Cara Daftar SMS, Mobile dan Internet Banking Mandiri

Internet Banking Mandiri – Mandiri internet banking – salah satu bank dengan jumlah nasabah yang sangat besar adalah bank mandiri. Apalagi kantor cabang bank mandiri yang sangat banyak tentu semakin memudahkan nasabahnya untuk bertransaksi. Sebagai salah satu bank besar, mandiri juga menyediakan layanan berupa mandiri internet banking.

Layanan ini merupakan suatu layanan perbankan dan dilakukan melalui jaringan internet. Beberapa layanan yang dapat dilakukan melalui layanan internet banking mandiri ialah layanan transfer, melakukan pembayaran dan juga cek saldo.

Anda harus login dan telah terdaftar untuk bisa memperoleh semua layanan melalui internet banking mandiri

Apa Itu Internet Banking Mandiri?

internet banking bank mandiri
bankmandiri.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan diatas mengenai apa itu mandiri internet banking, maka syarat yang harus dimiliki ialah rekening bank mandiri. Cara mendapatkannya ialah anda harus daftar dikantor cabang terdekat.

Setelah kamu punya rekening bank mandiri, maka kamu baru bisa mendaftarkan nomor rekeningnya menjadi member layanan internet banking Mandiri. Caranya bisa dilakukan menggunakan ATM ataupun datang dikantor cabang terdekat.

Sesudah mendaftarkan rekening mandiri kamu dan menjadi member layanan internet banking Mandiri, maka kamu akan memperoleh sebuah akun.

Bentuk akun yang akan kamu dapatkan ialah ID dengan password yang digunakan masuk pada layanan Mandiri internet banking. Setelah itu, kamu bisa merubah akun tersebut dengan akun pribadi.

Tujuanya ialah agar akun kamu lebih aman dari pengetahuan orang lain. Cari juga ID ataupun password akun kamu yang gampang di ingat. Namun bila kamu sampai lupa dengan ID ataupun Passwordnya, silahkan kunjungi bank mandiri atau hubungi pihak bank lewat Call Center Mandiri untuk mengkonfirmasi.

Perbedaan SMS, Mobile Dan Internet Banking Mandiri

mandiri internet banking
bankmandiri.co.id

Jika kamu bingung dengan perbedaan sms, mobile dan internet banking mandiri, silahkan simak beberapa ulasan dibawah ini.

SMS banking

Layanan SMS banking bank mandiri ini bisa digunakan untuk transaksi melalui SMS. Layanan ini bisa kamu gunakan tanpa membutuhkan jaringan internet. Cara ini sangat praktis untuk digunakan terutama jika kamu berada di lokasi tanpa jaringan internet. Didalam layanan SMS banking juga ada beberapa fitur diantaranya:

a. Mengetahui informasi saldo, informasi mutasi rekening, serta informasi kurs.

b. Bisa mengetahui informasi kartu kredit.

c. Bisa digunakan untuk mentransfer dana serta pembayaran.

Cara melakukan transaksi melalui SMS banking bisa kamu lakukan dengan memasukkan perintah serta kode akses pada nomor operator SMS banking tujuan. Tariff pulsa yang akan kamu bayarkan sesuai dengan besarnya biaya layanan yang sudah ditetapkan pihak bank.

Mobile Banking

Selanjutnya adalah layanan mobile banking yang bisa dilakukan untuk bertransaksi melalui ponsel. Tidak sama dengan SMS banking yang mengharuskan adanya kartu SIM tertentu, namun sekarang mobile banking dapat digunakan hanya dengan mengunduh aplikasinya didalam ponsel kamu.

Sama halnya dengan SMS banking, layanan ini juga hanya bisa dipakai melalui ponsel saja. Namun fitur yang ada didalamnya juga lebih sedikit dari padalayanan internet banking.

Beberapa fitur dalam mobile banking diantaranya:

a. Bisa melakukan transfer antar rekening maupun antarbank.

b. Bisa melakukan pembayaran tagihan (membayar tagihan kartu kredit, internet, telepon, dan TV berlangganan).

c. Bisa melakukan pembelian voucher maupun e-commerce.

d. Bisa mengetahui informasi rekening serta kurs.

Untuk mengamankan transaksi mobile banking ini, kamu bisa menerapkan sistem OTP yakni (one-time password) yang akan dikirim melalui SMS pada ponsel kamu. System tersebut hanya bisa berfungsi untuk kartu sim yang sudah kamu daftarkan.

Internet Banking

Salah satu layanan unggulan pada bank mandiri adalah internet banking. Layanan ini sangat memudahkan para nasabah dalam bertransaksi. Fungsinya bahkan mampu mengungguli ATM. Khususnya dalam bertransaksi non tunai.

Fitur yang dibawa oleh internet banking diantaranya:

a. Bisa mengetahui informasi rekening serta kartu kredit. Diantaranya posisi saldo, daftar rekening, histori transaksi, rekening giro, deposito, dan tabungan rencana. Informasi krus juga bisa dilihat disini.

b. Bisa untuk transfer bank.

c. Bisa melakukan pembayaran.

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

cara daftar Internet banking mandiri
panduanbpjs.com

Sebelum menggunakan internet banking mandiri, kamu harus mengetahui cara daftar internet banking mandiri. Untuk melakukan pendaftaran, kamu harus mengunduh layanan internet banking mandiri resmi mitra Mandiri, diantaranya Blackberry App World, Google Play Store atau App Store.

Sesudah kamu selesai mengunduh, buatlah password ataupun identitas rahasia yang nantinya dibuat login pada aplikasi tersebut.

Agar bisa bertransaksi keuangan disini, nasabah harus terdaftar menjadi user aktif dari Mandiri SMS. Sebab otorisasi transaksi dari internet banking Mandiri memakai PIN Mandiri SMS.

Bagi pengguna iPhone, selain memakai PIN Mandiri SMS, ditambahkan juga dengan SMS OTP. Selanjutnya OTP akan dikirimkan pada inbox guna menampilkan OTP berbentuk pop-up message. Selanjutnya nasabah dapat masuk pada menu setting notification melalui iPhone kamu.

Kelebihan Internet Banking Mandiri

kelebihan internet banking mandiri
bankmandiri.co.id

Ada banyak kelebihan internet banking mandiri yang bisa kamu ambil sebagai nasabah. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya:

a. Dapat diakses menggunakan perangkat apa saja dan dari mana saja. Dari mulai perangkat ponsel, PC, laptop, atau tablet asalkan kamu memiliki koneksi internet yang stabil.

b. Tidak terikat waktu. Sehingga kamu bisa mengakses selama 24 jam non stop.

c. Didalamnya juga sudah dilengkapi oleh sistem pengamanan berlapis. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan transaksi non tunai diantaranya mengecek saldo maupun mutasi rekening, hanya dengan memasukkan user ID serta password.

d. Sangat praktis dan tidak mengeluarkan biaya lebih jika ingin bertransaksi. Cukup dirumah saja dengan jaringan internet, maka kamu bisa melakukan berbagai transaksi.

e. Hemat tenaga, waktu dan biaya.

Sementara untuk perubahan data dengan transaksi finansial misalnya transfer dana serta pembayaran, maka kamu harus menggunakan token dari cabang bank mandiri terdekat. Token tersebut berfungsi untuk otentikasi transaksi.

Kekurangan Internet Banking Mandiri

kekurangan internet banking mandiri
bankmandiri.co.id

Bukan hanya ada kelebihan yang bisa kamu ambil dari internet banking mandiri. Tapi kamu juga harus waspada dengan kekurangan internet banking mandiri seperti dibawah ini:

a. Tidak semua orang punya perangkat laptop, computer, atau koneksi internet yang stabil

b. Kurang praktis untuk orang yang sering bepergian

c. Meskipun seluruh akses internet dapat diakses melalui gadget, tetapi untuk pengguna yang mobilitasnya tinggi, tentu membutuhkan penyesuaian fitur untuk mengakses internet banking menggunakan smartphone. Dengan kata lain, tak senyaman menggunakan PC.

d. Masih jarang dimengerti oleh orang awam yang tidak mengenyah pendidikan. Sehingga hanya bisa dilakukan oleh orang yang setiap harinya berhubungan dengan dunia internet atau dunia maya. Untuk itu, orang akan kesulitan menjangkau internet banking mandiri.

e. Diwilayah tertentu yang sulit dijangkau jaringan internet transaksi akan sulit sekali dilakukan bahkan tidak bisa dilakukan. Jadi, bila tempat tinggal kamu berada di pegunungan, maka internet banking ini tidak akan cocok buat kamu. Sehingga kamu pun harus turun gunung dulu untuk melakukan transaksi.

f. Smartphone yang digunakan harus canggih dan tidak bisa digunakan oleh sembarangan smartphone. Sehingga, smartphone android yang digunakan disini harus yang lebih canggih dan mendukung fitur internet banking mandiri.

Waspadalah dengan penyusup yang bisa saja mengambil data nasabah setiap saat. Karena trik hacker yang sangat lihai bisa saja uang yang ada dalam rekening kamu terkuras habis. Untuk itu, patuhi semua prosedur pemakaian internet banking agar lebih aman.

Sementara pihak bank harus lebih rajin sosialisasi serta melakukan pengawasan terutama untuk transaksai perbankan para nasabahnya. Sementara pencurian data yang dilakukan oleh penyusup bisa lewat skimming ataupun lewat modus penipuan sehingga bisa mengecoh nasabah

Bila kamu berada dilokasi dengan jaringan internet yang stabil, maka bisa menggunakan internet banking supaya lebih menghemat biaya. Akan tetapi PC kamu harus kamu install antivirus serta antimalware agar terhindar dari cracking.

Jangan sampai kamu menggunakan internet banking pada layanan publik misalnya diwarnet ataupun wifi gratis sebab rawan adanya tindakan penyadapan data dari pihak nasabah.

Fungsi Internet Banking Mandiri

fungsi internet bank mandiri
bankmandiri.co.id

Fungsi internet banking mandiri hampir sama dengan kelebihan layanan ini. Diantara fungsinya ialah bisa melakukan berbagai transaksi, dari mulai mengecek saldo, melakukan transfer dana, lihat mutasi rekening, melakukan pembelian pulsa, melakukan pembayaran tagihan listrik, tagihan TV kabel, air, asuransi, telepon, Internet, membeli tiket, dan juga setor uang deposito.

Namun untuk transaksi yang berkaitan dengan penyetoran dana ataupun pengambilan uang, kamu bisa menggunakan cara biasa melalui teller bank ataupun ATM serta memakai mesin CDM (cash deposit machine yang berfungsi untuk setor tunai dengan tanpa melalui teller bank).

Yang diuntungkan dalam hal ini tak hanya pihak nasabah saja. Melainkan juga pihak petugas bank karena internet banking akan memungkinkan layanan bank mengurangi biaya operasional. Dikarenakan jumlah nasabah yang berkunjung dibank tersebut hanya sedikit.

Dengan begitu, bank bisa menggunakan kantor berukuran lebih kecil dengan jumlah pegawai lebih sedikit. Sehingga bank juga bisa mengurangi dana sewa tempat serta gaji karyawan. Sementara pihak nasabah bisa memiliki banyak transaksi keuangan pada satu waktu sekaligus ataupun diatur jadwalnya.

Cara Aman Transaksi Via Layanan Mandiri Internet Banking

daftar internet bangking mandiri
bankmandiri.co.id

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan bertransaksi dengan mandiri internet banking, maka kamu harus tahu cara aman untuk bertransaksi. Khususnya cara aman transaksi via layanan mandiri internet banking yang harus kamu ketahui dibawah ini.

1. Hindari pemberian token pada siapa saja agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan

2. Pastikan kamu mengunjungi situs resmi bank mandiri

3. Pastikan juga jika ponsel yang digunakan tidak terkena virus

4. Bila ada email yang menyatakan rekening kamu diblokir ataupun lainnya, langsung laporkan pada pihak bank.

Selain itu, kamu juga harus selalu memakai Password/PIN Yang Kuat serta menggantinya secara berkala. Apalagi untuk akun yang didalamnya berisi uang dengan jumlah yang besar, kamu harus lebih hati hati lagi.

Selain itu, ada juga pihak bank yang mengharuskan nasabahnya membuat ID password dengan kombinasi huruf serta angka agar tidak mudah dibobol hacker menggunakan teknik enkripsi sekalipun. Itu sudah cukup mengamankan akun kamu.

Tapi jika kamu sampai lupa Password/PIN, sebaiknya kamu hubungi saja pihak bank dalam melakukan reset pasword. Bila memungkinkan kamu bisa mengunjungi kantor cabang terdekat. Bisa juga penggantian melalui call center karena beberapa bank telah menyediakan layanan selama 24 jam.

Tinggalkan komentar