Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan

Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan – Jurusan kuliah yang menjanjikan – bagi kamu yang bingung mau masuk perguruan tinggi memilih jurusan mana yang paling tepat, maka tidak ada salahnya jika kamu coba pilih jurusan kuliah yang menjanjikan dibawah ini. Ada beberapa pilihan jurusan yang bisa dipilih sesuai dengan bakat yang kamu miliki. Beberapa jurusan yang dimaksud adalah:

1. Jurusan Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Jurusan kuliah yang menjanjikan pertama ialah jurusan teknik perminyakan dan pertambangan. Akan tetapi di Indonesia Cuma ada beberapa kampus saja yang terdapat jurusan tersebut. Karena itulah peminat jurusan ini sangat banyak dengan peluang kerja yang sangat menjanjikan.

Bagi lulusan jurusan tersebut, ada perusahaan besar akan member kesempatan karir sangat luas. Gaji yang ditawarkan juga cukup besar. Untuk lulusan terbaru, akan mengantongi gaji sekitar belasan juta rupiah.

2. Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Jurusan kuliah yang menjanjikan selanjutnya ialah ilmu computer dan informatika. Beberapa perusahaan membutuhkan lulusan sarjana IT dari mulai Fasilkom, IF ataupun yang ekuivalen.

Untuk lulusan tersebut lapangan kerjanya sangat luas melihat perkembangan teknologi saat ini yang semakin maju tentu membutuhkan lulusan ilmu computer dan teknik informatika.

Prospek Kerja yang menanti jurusan tersebut adalah IT, Maintenance, dan Web Designer.

3. Jurusan Agribisnis atau Pertanian

Jurusan kuliah yang menjanjikan selanjutnya ialah jurusan agribisnis atau pertanian. Didalam mata kuliah ini, kamu akan mempelajari fungsi manajerial pengembangan agribisnis berdasarkan pemanfaatan SDM serta SDA yang terarah.

Lulusan sarjana ini nantinya ahli dalam sector perekonomian berbasis pertanian serta agribisnis. Mereka juga ahli dalam kebijakan pangan serta pertanian menggunakan pendekatan bisnis mikro ataupun makro yang terarah.

Prospek Karir lulusan sarjana agribisnis atau pertanian:

– Konsultan
– Departemen Keuangan (Bea Cukai, Pajak dan Anggaran)
– Lembaga Penelitian
– Departemen Pedagangan
– Badan Pusat Statistik (BPS)
– Wirausaha
– Bappeda
– Bappenas
– Departemen Koperasi
– Departemen Tenaga Kerja maupun Transmigrasi
– Departemen Pendidikan Nasional
– Bank Indonesia
– BUMN
– Perbankan (Bank pemerintah dan swasta)
– Departemen Kehutanan
– UKM
– Bulog

4. Jurusan Teknik Kimia

Jurusan Teknik kimia juga termasuk jurusan kuliah yang menjanjikan. Disini kamu akan mempelajari pengembangan dan teknologi kimia maupun fisika pada produksi, transportasi, transformasi, dan juga industri. Dengan gaji yang akan kamu terima sekitar 11 jutaan perbulan.

Jurusan teknik kimia mempelajari berbagai persoalan dalam bidang pemrosesan senyawa kimia dalam menghasilkan suatu proses dari mentah sampai jadi.

Lulusan teknik kimia juga memiliki prospek sangat bagus dan menjanjikan karena gaji yang akan diperoleh cukup tinggi. Kamu bisa bekerja di pabrik industry yang didalamnya memproses bahan kimia misalnya industri yang mengolah minyak bumi, kemudian industri gas, makanan dan industri obat-obatan.

Jurusan ini memang layak dijadikan sebagai jurusan favorit. Karena perkembangan industry makanan sekarang ini sangat pesat. Hal ini salah satu peluang yang menjanjikan bagi lulusan jurusan teknik kimia dimanapun berada. Gaji yang akan kamu terima dari perusahaan besar dimana kamu bekerja juga cukup tinggi.

Jika kamu termasuk lulusan jurusan teknik kimia, maka prospek kerja yang akan menantimu adalah di Chevron, Total, ConocoPhillips, Pertamina, Exxon Mobil, Star Energy, Nalco, Nestle, Petrogres, Unilever, Halliburtom, Tripatra, Vico, P&G, Pupuk Kaltim, Technip, dll.

Kampus yang memiliki jurusan Teknik Kimia ialah ITB, ITS, UI, UGM, Unilam, Unnes, Unriau, UPN, UNS, Unsri, Undip, USU, dan Unsyiah.

5. Jurusan Psikologi

Jika kamu salah satu pecinta jurusan psikologi, maka jangan berkecil hati karena memilih jurusan ini. Karena karir kamu kedepannya akan terbuka lebih luas karena hampir seluruh perusahaan membutuhkan tenaga dalam bidang ini. Khususnya perusahaan perusahaan yang berskala besar.

Tak hanya itu saja, gaji yang akan kamu kantongi sebagai lulusan ilmu psikologi juga cukup tinggi. Apalagi jika kamu mau membuka layanan konsultasi sendiri tentu akan sangat menjanjikan.

6. Jurusan Ilmu Komunikasi

Kamu juga bisa mengambil jurusan ilmu komunikasi untuk prospek kerja yang sangat menjanjikan. Desain Komunikasi Visual, arsitek dan Desain Interior sangat cocok untuk kamu yang suka dengan jurusan IPA. Apalagi jika kamu selalu dekat dengan dunia sains serta logika.

Prospek Kerja yang menanti lulusan ketiga jurusan diatas adalah Desainer Grafis, arsitek, dan Desainer Interior.

7. Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran sampai saat ini tetap menjadi jurusan paling dicari oleh banyak orang. Ada banyak kampus yang memiliki jurusan kedokteran ini sehingga kamu bisa memilih kampus mana yang kamu suka. Ada kampus negeri dan swasta yang bisa kamu jadikan pilihan.

Gaji seorang dokter juga sangat tinggi misalnya bila berkarir di rumah sakit swasta gajinya bisa mencapai puluhan juta perbulannya.

Akan tetapi gaji dokter juga bisa lebih tinggi lagi jika kamu menjadi seorang dokter spesialis dalam bidang tertentu. Dengan jurusan itu, kamu juga bisa membuka klinik sendiri untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

8. Jurusan Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil juga bisa kamu jadikan sebagai jurusan yang bisa dipertimbangkan. Karena prospek jurusan ini cukup bagus kedepannya. Kemampuan yang diperoleh seperti merancang pembangunan infrastruktur misalnya jembatan, jalan, maupun lainya, penghasilan yang akan kamu dapatkan juga relatif tinggi.

Beberapa pekerjaan yang sesuai untuk lulusan teknik sipil diantaranya:

1. Pegawai Negeri Sipil

Lulusan teknik sipil dibutuhkan oleh pemerintahan khususnya kementrian pekerjaan umum ( kementrian yang akan mengurus berbagai persoalan yang berhubungan dengan pembangunan fasilitas maupun infrastruktur negara).

Selain itu, lulusan tersebut juga bisa bekerja di badan-badan pemerintah diantaranya Badan Perencanaan Daerah, Dinas Tata Kota, Badan Perencanaan Nasional, Departemen SDM, PMU-Bina Marga, dan Pertamanan setiap kota.

2. Badan Usaha Milik Negara

Prospek kerja selanjutnya untuk lulusan teknik sipil adalah bekerja di BUMNI yakni di Hutama Karya (jembatan dan jalan), Waskita Karya (gedung dan bangunan), dan juga Cipta Karya (perencanaan).

3. Badan Keuangan / Bank

Lulusan teknik sipil ternyatajuga bisa bekerja di badan keuangan. Karena lulusan teknik sipil mampu menganalisa visibilitas proyek yang nantinya dikerjakan menggunakan peminjaman dana contohnya pembangunan sarana prasarana pada gedung.

4. Menjadi Kontraktor

Peluang yang sangat besar bagi lulusan teknik sipil selanjutnya ialah menjadi kontraktor proyek pembangunan insfrastruktur.

9. Jurusan Matematika dan IPA (MIPA)

Jika kamu suka ilmu matematika dan IPA, maka jurusan yang paling cocok untuk kuliah kamu adalah jurusan MIPA. Jurusan ini ternyata prospek kedepanya juga sangat bagus dan lapangan pekerjaanya juga sangat luas.

Prospek Kerja jika kamu adalah lulusan jurusan MIPA adalah menjadi Staff ataupun Tim Lapangan Pertambangan & Perminyakan. Gaji yang akan kamu dapatkan jika kamu bekerja disini adalah sekitar belasan jutaan rupiah.

10. Jurusan Farmasi

Jurusan farmasi sangat cocok bagi kamu yang suka dengan dunia kesehatan. Apalagi waktu SMA jurusan yang kamu ambil adalah jurusan IPA. Nantinya lulusan farmasi akan bekerja di laboratorium kesehatan ataupun di rumah sakit.

Prospek Kerja untuk lulusan jurusan farmasi adalah menjadi Suster, perawat, Ahli Farmasi, dan Staff Kesehatan.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan yang bisa kamu pilih sesuai dengan bakat yang kamu miliki. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.