Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi dan Syarat-Syaratnya

Pengertian komunikasi – Berbicara adalah suatu bentuk dari komunikasi dalam sehari–hari yang selalu dilakukan seseorang dengan orang lain.

Walaupun berkomunikasi ini sudah menjadi suatu bentuk interaksi sehari–hari, masih banyak yang belum mengerti pengertian komunikasi itu sendiri, apa saja tujuan dari komunikasi, serta bagaimana cara berkomunikasi dengan baik.

Bentuk komunikasi bukan hanya berbicara akan tetapi menggunakan bahasa isyarat juga termasuk komunikasi.

Karena komunikasi ini merupakan bagian yang tidak bisa lepas dari kehidupan seseorang, maka memahami hal-hal terkait komunikasi juga jadi penting.

Pengertian komunikasi secara umum

Pengertian komunikasi secara umum
ediginting.com

Pengertian komunikasi secara umum adalah suatu proses mengirim dan menerima pesan atau sebuah informasi diantara individu dengan individu lain, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok secara efektif sehingga apa yang disampaikan bisa diterima dengan mudah.

Dalam bahasa inggris istilah komunikasi ini dikenal dengan communication, yang memiliki arti sama, yaitu suatu proses mengirim dan menerima pesan atau informasi dari seseorang atau lebih agar pesan yang disampaikan bisa dipahami.

Pengertian komunikasi menurut para ahli

Pengertian komunikasi menurut para ahli
economica.id

Komunikasi bukan hanya sekedar diartikan secara umum. Akan tetapi, juga diartikan oleh beberapa ahli. Berikut ini adalah ulasannya.

Menurut James A.F Stoner, menurutnya komunikasi adalah suatu proses yang mana orang berusaha memberi tahu dengan cara memindahkan pesan.

Menurut Prof. Drs. H.A.W. Widjaya, menurutnya komunikasi adalah suatu hubungan kontak diantara manusia baik secara individu ataupun kelompok.

Menurut William F. Glueck, menurutnya komunikasi terbagi dalam dua macam, yaitu Interpersonal Communications dan Organization Communications.

Maksud Interpersonal Communication adalah suatu bentuk komunikasi antar individu yang melakukan penukaran suatu informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih dari itu dalam suatu kelompok yang kecil.

Sedang Organization Communications adalah suatu proses dimana pembicara memberikan informasi secara sistematis dan memindahkan pemahaman kepada banyak orang dalam suatu organisasi dan kepada individu – individu dan instansi – instansi di luar yang masih memiliki hubungan.

Macam Macam Komunikasi

Macam Macam Komunikasi
mashable.com

Komunikasi adalah bentuk pengiriman pesan yang bisa melalui berbagai macam bentuk cara penyampaian. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini kita kelompokkan macam macam komunikasi berdasarkan jenisnya beserta penjelasan singkatnya.

1. Komunikasi berdasarkan pada cara penyampaian

σ Komunikasi dalam bentuk verbal, yaitu komunikasi yang menggunakan lisan dengan berbicara. Komunikasi ini biasanya dilakukan secara face to face langsung tanpa ada suatu penghalang. Akan tetapi komunikasi ini bisa juga melalui media seperti telepon

σ Komunikasi dalam bentuk nonverbal, yaitu komunikasi secara tertulis. Komunikasi yang satu ini berbentuk pesan dalam tulisan, gambar ataupun foto untuk menyampaikan sebuah informasi.

2. Komunikasi yang dibedakan berdasarkan perilaku

σ Komunikasi formal, yaitu komunikasi dalam lingkup organisasi atau instansi yang sudah tersusun secara sistematis dan diatur sedemikian rupa dalam struktur organisasi.

σ Komunikasi informal, yaitu komunikasi yang terjadi atau berlangsung dalam lingkup instansi atau organisasi yang tidak diatur dalam struktur organisasi.

σ Komunikasi nonformal, yaitu perpaduan antara komunikasi formal dan komunikasi informal yang mempunyai tujuan sama untuk sebuah pekerjaan dalam organisasi atau instansi.

3. Komunikasi berdasarkan tujuan dari komunikasi

σ Berdasarkan tujuannya komunikasi diwujudkan dalam bentuk pidato, pemberi ceramah, pemberi prasaran, wawancara dan pemberi perintah atau tugas.

4. Komunikasi berdasarkan ruang lingkup

σ Komunikasi internal, yaitu komunikasi dalam cakupan organisasi atau instansi antar anggota saja. Komunikasi ini dibedakan menjadi 3, yaitu: Pertama: Komunikasi vertical, yaitu komunikasi dari bos kepada anak buah. Kedua:

σ Komunikasi horizontal, yaitu komunikasi antar anggota saja. Ketiga: Komunikasi diagonal, yakni komunikasi kepada orang yang tidak memiliki kedudukan dalam sebuah organisasi atau instansi.

σ Komunikasi eksternal, yaitu komunikasi antar pihak dalam organisasi atau instansi dengan masyarakat diluar organisasi atau instansi.

5. Komunikasi berdasarkan pada aliran informasi

σ Komunikasi satu arah, yaitu komunikasi dari satu orang saja

σ Komunikasi dua arah, yaitu komunikasi yang ada timbal balik atau respon di dalamnya, dimana saling beradu memberikan respon.

σ Komunikasi ke atas, yaitu komunikasi dari anak buah kepada bos

σ Komunikasi ke bawah, yaitu komunikasi dari bos kepada anak buah

σ Komunikasi kesamping, yaitu komunikasi antara orang yang memiliki kedudukan yang sama

6. Komunikasi berdasarkan jaringan kerja

σ Komunikasi jaringan kerja rantai, yaitu komunikasi dalam suatu komando dalam pola yang formal.

σ Komunikasi jaringan kerja lingkaran, yaitu komunikasi yang terjadi secara melingkar.

σ Komunikasi jaringan bintang, yaitu komunikasi yang memiliki satu pusat.

7. Komunikasi berdasarkan peranan individu

σ Komunikasi antara individu dengan individu, komunikasi bisa dalam konteks formal ataupun non formal.

σ Komunikasi antara individu dengan lingkungan yang jangkauannya lebih luas, yaitu komunikasi dari individu yang berkemampuan tinggi.

σ Komunikasi antara individu dengan kelompok – kelompok, individu memiliki peran sebagai perantara dari masing – masing kelompok.

Komunikasi berdasarkan jumlah orang yang melakukan komunikasi

σ Komunikasi perseorangan, yaitu komunikasi secara individual atau antara individu dengan individu yang bersifat pribadi.

σ Komunikasi kelompok, yaitu komunikasi dalam sekelompok yang membahas tentang kepentingan bersama.

Baca juga: Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Fungsi Komunikasi

komunikasi

Komunikasi adalah suatu bentuk yang tak pernah bisa dipisahkan dalam kehidupan bermasyarakat. Komunikasi juga memiliki peranan dan fungsi yang sangat vital dalam kehidupan bermasyarakat. Berikut ini adalah fungsi dari komunikasi yang harus kamu ketahui.

Komunikasi sebagai sumber informasi, yaitu komunikasi yang dilakukan bermaksud untuk memberi tahu atau menyampaikan sesuatu mengenai sebuah kejadian atau hal hal tertentu.

Komunikasi sebagai kendali, yaitu komunikasi yang dilakukan untuk maksud mengendalikan perilaku seseorang mengenai suatu aturan yang berlaku di dalamnya.

Komunikasi sebagai motivasi, yaitu komunikasi sebagai bentuk penyemangat untuk memotivasi seseorang.

Komunikasi sebagai wujud pengungkapan emosional, yaitu komunikasi dalam bentuk pengungkapan perasaan, baik sedih ataupun gembira, suka ataupun tidak suka, dan lainnya.

Tujuan Komunikasi

Tujuan Komunikasi
nytimes.com

Selain mengetahui fungsi dari komunikasi, kamu juga harus mengetahui tujuan dari komunikasi. Berikut ini tujuan komunikasi.

σ Agar apa yang perlu disampaikan dapat dipahami dan dimengerti sesuai dengan yang diharapkan

σ Agar bisa saling memahami satu sama lain

σ Agar bisa menerima dan diterima pendapat atau argument yang disampaikan

σ Agar seseorang tergerak dalam melakukan sesuatu, seperti bentuk memberikan perintah

Syarat Syarat Komunikasi

Syarat Syarat Komunikasi
hollywoodreporter.com

Dalam berkomunikasi tentunya juga ada persyaratan – persyaratannya. Berikut ini adalah syarat komunikasi.

σ Adanya sumber, sumber adalah suatu dasar dari penyampaian sebuah informasi.

σ Adanya komunikator, komunikator adalah orang yang menyampaikan informasi, baik secara verbal maupun non verbal.

σ Adanya pesan, pesan adalah seluruh isi dari apa yang disampaikan dari komunikator.

σ Adanya saluran, sambungan yang digunakan untuk menyampaikan pesan.

σ Adanya komunikan, adalah orang yang menerima pesan.

σ Adanya effect, effect adalah sebuah hasil dari suatu komunikasi.

Model Model Komunikasi

Model Model Komunikasi
cea.gov.sg

Ada 3 jenis model komunikasi, yaitu:

σ Model komunikasi linear, yaitu komunikasi satu arah. Maksudnya yaitu komunikasi dari satu pihak ke pihak yang lain.

σ Model komunikasi transaksional, yaitu komunikasi yang berlangsung lama, secara terus menerus.

σ Model komunikasi interaksi, yaitu dimana individu menggunakan suatu symbol untuk menggambarkan suatu makna yang akan disampaikan.

Unsur Unsur Komunikasi

Unsur Unsur Komunikasi
redalertpolitics.com

Berikut ini adalah beberapa unsur dari komunikasi:

σ Komunikator, yaitu orang yang menyampaikan informasi atau pesan

σ Pesan, yaitu segala ide atau informasi yang disampaikan kepada seseorang. Pesan ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu pesan informative, pesan persuasive dan juga pesan koersif.

σ Media komunikasi, yaitu suatu sarana atau alat yang digunakan dalam penyampaian sebuah informasi. Media komunikasi dibedakan menjadi dua yaitu, media personal dan media masa.

σ Komunikan, yaitu orang yang menerima pesan.

σ Feedback atau umpan balik, yaitu suatu bentuk respon dari penerima informasi kepada pemberi komunikasi.

Bagi kamu yang masih belum begitu paham arti dari komunikasi, kamu bisa mempelajarinya secara lebih mendalam mengenai apa sih sebenarnya komunikasi itu, apa fungsi dan tujuannya dan apa saja syarat serta unsur yang harus dipenuhi dalam berkomunikasi.

Demikianlah ulasan sedikit mengenai komunikasi, komunikasi adalah salah satu cara berinteraksi dalam kehidupan sehari hari yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita.

Dengan berkomunikasi maka kamu dapat memberi dan juga menerima sebuah informasi, ide, berita, masukan atau tanggapan mengenai suatu hal yang ada disekitar.

Komunikasi ini bisa disampaikan secara lisan ataupun tulisan. Hal ini tergantung pada komunikan yang memberi komunikasi yang ingin menyampaikan suatu hal dengan cara yang diinginkan.

Nah, cukup sekian pembahasan mengenai komunikasi, semoga apa yang dijelaskan di atas dapat bermanfaat untuk kamu. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.