah dilapisi dengan emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal.

Kubah utama diameter bawahnya 16 meter, dia meter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Adapun 4 kubah kecil, diameter bawahnya 6 meter, tengah 7 meter dan tingginya 8 meter.

Secara umum arsitektur masjid ini mengikuti tipologi masjid di Timur Tengah pada bentuk kubah, menara, plaza, dan hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk.

Gambar Masjid Agung Semarang

Gambar Masjid Agung Semarang
in.wikipedia.org

Masjid Agung Semarang atau biasa juga disebut Masjid Agung Jawa Tengah dibangun pada tahun 2011 dan rampung secara keseluruhan pada tahun 2006, yang berdiri di atas lahan seluas 10 hektar.

Masjid Agung ini diresmikan pada tanggal 14 November 2006 oleh Presiden Indonesia saat itu Susilo Bambang Yudiyono.

Masjid Agung Semarang dirancang dalam gaya arsitektur campuran Islam, Jawa, dan Romawi, yang diarsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani.

Dalam wilayah masjid terdapat menara Asma Al-Husna setinggi 99 meter, dan Area serambi Masjid ini dilengkapi dengan 6 payung raksasa otomatis seperti yang ada di Masjid Nabawi.

Gambar Masjid Agung Demak

Gambar Masjid Agung Demak
id.sejarah.net

Masjid Agung Demak masuk dalam jajaran masjid tertua di Indonesia yang terletak di kampung kauman, kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Para ahli sejarah percaya bahwa masjid inilah tempat perkumpulan para ulama yang menyebarkan agama islam di tanah Jawa yang biasa disebut dengan Walisongo.

Menurut beberapa ahli sejarah, Masjid ini dibangun pertama kali oleh Raden Fattah, yakni Raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar abad ke-15 Masehi.

Terdapat beberapa makam Kesultanan Demak dalam komplek Masjid Agung Demak, termasuk Sultan Fattah yang merupakan Raja pertama Kesultanan Demak dan Para Abdinya.

Pada tahun 1995, Masjid Agung Demak dicalonkan untuk menjadi situs warisan dunia UNESCO

Gambar Masjid Tiban Malang

Gambar Masjid Tiban Malang
beritahati.com

Salah satu masjid yang bangunannya sangat unik dan megah adalah Msjid Tiban Malang. Bagi kamu warga Malang atau Tawa Tengan, Masjid ini pasti tidak asing bagi kamu. Paling tidak kalau belum pernah masuk, kamu pernah mendengar cerita tentangnya.

Bangunan Masjid Tiban Malang yang megah dan unik ternyata menyimpan misteri sampai sekarang. Tidak ada yang tahu pasti siapa yang membangun masjid ini.

Ada yang mengatakan bahwa Masjid ini muncul begitu saja, makanya dinamai Masjid Tiban Yang berarti “jatuh”. Dan yang lain mengatakan bahwa Masjid ini dibangun oleh para bangsa Jin. Wallahu a’lam.

Masjid terdiri dari 9 lantai yang bisa diakses oleh siapa saja yang berkunjung ke Masjid ini, termasuk kamu. Bila ingin menikmati pemandangan Indah daerah sekitar, kamu bisa naik ke lantai paling atas dan melihat seluruh daerah pemukiman warga sekitar.

Gambar Masjid Raya Bandung / Masjid Agung Bandung

Gambar Masjid Raya Bandung
jejakpiknik.com

Masjid Raya Bandung yang dulunya dikenal dengan Masjid Agung Bandung dibangun pada tahun 1810 Masehi.

Masjid ini telah mengalami 8 kali perombakan pada abad ke-19, lima kali pada abad ke-20, kemudian direnovasi lagi pada tahun 2001, lalu diresmikan menjadi Masjid Raya Bandung pada tanggal 4 juni 2003.

Ada dua menara kembar di sisi kanan dan kiri Masjid Raya Bandung yang tingginya mencapai 81 meter, yang terbuka untuk umum pada hari Sabtu dan Minggu.

Luas bangunan Masjid Raya Bandung adalah 8.575 meter persegi, yang berdiri di atas lahan seluas 23.448 meter persegi, dan dapat menampung sekitar 13.000 jamaah.

Lokasi Masjid Raya Bandung ada di pusat kota Bandung, tepatnya di Alun-alun Bandung dekat ruas Jalan Asia-Afrika.

Gambar Masjid Baiturrahman

Gambar Masjid Baiturrahman
tempat.co.id

Masjid ini merupakan Masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H atau 1612 M.

Bangunan Masjid Baiturrahman memiliki struktur yang sangat indah mirip dengan Taj Mahal. Masjid ini terletak di jantung kota Banda Aceh dan menjadi titik pusat segala kegiatan agama islam di Aceh Darussalam.

Pada tanggal 10 April 1873 Masehi, tentara Belanda yang dipimpin oleh Jenderal Van Swieten membakar Masjid kebanggaan rakyat Aceh tersebut, sehingga rakyat Aceh semakin marah dan bersatu memerangi Belanda di Aceh.

Pada tahun 1879 Masehi, peletakan batu pertama untuk pembangunan ulang Masjid Baiturrahman dilakukan oleh Tengku Qadhi Malikul Malik, dan selesai pada tahun 1882 M. Setelah itu, Masjid Baiturrahman beberapa direnivasi dan diperluas.

Pada tanggal 26 Desember 2004, saat tsunami meluluh lantakkan Tanah Rencong Ace, Masjid Baiturrahman tetap berdiri kokok diantara reruntuhan bangunan yang lain. Sampai saat ini, Masjid ini tetap kokok dan menjadi pusat kegiatan keagamaan di di Aceh.

Gambar Masjid Agung Banten

Gambar Masjid Agung Banten
wacana.co

Masjid Agung Banteng termasuk salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Setiap hari masjid ini ramai dikunjungi oleh para pengunjung dari daerah Banten, Jawa Barat, dan dari berbagai daerah Pulau Jawa.

Masjid ini dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin, sultan pertama dari Kesultanan Banten,putra pertama Sultan Gunung Jati, pada tahun 1556.

Masjid Agung Banten terletak di Desa Banten Lama, sekitar 10 kilimeter dari kota serang, dari terminal Pakupan Serang, bisa ditempuh dengan mobil sekitar setengah jam.

Gambar Masjid Kudus

Gambar Masjid Kudus
semarangpos.com

Masjid Kudus atau Masjid Manara Kudus, disebut juga dengan Masjid Al Manar, nama resminya Manarat Qudus adalah masjid kuno yang dibangun oleh sunan kudus sejak tahun 1549 Masehi atau 956 Hijriyah.

Masjid ini terletak di Desa kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Masjid kudus memiliki lima pintu di sebelah kanan dan lima di sebelah kiri, dengan pintu besar terdiri dari lima buah.

Tiang besar dalam Masjid Kudus berjumlah delapan yang terbuat dari kayu jati. Masjid ini dilengkapi dengan jendela sebanyak empat buah.

Masjid Kudus juga memilki sebuah menara dengan ketinggian 18 meter, pada bagian dasarnya berukuran 10 x 10 meter. Pada dinding menara, dihias dengan piring-piring bergambar sejumlah 32 buah.

Gambar Masjid Raya Makassar

Gambar Masjid Raya Makassar
trivadvisor.co.id

Masjid Raya Makassar pertama kali dibangun pada tahun 1948 dan selesai pada tahun 1949. Kemudian direnovasi secara besar besaran pada tahun 1999 hingga tahun 2005, dengan daya tampung mencapai 10.000 jamaah.

Modal awal pembangunan masjid ini hanya 60.000 rupiah yang diprakarsai oleh KH. Ahmad Bone pada tahun 1947, ia menunjuk KH Muchtar Lutfi sebagai ketua panitia pembangunan Masjid ini.

Pada tahun 1949, Masjid Raya Makassar diresmikan dengan menghabiskan biaya total 1,2 juta rupiah. Pembangunan Masjid Raya Makassar menggunakan 80 persen bahan baku lokal.

Tinggalkan komentar