37+ Pesawat Tempur Tercanggih, Anti Radar, dan Tanpa Awak

Pesawat Tempur – Pesawat tempur merupakan pesawat dari sayap militer yang didesain khusus untuk menyerang dan menjatuhkan pesawat yang lain ketika di udara. Pada zaman modern ini, pesawat tempur merupakan bagian terpenting dalam peperangan.

Berbeda dengan pesawat pengebom, pesawat tempur berbentuk lebih kecil, cepat, dan lincah. Pesawat tempur pada awalnya dibuat pada Perang Dunia I untuk menghadapi pesawat pengebom di atas.

Selain pesawat pengebom, pesawat tempur biasanya digunakan untuk serangan ke darat atau pengintaian. Pengintaian dan penyerangan dengan pesawat tempur sangat efektif, karena dari udara bisa dengan mudah menentukan target pengeboman.

Seiring dengan teknologi yang semakin maju, pesawat tempur terus mengalami peningkatan pada berbagai segi. Mulai dari kecepatan, model yang semakin fleksibel, sampai pada pesawat tempur nati rudal.

Pesawat Termpur Tercepat Di Dunia

Pesawat tempur tercepat di dunia
walldevil.com

Pesawat tempur yang biasa dibekali dengan persenjataan canggih nan berbahaya seperti peluru kendali, lebih ditakuti lawan ketika memiliki kecepatan tinggi. Pada saat negara negara maju terus berupaya menciptakan pesawat tempur dengan kecepatan yang luar biasa.

Pesawat tempur yang memiliki kecepatan yang tinggi akan lebih optimal dalam menyerang musuh secara tiba, serta mampu menghindari serangan musuh dengan menuver menuver cepat. Berikut merupakan pesawat tempur yang disebut tercepat saat ini:

Pesawat Tempur F-35 Lightning II

Pesawat Tempur F-35 Lightning II
new.okezone.com

F-35 Lightning II merupakan pesawat tempur termutakhir dari militer Amerika Serikat. Disebut sebagai pesawat canggih F-35 Lightning II memiliki mesin tunggal berkemampuan siluman yang dikolaborasikan dengan avionik dan sensor.

F-35 Lightning II diukur memiliki kecepatan maksimum Mach 1,6 atau 1,6 kali kecepatan suara. Dengan kata lain, pesawat ini mampu terbang sampai 1.200 mph (1.930 km/jam). Pesawat ini menjadi momok yang sangat menakutkan bagi lawan dalam medan pertempuran.

Pesawat Tempur Su-27 Flanker
jejaktapak.com

 

Su-27 Flanker, pesawat tempur negara Rusia bermesin ganda untuk menandingi kecanggihan pesawat tempur negara musuh bebuyutannya, Amerika Serikat. Terbang perdana di bulan Mei 1977, Su-27 Flanker resmi melayani Angkatan Udara Rusia pada tahun 1985.

Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan supersonik 2,35 mach atau setara dengan 2.500 km per jam, kecepatannya melebihi 2,35 kali kecepatan suara.

Karena kecepatan dan manuver luar biasa pesawat ini, banyak yang mengatakan bahwa Su-27 Flanker adalah pesawat terhebat sepanjang masa.

Pesawat Tempur F-111 Aardvark

Pesawat Tempur F-111 Aardvark
anmysite.com

Aardvark adalah sebuah pesawat tempur pemukul taktis yang dikembangkan pertama kali di tahun 1960 oleh perusahaan bernama General Dynamics.

Dengan dibekali bangku pilot untuk dua orang, F-111 Aardvark pertama kali diterbangkan oleh Amerika Serikat di tahun 1967. F-111 Aardvark digunakan untuk pengeboman strategis, pengintaian dan juga peperangan elektronik.

Kecepatan terbangnya? Dengan kecepatan Mach 2,5, F-111 Aardvark pernah digunakan di Perang Vietnam. Lambat laun, Angkatan Udara AS tidak lagi menggunakannya untuk bertempur mulai tahun 1998.

Pesawat Tempur F-15 Eagle

Pesawat Tempur F-15 Eagle
wall.alphacoders.com

Salah satu pesawat tempur bermesin ganda yang dirancang McDonnell Douglas ini dirancang untuk bisa mempertahankan superioritas udara selama dalam pertarungan.

F-15 Eagle pertama terbang bulan Juli 1972 dan diresmikan Angkatan Udara AS di tahun 1976, dan digadang-gadang menjadi salah satu pesawat tempur tersukses yang pernah dibuat, F-15 Eagle mampu terbang dengan kecepatan Mach 2,5.

Pesawat Tempur MiG-31 Foxhound

Pesawat Tempur MiG-31 Foxhound
koleksi-perang.ga

Supersonik, bermesin ganda, dirancang untuk menghadang lawan, itulah MiG-31 Foxhound. Diperkenalkan pertama di tahun 1975, pesawat ini resmi mengudara di tahun 1982. Tak main-main, MiG-31 Foxhound diklaim bisa mencapai kecepatan Mach 2,83. Luar biasa cepat!

Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan supersonik walaupun pada ketinggian yang rendah. Sampai saat ini, MiG-31 masih digunakan oleh Angkatan Udara Rusia karena kehebatannya dalam medan pertempuran.

Pesawat Tempur MiG-25 Foxbat

Pesawat Tempur MiG-25 Foxbat
indonesiamillytari.wordpress.com

Sama seperti Foxhound, MiG-25 Foxbat dirancang untuk menghadang musuh sekaligus untuk mengintai. Diluncurkan perdana 1964, pesawat ini digunakan secara aktif oleh Angkatan Udara Rusia di tahun 1970.

Berkecepatan Mach 3,2, tidak hanya digunakan di Rusia saja, tetapi juga digunakan oleh negara Aljazair dan Suriah.

Pesawat SR-71 Blackbird

Pembuatan pesawat SR-71 dikenal sebagai ‘proyek hitam’ karena proyek pembuatannya sangat rahasia. Dikembangkan di era Perang Dingin silam, pesawat pengintai canggih ini bisa terbang mencapai Mach 3,3. Sangat cepat!

Diciptakan oleh Lockheed di tahun 1960, akhirnya diresmikan Angkatan Udara Amerika Serikat di tahun 1964. Pesawat ini memiliki peranan penting dalam kemenangan besar Amerika pada perang dingin.

Pesawat Tempur Tercanggih

Pesawat tempur tercanggih
Jakartagreater.com

Bila kita tadi membahas pesawat tercepat, saatnya kita ulas pesawat tercanggih. Konsep canggih di sini dimana pesawat bisa efektif dalam bertempur di udara menggunakan teknologi paling mutakhir.

Negara-negara maju seperti Amerika, Rusia, Jerman menjadi negara yang paling aktif dalam mengembangkan pesawat pesawat tempur dengan teknologi yang sangat canggih. Kemampuan pesawat ini sungguh sangat menakjubkan. Berikut pesawat tempur tercanggih saat ini:

Pesawat Tempur Chengdu J-10

Dirancang dan diproduksi oleh Chengdu Aircraft Corporation, pesawat ini memiliki fungsi beragam yang bisa digunakan di segala cuaca. Pesawat buatan cina ini dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang membuat pesawat ini patut diperhitungkan di medan peperangan.

Meskipun pesawat ini tergolong canggih, harganya termasuk sangat murah, sehingga banyak negara yang memesan pesawat ini, seperti Pakistan, Thailand, dan Iran.

Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon

Dikembangkan pertama kali oleh General Dynamics untuk Angkatan Udara AS, F-16 Fighting Falcon dirancang superior dalam pertempuran udara. F-16 bisa menunjukkan dominasinya dalam pertempuran dengan berbagai teknologi canggih pada pesawat ini.

Walau hanya bermesin tunggal, F-16 Fighting Falcon tahan di berbagai cuaca. Kemampuan F-16 tidak akan menurun di berbagai cuaca dalam medan pertempuran. Hal inilah yang menjadikan pesawat ini menjadi sosok yang menakutkan bagi pesawat musuh.

Pesawat Tempur Mikoyan MiG-35

Merupakan evolusi akhir dari MiG-29 Fulcrum tempur, Mikoyan MiG-35 diklaim lebih baik untuk segi avionik dan sistem senjatanya. Mulai dari AESA dan OLS yang dirancang khas, menjadikan Mikoyan MiG-35 bisa menjadi pesawat multifungsi.

Pesawat Mikoyan MiG-35 dilengkapi dengan senapan 30 mm yang mampu melesat dengan kecepatan mach 2,23. Mig-35 mampu terbang setinggi 19 ribu meter, serta sanggup membawa muatan pada sepuluh hardpoin atau stasiun senjata hingga 7.000 kg.

Pesawat Dassault Rafale

Didesain oleh Dassault Aviation, Dassault Rafale bermesin ganda, multifungsi, dan memiliki sayap canard delta. Mampu mendominasi pertempuran udara, menjalankan kegiatan intelijen, dan mengikuti misi penangkal nuklir merupakan beberapa fungsi Dassault Rafale yang bisa diandalkan.

Rafale dilengkapi dengan pertahanan eletronik terintegrasi yang disebut Spectra yang menyediakan teknologi siluman virtual berbasis perangkat lunak, meskipun pada dasarnya Rafale bukanlah pesawat siluman sejati tapi dia mampu mengaburkan pengenalan radar.

Pesawat Tempur F-15 Eagle

Sudah diulas lengkap di bahasan pesawat tercepat, F-15 Eagle juga diklaim sebagai pesawat tercanggih. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa, f-15 Eagle adalah rajanya pertempuran udara.

Pada akhir tahun 2007, F-15C dilarang melakukan penerbangan setelah mengalami kecelakaan pada latihan di Missouri pada tanggal 2 November. Karena isiden ini, semua pesawat model F-15 yang mengalami larangan melakukan penerbangan untuk semua misi yang tidak kritis.

Pesawat F Boeing / A-18E / F Super Hornet

Disebut strike fighter dengan built-in flexibility, F Boeing / A-18E / F Super Hornet memiliki sistem terintegrasi untuk bertempur. Berkursi tunggal atau ganda, keduanya sama-sama memberikan dominasi udara yang konsisten.

Pesawat ini melakukan penerbangan pertama pada bulan November 1995, dan mulai beroperasi resmi pada tahun 1999. Versi saat ini meliputi F/A-18E dengan satu kursi, dan F/A-18F dengan dua kursi, versi ini diproduksi untuk menggantikan F/A-18 dan F-14 Tomcat

Pesawat Tempur Sukhoi Su-35

Sukhoi merupakan pesawat tempur buatan Rusia, multifungsi, kelas berat, berjelajah panjang, dan satu kursi . Pesawat ini diranjang untuk menandingi pendhulunya seperti F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon, Sukhoi Su-35 merupakan sepupu dekat Sukhoi Su-30MKI.

Pesawat Su-35 sebenarnya diderivasikan dari Su-27 dan merupakan varian ‘ground-baed’ dari Su-33, dan ketika Au Rusia masih menggunakan nama Su-27, sukhoi mengubah nama pesawat ini menjadi Su-35 dengan harapan bisa lebih menarik perhatian konsumen asing.

Pesawat Eurofighter Typhoon

Dibangun oleh 4 big country Eropa: Inggris, Jerman, Spanyol, dan Italia, menjadikan pesawat ini disebut salah satu pesawat tercanggih yang pernah dibuat. Pesawat ini merupakan pesawat multi fungsi yang kelas mungkin bisa disejajarkan dengan Su-27 Flanker dari Rusia atau F-15 Eagle dari Amerika Serikat.

Typhoon mampu terbang sampai dengan kecepatan supersonik tanpa afterburner, ini disebut supercruise, dan menurut Angkatan Udara Jerman dan Austria, Typhoon mampu mencapai kecepatan maksimun match 1,2 dan 1,5 tanpa rehat sekalipun.

Pesawat Tempur F-22 Raptor

F-22 Raptor merupakan jet tempur dengan seni senjata untuk pertempuran udara yang dominan. Memiliki teknologi siluman terbaru, F-22 Raptor sering dijadikan pesawat pengintai di berbagai misi.

F-22 Raptor adalah pesawat tempur milik Amerika Serikat yang dirancang untuk menghadapi pesawat tempur Uni Soviet. Masa pengembangan pesawat ini cukup panjang, terbang perdana pada tahun 1990, dan diperkenalkan kepada publik pada tahun 2005.

Pesawat Tempur Lightning II

Fleksibel, canggih, keren, Lightning II merupakan pesawat tercanggih saat ini. Dengan kemampuan siluman, Lightning II mampu memenuhi kebutuhan keamaan negara-negara di seluruh dunia.

Pesawat bermesin tunggal adalah pesawat tempur supersonik dengan mesin tunggal, yang bisa melakukan banyak fungsi, antara lain pertempuran udara ke udara, pengeboman taktis, dan dukungan udara jarak dekat.

Pesawat Tempur Tanpa Awak

pesawat tempur tanpa awak
blog.icrc.org

Di era milenial seperti sekarang, para ilmuan terus mengembangkan pesawat tempur dengan kemampuan yang menakjubkan, yang paling terbaru ialah mereka berhasil membuat pesawat yang dapat menjalankan tugas tugasnya tanpa bantuan awak atau pilot.

Pesawat tanpa awak biasany dikendalikan dengan pengendali jarak jauh atau remote control, hal ini menjadikan pesawat tanpa awak sangat bisa diandalkan karena minim resiko dan tidak menimbulkan korban jiwa bila ada ada-apa.

Pesawat AeroVironment RQ-11A Raven & Raven B

Proyek pembuatannya dimulai pada akhir 2002, awal 2003, AeroVironment RQ-11A Raven & Raven B merupakan versi mini dari 1999-Vintage AeroVironment Pointer. Pesawa kecil ini dibekali GPS, berbagai jenis sensor, laser target designator, dan lain lain.

Terbuat dari kevlar dan hanya berbobot 2 kg, kemampuan terbang AeroVironment RQ-11A Raven & Raven B sangatlah mumpuni. Radius operasi pesawat tanpa awak ini lebih dari 6 mil dan dapat terbang selama 80 menit pada kecepatan 60 mil per jam.

Lockheed Martin Desert Hawk

Lockheed Martin Desert Hawk mulai diproduksi di tahun 2002 untuk memenuhi kebutuhan Amerika Serikat terutama di bidang militer. Pesawat ini mampu terbang hingga ketingian 1000 kaki dan beroperasi secara otonom dengan panduan GPS.

Lockheed Martin Desert Hawk digerakkan oleh mesin listrik, dengan kecepatan mencapai 57 km/jam dengan radius operasional 7 mil. Selain itu, Lockheed Martin Desert Hawk dilengkapi detektor sensor, kamera pengintai, dan GPS.

Pesawat Tanpa Awak Yamaha RMAX

Pesawat helikopter terbaik dan terlaris yang digunakan untuk keperluan non militer seperti survei penelitian, pertanian, perkebunan, dan lain lain.

Menggunakan mesin 2 stroke dan mampu terbang sampai 500 kaki, pesawat ini sukses membantu pihak non militer melaksanakan hajat-hajatnya.

Pesawat Bombardier CL-327 VTOL

Disebut juga Flying Nut karena memiliki bentuk yang unik. Dijejali mesin Williams International WTS-125 Turboshaft berkekuatan 100 HP, Bombardier CL-327 VTOL memiliki bobot mencapai 300 kg.

Bombardier CL-327 VTOL biasa digunakan sebagai relay komunikasi, mengamati keadaan lingkungan sekitar, dan patroli di daerah perbatasan.

Itu dia daftar pesawat-pesawat tempur, mulai dari yang tercanggih, tercepat, dan tanpa awak yang bisa kamu jadikan referensi untuk tugas atau paper kamu. Semoga bermanfaat.

Pesawat Tempur Boeing Scan Eagle

Bobot pesawat ini hanya 20 kg dan dapat terbang hingga ketinggian lebih dari 16.000 kaki selama 15 jam dengan kecepatan 60 mil per jam. Pesawat scan eagle terbang dengan dipandu sistem GPS, serta dilengkapi dengan kamera dan sensor infra-red.

Pesawat scan eagle adalah pesawat tanpa awak yang tergolong sangat canggih, pesawat ini tidak dapat dideteksi oleh radar , selain itu suaranya hampir tidak terdengar saat melakukan penerbangan.

Pesawat General Atomics MQ-1 Predator

MQ-1 Predator adalah salah satu pesawat tempur tanpa awak yang biasa digunakan sebagai pesawat pengintai. Kecepatab pesawat predator ini bisa mencapai 135 mil per jam, dengan ketinggian 25.000 kaki dan mampu terbang sampai jarak 450 mil.

Pesawat ini dilengkapi dengan dua rudal AGM-114 Helfire berpemandu laser. Selain sebagai pesawat pengintai, Predator juga mampu menghancurkan target target musuh di darat, ini pesawat tanpa awak pertam yang mampu melakukan hal itu.

Pesawat Tempur Atomics MQ-9 Reaper

Pesawat ini dilengkapi dengan IR targeting sendor, synthetic aparture dan laser rangefinder. Kelebihan utama pesawat ini ialah pesawat ini dapat dibongkar pasang dan dibawa ke berbagai loaksi dengan mudah.

MQ-9 Reaper dapat terbang sampai kecepatan 230 mil per jam pada ketinggian 50.000 kaki sejauh 3.682 mil, serta mampu mengangkut beban hingga lima ton.

Pesawat ini adalah pesawat multi fungsi yang dapat beroperasi tanpa awak yang dirancang sebagai pesawat pengintai, namun kemudian dikembang menjadi mesin peghancur. Salah operasi MQ-9 Reaper pada perang Amerika melawan Afganistan dan Irak.

Pesawat Tempur RQ-2B Pioner

Pioneer digunakan sebagai pesawat pengintai, pengawasan, pencari target, dan mendukung penembakan angkatan laut, baik pada siang maupun malam hari. Pesawat ini sangat cocok sebagai pesawat pengintai karena ukuran bodynya yang mungil, panjang badannya hanya 14 kaki dan rentang sayapnya 17 kaki.

Pioneer dapat terbang selama 5 jam hingga ketinggian 15.000 kaki, serta mampu mengangkut beban hingga 37 kg. Pesawat ini dilengkapi dengan alat pendeteksi ranjau dan sensor optik atau infrared.

Pesawat Tempur RQ-8A Fire Scout

RQ-8 Fire merupakan sebuah helikopter mini yang diadopsi dari jenis helikopter ringan schweizer Model 330SP. Helikopter ini mampu beroperasi selama lebih dari empat jam dengan jarak 120 mil dari pusat kendali.

Helikopter ini mampu beroperasi secara otonom dan dilengkapi dengan sistem navigasi berbasis GPS. Pusat kendali dapat mengendalikan tiga helikopter tak berawak ini secara simultan, karena pesawat ini mampu beroperasi secara otonom.

Tinggalkan komentar