45+ Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Menarik dan Laku di Pasaran

Kerajinan Tangan – Berbicara mengenai kerajinan tangan tentu saja telah banyak ditemui diberbagai tempat. Ketika kamu ingin memiliki kerajinan tangan pun bisa tinggal pesan pada yang ahli membuatnya. Yang menjual barang seperti ini pun tidak sedikit. selain itu, bagi kamu yang berminat membuatnya sendiri juga bisa terwujud.

Sebenarnya membuat kerajinan tangan ini tidak rumit. Bahkan beberapa kerajinan tangan simpel bisa dikreasikan dari berbagai bahan bekas. Beberapa bahan yang bisa digunakan ini diantaranya seprei kardus maupun botol bekas.

Kamu tertarik dengan kerajinan tangan seperti ini? nah, berikut ini merupakan ulasan lebih lanjut mengenai kerajinan tangan khususnya yang berasal dari barang bekas.

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas
yesilist.com

Seringkali botol bekas memang diabaikan dan terbuang sia-sia. Padahal jumlah botol bekas ini sangat banyak, terutama untuk botol bekas sisa minuman. Bila kamu memang gemar membeli minuman dalam kemasan botol plastik sebaiknya botol-botol sisa minuman kamu dikumpulkan dan dimanfaatkan.

Salah satu pemanfaatan dari kumpulan botol bekas ini bisa dibuat sebagai kerajinan tangan. Bahkan banyak sekali kerajinan tangan yang bisa dihasilkan termasuk barang-barang bermanfaat seperti lampu, vas, bunga dan lain sebagainya.

Lampu Dari Botol Bekas

kerajinan tangan Lampu Dari Botol Bekas
thecssblog.com

Dari botol bekas, kamu bisa mulai berkreasi dengan membuat sebuah lampu. Bahan-bahan yang kamu perlukan pun tidak sulit dan hanya sedikit, diantaranya hanya seperti lampu kecil, kabel listrik, botol plastik bekas yang sudah bersih serta beberapa alat pendukung lain seperti lem dan gunting. Kamu bisa juga menggunakan car semprot jika ingin mewarnainya.

Untuk cara membuat lampu dari botol bekas ini, tidak rumit bahkan tidak memakan waktu lama. Kamu hanya perlu memotong bagian bawah, kemudian melubangi bagian tutup maupun potongan bagian bawah botol tadi. Selanjutnya keduanya direkatkan dan lubang tersebut digunakan sebagai jalan kabel listrik.

Dalam perekatan tutup botol dan bagian bawahnya tersebut kamu bisa menggunakan lem. Bila ingin mewarnainya maka tinggal disemprot cat saja.

Namun dalam hal ini untuk pemasangan lampu maupun kabel silahkan menunggu catnya kering terlebih dahulu. Kamu juga bisa menambahkan hiasan untuk memperindah hasilnya.

Bunga Dari Botol Bekas

Bunga Dari Botol Bekas
welcometreeoflife.net

Masih dari bahan yang sama,jenis kerajinan tangan berupa bunga yang memang banyak dijual di luar sana juga bisa dibuat sendiri dengan mudah. Bahkan bunga dari tutup botol ini bisa menjadi sangat indah jika diwarna dan dibuat dengan kreativitas yang tinggi.

Apalagi jika kamu pintar mencari peluang, bunga dari botol bekas yang memiliki nilai jual tinggi bisa menjadi peluang bisnis.

Dalam pembuatan bunga tersebut, kamu hanya akan memerlukan tali, botol dan beberapa alat lain. Disamping itu untuk pewarnaan kamu bisa juga tidak peru menggunakan cat karena spidol saja sudah cukup.

Untuk bentuk bunga bisa sesuaikan dengan kreativitas kamu. Yang penting usahakan botolnya bersih. Dari sini nanti semakin indah hasilnya, harga jualnya pun juga semakin tinggi.

Kerajinan Tangan Dari Tutup Botol Bekas

Kerajinan Tangan Dari Tutup Botol Bekas
kabukabu.me

Jangan disangka bahwa hanya botol plastik yang bisa dibuat menjadi beragam bentuk. Bahkan sekedar tutup botol dalam jumlah cukup banyak juga bisa dikreasikan sebagai kerajinan tangan dengan bentuk yang cukup indah dan banyak diminati masyarakat.

Jika membicarakan pemasaran, berbagai kerajinan tangan dari tutup botol juga laku dipasaran.

Dalam hal pengumpulan bahan, bahkan untuk tempat penyimpanan, tutup botol memiliki tempat penyimpanan yang lebih hemat dari pada botolnya sendiri.

Mengenai dimana bisa mendapatkannya, itu mudah karena memang kamu bisa mendapatkannya diberbagai tempat bahkan dari air minum kemasan kamu sendiri.

Tentu saja menggunakan tutup botol sebagai bahan kerajinan tangan akan cukup menguntungkan. Bahkan banyak sekali yang bisa kamu hasilkan dari bahan ini jika kamu bisa berkreasi sebaik mungkin. Kreativitas ini bisa juga membuka peluang kamu untuk mendapatkan usaha baru.

Kalender Dari Tutup Botol Bekas

Kalender Dari Tutup Botol Bekas
etsy.com

Dari berbagai kerajinan yang bisa dihasilkan yang cukup kreatif, bermanfaat dan unik adalah kalender. Ternyata untuk menyambut tahun baru kamu juga tak perlu mengeluarkan duit untuk membeli kalender baru dan membuatnya dengan tangan kreatif kamu. Kalender yang cukup dibuat untuk satu bulan ini, bisa diubah-ubah setiap bulannya.

Pertama kamu banyak perlu mewarnai seluruh tutup botol, memberinya angka, menuliskan hari maupun bulan. Selanjutnya kamu tinggal menempelkannya. Namun jangan menggunakan lem, agar bisa terus digunakan, gunakan magnet untuk menempelkan tutup botol.

Setiap baris kalendernya nanti akan ditempel pada stik es krim. Sedangkan sebagai alasnya sendiri hanya membutuhkan tutup kaleng biskuit yang berbentuk persegi panjang dicat hitam.

Jika sudah ditempel maka pada bagian muka akan ditutup dengan kaleng tabung bekas dengan warna sesuai selera dan jadilah kalender.

Bunga Dari Tutup Botol Bekas

Bunga Dari Tutup Botol Bekas
nostalgiedakar.com

Membuat bunga sebagai kerajinan tangan, tidak hanya bisa dihasilkan dari botol bekas saja. ternyata dengan menggunakan tutup botol dalam jumlah yang cukup kamu bisa juga membuat bunga. Untuk memperindah kesan bunga, kamu bisa menggunakan cat sesuai selera kamu.

Bentuk bunga yang bisa kamu hasilkan sendiri sangat beragam. Kamu bisa memulai sesuai dengan kreativitas kamu. Bila kamu bisa menghasilkan kerajinan indah berkualitas, pasti harga jualnya tinggi. Selain itu kegiatan ini bisa mengasah keterampilan kamu.

Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas

Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas

Tidak hanya botol bekas, disini kardus bekas juga bisa menghasilkan banyak kerajinan tangan yang tak kalah bermanfaat. Bahkan lebih banyak lagi kreasi yang bisa kamu buat dengan menggunakan bahna kardus ini.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa yang berasal dari botol akan lebih tahan lama mengingat kardus bersifat tidak tahan air dan botol memang lebih kuat.

Sekedar saran, jika kamu membuat berbagai kerajinan dari kardus, sebaiknya pilihlah kardus yang sifatnya kaku sehingga tidak mudah rusak. Apalagi jika hasil kardus tersebut nantinya berurusan dengan barang-barang elektronik.

Agar tetap aman, usahakan untuk menerapkan saran ini karena jika tidak tahan beban maka akan menimbulkan kerusakan terhadap barang kamu.

Lampu Belajar Dari Kardus Bekas

Lampu Belajar Dari Kardus Bekas
fab.cba.mit.edu

Jika dibayangkan sekilas, memiliki lampu belajar dari kardus tentu saja akan sangat menarik. Dengan mengaplikasikan kardus pada lampu belajar, lampu kamu akan semakin unik lagi.
Bahkan bentuk dan wujud aslinya bisa tersamarkan. Hal ini juga bisa menambah semangat belajar kamu tentunya.

Yang sangat disayangkan disini sebenarnya adalah, membuat lampu belajar dari kardus ini cukup rumit. Namun jangan khawatir karena ternyata kamu bisa membelinya secara langsung. saat ini sudah cukup banyak yang menjual lampu belajar sebagai hasil kerajinan tangan dari kardus ini dimana-mana.

Laptop Stand Dari Kardus Bekas

Laptop Stand Dari Kardus Bekas
musicradar.com

Bagi kamu yang setiap hari cukup bersahabat dengan laptop, sudah tidak asing lagi jika laptop kamu sering memanas. Untuk itu kamu sangat membutuhkan yang namanya laptop stand sehingga barang berharga kamu ini akan tetap sehat.

Bila kamu ingin laptop stand yang unik sebenarnya kamu bisa membuatnya dari kardus bekas.

Membuat laptop stand dari kardus bekas akan semakin menghemat pengeluaran dan cara pembuatannya pun simpel. Kamu hanya memerlukan beberapa alat saja.

Lalu tinggal membuat pola sesuai ukuran laptop kamu, gunting polanya dan rekatkan antar bagian dengan lem. Yang penting, kamu harus pastikan bahwa laptop stand tersebut kuat menahan beban laptop kamu.

Rumah Dari Kardus Bekas

kerajinan tangan Rumah Dari Kardus Bekas
twuzzer.com

Membuat miniatur rumah dari kardus bekas tentu saja tidak asing lagi. Bahkan untuk pembuatannya pun akan cukup mudah. Dalam hal ini sebelumnya pastikan dulu bahwa kamu memilih bahan kardus yang masih benar-benar baik. dengan begitu hasil kerajinan tangan tersebut akan maksimal.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan pun tidak banyak. Dalam pembuatannya, bisa kamu mulai dengan membuat skema rumahnya terlebih dahulu. Kemudian buat bagiannya masing-masing seperti dinding, pintu, jendela, atap dan sebagainya secara terpisah lalu sambungkan zmenjadi satu.

Nah, miniatur kamu tentu akan terlihat indah jika skema awalnya juga tepat. Selain itu bisa didukung pula dengan pemberian warna dan sebagainya. Sebenarnya jika kamu ahli dan bisa menyamarkan bahan kardus dengan baik, kerajinan tangan berupa miniatur rumah ini bisa memiliki harga jual tinggi.

Jam Dinding Dari Kardus Bekas

Jam Dinding Dari Kardus Bekas
youtube.com

Barang bermanfaat lain yang juga bisa dihasilkan dari kardus bekas adalah jam dinding. Jam dinding dari kardus ini akan terlihat sangat unik. sangat mudah membuatnya. Yang penting kamu siapkan dulu bahan-bahannya termasuk mesin jam.

Untuk pembuatannya, kamu hanya perlu memotong kardus sesuai ukuran yang diinginkan. Kemudian silahkan untuk menggambar angka yang rapi dengan hiasan yang menarik. Bila semuanya sudah siap, kamu hanya tinggal memasang mesin jam yang telah kamu siapkan dan jam siap digunakan.

Demikianlah ulasan mengenai kerajinan tangan khususnya yang terbuat dari bahan bekas. Memiliki kerajinan tangan seperti ini tentu saja cukup menarik. Apalagi jika kamu memang bisa membuat dengan nilai kreativitas tinggi, selain untuk mengisi waktu luang, membuat barang seperti ini akan cukup menguntungkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan komentar