Jenjang Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian pendidikan – Siapapun kamu pasti ingin mendapatkan pendidikan yang tinggi sampai sarjana. Berbagai cara kamu lakukan agar dapat bersekolah sampai tingkat tinggi untuk memperoleh kesuksesan dalam pekerjaan dan juga hidup kamu. Dengan banyaknya program beasiswa bagi yang tidak mampu hingga bagi yang berprestasi.

Sebelum itu, tahukah kamu apa arti dari pendidikan itu sendiri. Apa manfaat dan tujuan pendidikan, jenis pendidikan dan bagaimana kamu mengimplementasikan pendidikan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut pembahasan tentang pendidikan.

Pengertian Pendidikan Secara Umum

pengertian pendidikan
europeanschooluxembourg2.eu

Dalam bahasa Indonesia pendidikan berasal dari kata didik yang mendapat awalan pe- dan akhiran –an. Dalam bahasa Yunani, pendidikan berasal dari kata paid yang artinya anak dan agogos yang artinya membimbing, yang kemudian menjadi pedagogi yang mempunyai arti ilmu dan seni dalam membimbing anak.

Dalam undang-undang Indonesia No 2 tahun 1989 pasal 1 disebutkan bahwa pendidikan ialah usaha untuk menyiapkan peserta didik secara sadar melalui kegiatan pengajaran, bimbingan dan atau latihan untuk masa depan yang cerah dan lebih baik.

Kesimpulan berdasarkan undang-undang tersebut bahwa pendidikan ialah usaha sadar untuk mewujudkan proses pembelajaran kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri peserta didik yang bisa digunakan nantinya dalam keterampilan kehidupan bermasyarakat, seperti spiritual keagamaan, kecerdasan, akhlak mulia juga pengendalian sifat emosional dan pengendalian diri sendiri.

Dalam perkembangannya sekarang pendidikan adalah segala usaha orang dewasa bahkan juga kelompok untuk mempengaruhi atau membimbing anak-anak menuju ke arah kedewasaan berdasarkan perkembangan kebutuhan jasmani dan rohani yang seimbang.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
dosenmuslim.com

Pendidikan tidak hanya diartikan secara umum saja tetapi banyak para pakar dan juga para ahli pendidikan yang mengartikan pendidikan sesuai dengan pandangan mereka.

Meskipun berbeda tetapi tetap memiliki kesamaan dalam mencapai tujuan pendidikan. Berikut pengertian pendidikan menurut beberapa para ahli.

Menurut Prof. Zaharai Idris, M.A. yang mengatakan bahwa pendidikan adalah serangkaian kegiatan berkomunikasi antara manusia dewasa dengan anak didik secara langsung atau bertatap muka dengan menggunakan media dalam rangka memberikan bantuan terhadap perkembangan anak seutuhnya.

Ada Prof. Dr. M.J Langeveld yang menyebutkan bahwa pendidikan adalah pemberian bimbingan dan arahan rohani bagi siapa saja yang masih membutuhkan.

Ahmad D. Marimba mengatakan bahwa pendidikan itu adalah bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani terdidik untuk menuju terbentuknya kepribadian diri yang baik dan mandiri.

John Dewey mengatakan bahwa pendidikan adalah suatu proses pembentukan kemampuan yang fundamental ke arah alam dan sesama manusia secara intelektual dan emosional.

K.H. Dewantara yang merupakan bapak pendidikan menyebutkan pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan perkembangan budi pekerti (kekuatan batin), pikiran (intelek) dan jasmani anak

Baca Juga: Pengertian budaya menurut para ahli

Fungsi pendidikan

pengertian pendidikan dan Fungsinya

Adapun fungsi dari pendidikan adalah sebagai berikut. Salah satunya fungsi pendidikan menurut Horton dan Hunt…

1. Untuk mencari nafkah

2. Untuk pengembangan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan masyarakat

3. Untuk pelestarian kebudayaan

4. Untuk penanaman keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi

Menurut david popenoe yaitu transmisi pemindahan kebudayaan, memilih dan mengajarkan peranan sosial, menjamin integritas corak kepribadian sumber inovasi sosial

Baca juga: Pesantren terbaik

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan ada dua pengertian yaitu tujuan pendidikan secara umum dan juga secara khusus. Tujuan secara khusus diklasifikasikan menjadi empat tujuan yaitu sebagai berikut.

Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan pendidikan nasional ini berdasarkan nilai-nilai pancasila dan juga undang-undang, yang isinya bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi dan membentuk watak manusia agar menjadi manusia yang beriman, berakhlak mulia, berilmu dan kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab sebagai warga negara yang baik dan disiplin.

Tujuan yang Institusional

Tujuan institusional ini lebih mengarah kepada setiap lembaga pendidikan untuk memperoleh tujuan umum dalam bentuk kompetensi lulusan setiap siswanya di setiap jenjang pendidikan.

Secara keseluruhan bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, memiliki pengetahuan, berkepribadian baik, berakhlak mulia, terampil dan mandiri, dan sikap untuk menemukan dan mengembangkan pengetahuan yang baru, serta menerapkan ilmu dan teknologi bagi kemanusiaan.

Tujuan Kurikuler

Tujuan kurikuler adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap bidang studi atau mata pelajaran. Tujuan kurikuler pada dasarnya merupakan tujuan antara untuk mencapai tujuan lembaga pendidikan. Maka dari itu, tujuan kurikuler harus bisa memberikan dukungan dan arahan untuk mencapai tujuan selanjutnya.

Tujuan Pembelajaran atau Tujuan Instruksional

Tujuan ini adalah satu kesatuan dengan tujuan kurikuler, tujuan ini adalah suatu pemahaman anak didik dalam mempelajari suatu mata pelajaran dalam sekali pertemuan tatap muka belajar mengajar.

Jenis Jenis Pendidikan

Jenis Jenis Pendidikan
dmproperties.com

Pendidikan adalah suatu upaya untuk mencerdaskan anak bangsa. Pendidikan ini terbagi dalam beberapa jenis. Berikut ini jenis pendidikan berdasarkan jalurnya.

Pendidikan formal

Pendidikan formal ini terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Pendidikan dasar adalah suatu jenjang yang menjadi landasan pendidikan selanjutnya, yaitu pendidikan menengah.

Dengan ketentuan warga Negara Indonesia yang berusia tujuh tahun sampai lima belas tahun harus menjalankan pendidikan ini. Dari pemerintahan Indonesia sudah ada kewajiban untuk wajib belajar sembilan tahun untuk pendidikan dasar bebas biaya apapun.

Pendidikan dasar ini berupa sekolah dasar ( SD / MI ), sekolah Menengah ( SMP / Mts). Selanjutnya adalah pendidikan menengah, lanjutan dari sembilan tahun wajib belajar.

Ada dua pembagian pendidikan pada jenjang menengah yaitu pendidikan menengah umum dan pendidikan kejuruan. Yang berbentuk pendidikan Sekolah Menengah Atas ( SMA / MA / SMK / MAK ).

Selanjutnya pendidikan tinggi, pendidikan ini adalah lanjutan dari pendidikan menengah yang berupa jenjang pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis sampai doctor.

Pendidikan nonformal

Pendidikan nonformal ini didirikan untuk masyarakat yang membutuhkan pendidikan tambahan, sebagai penambah wawasan ilmu maupun keterampilan. Pendidikan ini biasanya diadakan di balai pelatihan atau tempat kursus.

Pendidikan informal

Pendidikan informal adalah pendidikan yang dijalankan dalam lingkungan keluarga. Seorang anak akan dididik langsung oleh orang tuanya atau keluargannya.

Baca juga: Contoh daftar riwayat hidup

Jenjang Pendidikan

Jenjang Pendidikan
essaywow.com

Apa sih jenjang pendidikan itu? Jenjang pendidikan yaitu suatu tahap pendidikan dimana telah ditetapkan sesuai dengan tingkat pengembangan, tujuan dan kemampuan anak didik.

Di Indonesia sendiri jenjang pendidikan terdiri dari tiga tingkatan, yaitu pendidikan tingkat dasar, pendidikan tingkat menengah dan pendidikan tinggi. Selain itu ada beberapa jenjang pendidikan secara menyeluruh. Berikut ini penjelasannya.

Pendidikan Untuk Anak Usia Dini

Pendidikan ini lebih dikenal dengan pendidikan PAUD, yaitu suatu pembelajaran yang dikhususkan untuk anak yang masih kecil sampai batas usia enam tahun.

Pembelajaran yang memberi rangsangan untuk membantu tumbuh kembang secara jasmaniah maupun rohaniah sebagai persiapan masuk pendidikan selanjutnya.

Pendidikan untuk anak usia dini ini lebih berfokus pada kecerdasan, bahasa, komunikasi dan juga kecerdasan secara emosional

Tujuan dari pendidikan tingkat dini ini adalah untuk meningkatkan kualitas dari anak Indonesia dengan mengoptimalkan tumbuh kembangnya sejak kecil dan untuk menyiapkan mental anak melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya.

Pendidikan Jalur Formal

Masih seputar anak – anak, kelanjutan dari pendidikan usia dini adalah dengan masuk ke pendidikan formal, yaitu taman kanak – kanak yaitu TK / RA.

Pendidikan Jalur Non Formal

Pendidikan ini bisa berupa kelompok bermain, penitipan anak atau sejenisnya. Untuk jenjang usianya berbatas sampai usia 12 tahun saja.

Pendidikan jalur informal

Pendidikan ini adalah suatu bentuk pendidikan dalam lingkungan keluarga. Dimana orang tua memberikan pengajaran secara mandiri kepada anaknya.

Pendidikan dasar

Pendidikan ini adalah awal masuk pendidikan wajib belajar Sembilan tahun yang gencar di umumkan oleh pemerintah. Yakni tingkah sekolah dasar dan sekolah menengah atas.

Pada masa ini pendidikan sudah mulai terbagi dalam beberapa mata pelajaran. Serta terdapat ujian di akhir penyelesaian jenjangnya.

Pendidikan menengah

Pendidikan ini adalah jenjang pendidikan selanjutnya, yang terdiri dari pendidikan menengah atas dan kejuruan. Pendidikan ini masih sama dengan pendidikan sebelumnya, yaitu dalam bentuk lembaga sekolah. Berbentuk sekolah menengah atas ( SMA / MA / SMK / MAK sederajat )

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai pendidikan. Sejatinya pendidikan adalah suatu proses belajar secara terus menerus tanpa henti, entah itu dalam lembaga atau non lembaga. Belajar bukan hanya di bangku sekolah tapi juga di lingkungan sekitar kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan terima kasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.