Tata Cara Shalat Istikharah, Niat, Doa, Bacaan, dan waktunya

Shalat Istikharah – Setiap muslim hendaknya memohon petunjuk kepada Allah Azza Wajalla dalam segala urusan yang dialami dalam kehidupannya, serta memohon kebaikan atas apa saja yang menimpanya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan ummatnya shalat istikharah sebagai pengganti bagi apa yang menjadi kebiasaan orang-orang pada masa jahiliyah, berupa ramal meramal, memohon kepada berhala, dan melihat peruntungan.

Apa itu Shalat Istikharah ?

apa itu shalat istikharah
republika.co.id

Shalat istikharah adalah shalat yang dikerjakan dengan niat mendapatkan petunjuk atau jalan keluar dari berbagai macam urusan. Baik berupa pekerjaan, jodoh, dan urusan-urusan penting lainnya.

Shalat istikharah disyari’atkan dalam segala urusan, baik urusan itu besar maupun kecil, penting maupun tidak penting.

Imam An Nawawi Rahimahullah mengatakan, “Shalat istikharah itu disunnahkan dalam segala urusan, sebagaimana yang secara jelas disampaikan oleh nash hadits shohih tentang shalat istikharah”. Al Adzkar (III/355-dengan Syarah Ibnu ‘Allan)

Al-Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah mengatakan, “Shalat istikharah ini mencakup urusan-urusan besar maupun kecil. Berapa banyak masalah kecil menjadi sumber masalah besar”.

Adapun dalam mengerjakan semua kewajiban dan meninggalkan semua yang diharamkan, serta menunaikan semua yang disunnahkan dan meninggalkan yang makruh, tidak diperlukan shalat istikharah.

Bila seorang muslim telah megerjakan shalat istikhara dan membaca doa istikharah, maka akan terlihat mana yang terbaik untukknya, baik dadanya lapang maupun tidak.

Az-Zamlakani mengatakan, “Jika seseorang mengerjakan shalat istikharah dua rakaat untuk suatu hal, maka hendaklah dia melakukan apa yang tampak olehnya, baik hatinya merasa senang maupun tidak, karena padanya kebaikan itu berada sekalipun hatinya tidak menyukainya”.

Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa ‘dalam hadits tersebut (hadits tentang doa istikharah) tidak ada syarat adanya kesenangan diri”.

Niat Shalat Istikharah

niat shalat istikharah
mediamaya.net

Ketika seseorang hendak mengerjakan shalat istikharah, maka sebelum memulai sholat sunnah, ia berniat untuk shalat istikhara dan membaca doa istikharah setelah selesai dari shalatnya.

Namun, niat shalat istikharah sebelum memulai sholat sunnah istikharah bukanlah syarat. Meskipun tidak meniatkan shalat istikharah sebelum memulai shalat, lalu membaca doa istikhara setelah selesai shalat, maka istikharahnya dianggap sah.

Al ‘Iraqi Rahimahullah berkata, “Jika keinginan melakukan sesuatu itu muncul sebelum mengerjakan shalat sunnah rawatib atau shalat sunnat lainnya, lalu dia mengerjakan shalat dengan tidak berniat untuk beristikharah, kemudian setelah selesai shalat muncul keinginan untuk mengucapkan doa istikharah, maka secara lahir, hal tersebut sudah mencukupinya”. Nailul Authar (III/88)

Adapun Al Hafizh Ibnu hajar, beliau mensyaratkan shalat istikharah dan doa istikhara harus diniatkan sebelum memulai shalat. Sehingga bila ia tidak berniat shalat istikharah saat melakukan shalat sunnah, maka ia tidak dianggap melakukan shalat istikharah.

Shalat Istikharah Jodoh

Waktu Shalat Istikharah

waktu shalat istikharah
bportal.ba

Adapun mengenai waktu sholat istikharah atau kapan saatnya untuk melaksanakan shalat istikharah, maka “shalat istikharah bukan dilakukan saat ragu-ragu, karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

‘Jika salah seorang diantara kalian mempunyai keinginan untuk melakukan sesuatu’. Dan karena semua doa dalam istikharah menunjukkan kepada hal tersebut”.

Bila seorang muslim ragu dalam suatu hal, maka hendaklah dia memilih salah satu dari dua hal tersebut dan bermusyawarah, serta memohon petunjuk kepada Allah dalam menentukan pilihan tersebut. Dan setelah itu, dia biarkan semua berjalan apa adanya.

Jika baik, mudah-mudahan Allah memberikan kemudahan padanya dan memberinya keberkahan kepadanya dalam hal tersebut. Dan jika tidak, semoga Allah dia dipalingkan dari hal tersebut serta dimudahkan kepada yang lebih baik dengan izin Allah yang Maha Kuasa.

Tata Cara Shalat Istikharah

tata cara shalat istikharah
youtube

Shalat istikharah adalah shalat sunnah dua rakaat diluar shalat wajib yang diikuti dengan doa istikharah. Ketika seseorang bingung dalam mengambil keputusan, atau masih ragu dalam melangkah, maka disunnahkan baginya mengerjakan shalat dua rakaat.

Shalat dua rakaat yang dimaksud ialah shalat sunnah apa saja, termasuk shalat sunnah rawatib, lalu setelah itu membaca doa istikharah. Apabila seseorang telah melakukan hal demikian, maka dia telah mengerjakan shalat istikharah.

Imam An-Nawawi rahimahullah mengatakan, “Yang tampak bahwa shalat istikharah dapat dikerjakan dengan dua rakaat shalat sunnat rawatib, tahiyatul masjid, dan shalat-shalat sunnat lainnya”. Al Azkar (III/354 – dengan syarah Ibnu ‘Allan)

Pelaksanakan shalat istikharah boleh dilakukan berulang-ulang. Apalagi bila masalah yang dihadapi merupakan masalah yang penting, seperti masalah jodoh, pindah tempat kerja, pindah rumah dan lain-lain.

Setelah melakukan sholat istikharah dua rakaat dan membaca doa istikharah, maka hendaknya melakukan usaha untuk mendapatkan yang terbaik, seperti meminta nasehat kepada para ahli ilmu, meminta pandangan orang-orang terdekat, mulai dari istri/suami, anak, saudara, dan kerabat yang lain.

Baca juga: Nama bayi perempuan

Doa Shalat Istikharah

doa sholat istikharah
youtube.com

Dalam sholat istikaharah, tidak ada penetapan bacaan khusus atau beberapa ayat khusus yang mesti dibaca setelah surah Al-Fatihah. Semua bacaan dalam shalat yang diniatkan sebagai shalat istikharah, bacaannya sama dengan shalat sunnah pada umumnya.

Waktu memanjatkan doa istikharah ialah setelah salam. Hal ini didasarkan pada awal hadits tentang doa istikharah. Yang mana lahiriyahnya dalam hadits tersebut, doa istikharah diucapkan setelah menunaikan shalat sunnah.

Diriwayatkan dari jabir Radhiyallahu anhu, dia berkata, “ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengajarkan istikharah kepada kami daalm segala urusan, sebagaimana beliau mengajari kami surat dari Al-Quran.

Rasulullah bersabda:

doa sholat istikharah

Artinya:

doa sholat istikharah jodoh

Inilah doa istikharah yang diajarkan oleh Rasulullah untuk orang yang berada dalam kebimbangan atau keresahan pada suatu urusan. Dengan mungucapkan doa ini, kita yakin bahwa apapun yang terjadi setelah itu dengan usaha yang maksimal, maka itu adalah ketetapan yang terbaik dari Allah.

Kalau kebaikannya belum terlihat dalam waktu dekat, mungkin suatu saat akan terlihat dan nyata bahwa ketetapan tersebut memang adalah yang terbaik dari segala pilihan yang pernah ada.

 

Keutamaan Shalat Istikharah

Jawaban Doa Shalat Istiharah

jawaban shalat istikharah
abiummi.com

Bukan termasuk syarat dalam istikharah, bahwa seseorang akan bermimpi sebagaimana yang diyakini oleh kebanyakan orang. Tetapi dengan sesuatu yang memberikan petunjuk pada apa yang harus ia lakukan, sesuai dengan apa yang telah Allah pilih untuk dirinya.

Terkadang yang Allah pilih untuknya tidak sesuai dengan keinginan hawa nafsunya atau menurut pendapatnya itu adalah buruk baginya. Olehnya itu, seorang muslim harus pasrah dan menerima keputusan Allah Azza Wajalla.

Allah Ta’ala berfirman, “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”

Istikharah adalah doa, maka tidak mengapa untuk diulang berkali-kali. Namun, bila sesuatu mulai nampak dihapan kita, maka tidak boleh menyangkal hal itu hanya karena tidak sesuai dengan kesenangan yang ada dalam hati.

Ada sebuah hadits yang mengatakan, “Jika kamu berkeinginan keras terhadap sesuatu, maka beristikharahlah pada Allah sebanyak tujuh kali”. Hadits ini tidak shahih. HR. Ibnu Sunni no.603, sanadnya wahin, lihat Al Mizan (1/21)

Tinggalkan komentar