Penting! Inilah Daftar Bunga Dan Tumbuhan Langka Yang Terancam Punah

Tumbuhan Langka – Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan terbesar yang ada di dunia. Dengan demikian akan memberikan kekayaan alami baik dari flora dan faunanya. Namun, sangat disayangkan banyak yang sering melakukan penebangan hutan secara ilegal.

Selain melakukan penebangan ilegal, banyak juga oknum yang melakukan tindakan-tindakan merusak hutan dan pencemaran lingkungan, akibatnya kondisi alam semakin buruk.

Dikarenakna kondisnya yang semakin buruk, banyak hewan maupun tumbuhan yang tengah berada diambang kepunahan. Bahkan dalam kurun lima tahun terakhir, telah banyak hewan maupun tumbuhan yang sudah punah dikarenakan habitatnya yang telah hilang, serta akibat kondisi dari pemanasan global yang sudah buruk.

Hal ini membuat banyak hewan dan tumbuhan yang terancam punah. Tumbuhan langka ini kemudian mulai dilindungi oleh para pemerintah dan dijaga dengan baik agar tidak menambah list daftar tanaman yang telah punah.

Penyebab Hewan dan Tumbuhan langka Terus Bertambah

Hewan dan tumbuhan langka
gedubar.com

Disamping menyimpan banyaknya kekayaan alam yang mengagumkan. Di indonesia sendiri terdapat juga banyak jenis hewan dan tumbuhan langka yang tersebar di berbagai wilayah nusantara. Bahkan, ada beberapa jenis hewan dan tumbuhan langka yang kini hanya dapat ditemukan di indonesia saja.

Dengan demikian, sebagai manusia yang peduli akan lingkungan untuk keberlangsungan kita hidup kelak dan untuk anak dan cucu kita. Kita perlu mulai menjaga kelestarian lingkungan.

Beberapa hewan dan tumbuhan menjadi langka disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

  1. Habitat atau lingkungan yang semakin berkurang dan buruk
  2. Penangkapan hewan dan penebangan tumbuhan secara besar – besaran
  3. Budidaya tumbuhan yang sulit dilakukan

Serta beberapa faktor lainnya yang membuat tumbuhan ini masuk dalam daftar tumbuhan langka. Berikut ini beberapa jenis hewan dan tumbuhan langka yang ada di indonesia. Pada tulisan ini, kita akan fokus pada tumbuhan yang sudah dianggap langka di Indonesia.

Tumbuhan Langka Yang Terancam Punah

Tumbuhan langka
view.stem.de

Beikut ini beberapa tumbuhan yang sudah mulai sulit di temukan atau dianggap langka di Indonesia:

1. Tumbuhan Langka Raflesia Arnoldii

bunga langka Raflesia Arnoldii
majalahkartini.com

Raflesia arnoldi merupakan salah satu tumbuhan langka yang hanya dapat ditemukan di Kalimantan. Dengan bentuk khas serta aroma busuk yang dikeluarkan akan membuat orang keliru membedakan antara raflesia arnoldi dengan bunga bangkai.

Bunga raflesia arnoldi ini merupakan tumbuhan yang tidak bisa hidup sendiri. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang hidup dengan menumpang kepada tumbuhan lain untuk mendapat nutrisi dan zat hara.

Tumbuhan raflesia yang telah besar dan siap mekar akan tumbuh secara melebar. Dengan diameter sekitar 1 meter atau lebih, serta memiliki berat 10 kilogram. Tumbuhan raflesia ini hanya memiliki masa hidup 9 bulan serta hanya mekar selama 7 hari kemudian mati.

2. Tumbuhan Langka Daun Payung

Tanaman langka daun payung
flickr.com

Dengan nama ilmiah Johannestijsmania altifrons. Tumbuhandaun payung ini sering disebut dengan daun sang dan talo. Tumbuhan langka daun payung ini dapat kamu temui di pulau sumatra.

Namun, karena habitatnya yang semakin berkurang membuat daun payung ini merupakan salah satu tanaman langka yang patut untuk dijaga dan dikembangbiakkan.

Dengan bentuk daun yang lebar, kuat, dan sangat besar. Membuat tanaman langka daun payung ini sering digunakan sebagai bahan atap pada zaman dahulu oleh warga yang hidup di dalam hutan ataupun pedesaan.

3. Tumbuhan Langka Kantong Semar

tumbuhan langka Kantong Semar
kebunpedia.com

Kantong semar merupakan salah satu dari daftar tanaman langka berikutnya yang perlu untuk dikmebangkan. Disamping memberikan banyak manfaat, kantong semar juga merupakan tanaman yang sudah mulai terancam punah, dikarenakan iklim tumbuh tumbuhan ini sudah mulai rusak kerena pengaruh pemanansan global.

Kantong semar sendiri merupakan family dari tumbuhan karnivora, yang artinya tumbuhan ini selain mendapat nutrisi dari tanah, kantong semar juga mendapat nutrisi makannya dari serangga yang masuk ke dalam tumbuhan ini. Bahkan, sempat ditemukan ada seekor tikus yang telah menjadi tulang belulang di dalam kantong semar yang telah dewasa.

4. Tumbuhan Langka Pohon Ulin

kayu Ulin
rumahulin.com

Kayu ulin merupakan salah satu tumbuhan yang terkenal bagi para industri perkayuan. Bagaimana tidak, kayu ulin atau biasa disebut denga kayu besi merupakan kayu yang memiliki kekuatan yang sangat baik serta daya tahan yang lebih kuat dari pada pohon kayu yang lainnya.

Dengan daya tahannya yang kuat ini, membuat kayu ulin sering digunakan sebagai bahan konstruksi dalam pembangunan.

Kayu ulin sendiri tumbuh di pulau sumatra dan kalimantan. Dengan ketinggian bisa mencapai 40 meter dengan diameter sekitar 90 cm ini.

Pohon uling ini pun sering ditebang secara membabi-buta sehingga. Saat ini sangat sulit menemukan kayu ulin dikarenakan populasinya yang mulai menyusut secara drastis.

5. Tumbuhan Langka Tanaman Tengkawang

tumbuhan langka Tengkawang
wikiwand.com

Pohon tengkawan merupakan pohon khas kalimantan. Salah satu manfaat dari pohon ini adalah mampu menghasilkan minyak yang berasal bari bijinya.

Tengkawan sendiri merupakan salah satu dari 12 jenis tumbuhan sejenis yang sudah dilindungi oleh pemerintah dikarenakan habitatnya yang sudah mulai berkurang.

Minyak tengkawang sendiri dihasilakn oleh biji tumbuhan yang telah matang dan berjatuhan ditanah. Setelah itu, bijinya dijemur sampai kering kemudian diolah sampai menjadi minyak.

Minyak tengkawan banyak digunakan dalam industri makanan sebagai penyedap rasa makanan. Tidak hanya itu, minyak ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan lilin, kosmetik serta sabun.

6. Tumbuhan Langka Pohon Damar

Pohon Damar
salamoru.com

Tumbuhan langka berikutnya adalah pohon damar. Damar merupakan tumbuhan yang memiliki getah bermanfaat yang dihasilkan dari luka pada batang pohonnya.

Pohon damar yang sudah dewasa biasanya memiliki batang dengan tinggi sekitar 60 meter. Damar ini digunakan sebagai bahan pembuatan cairan dasar vernis.

Dikarenakan habitatnya yang mulai berkurang akibat penebangan hutan dan pembukaan lahan untuk pertanian dan perkebunan. Damar sudah masuk dalam daftar tanaman yang mulai terancam punah.

7. Tumbuhan Langka Pohon Cendana

tumbuhan langka pohon cendana
nargil.ir

Tumbuhan cendana merupakan tumbuhan langka berikutnya yang ada di Indonesia. Dengan sejuta manfaat seperti untuk pembuatan dupa, rempah-rempah, aroma terapi, serta parfum.

Banyaknya manfaat dari pohon cendana ini, membuat banyak dari para pengusaha menjadikannya sebagai bahan industri.

Namun, sayangnya tumbuhan cendana ini merupakan tumbuhan yang masuk dalam dafar tanaman langka. Sebab tanaman cendana ini merupakan tumbuhan parasit yang hidup dan berkembang dengan nutrisi dari tumbuhan lain, sama seperti raflesia arnoldi.

8. Tanaman Edelweiss Jawa

tumbuhan langka Edelweiss Jawa
kompasianaa.com

Bagi para pendaki, bunga edelweiss merupakan tumbuhan yang paling sering dijadikan sebagai buah tangan ketika selesai dari puncak gunung yang ada di Jawa.

Tumbuhan edelweiss ini sekarang menjadi tumbuhan yang tengah berada diambang kepunahan sebab popoluasinya yang sangat menurun drastis.

Hal ini dikarenakan, bunga edelweiss merupakan bunga yang terus segar meskipun setelah dipetik dari batangnya, sarta dapat tumbuh sampai pada umur 100 tahun.

Edelweiss merupakan tumbuhan pertama yang tumbuh setelah terjadi erupsi merapi dan hanya dapat bermekaran dari bulan April sampai Agustus.

Tidak hanya itu, bunga edelweiss menjadi salah satu sumber makanan bagi 300 lebih jenis serangga yang hinggap di bunganya untuk mengambil sari bunga yang dihasilkan bunga edelweiss ini.

Saat ini, bunga edelweiss jawa hanya dapat dilihat di beberapa gunung yang ada di jawa, seperti Gunung Gede, Gunung Rinjani, Gunung Pangrango. Jadi, bagi kamu yang hobi mendaki gunung jangan sekali-kali memetik bunga ini yah.

9. Tanaman Bunga Bayur

Tumbuhan langka bayur
iplantz.com

Bayur merupakan slaah satu jenis pohon kayu yang sering dijadikan sebagai bahan bangunan. Dikarenakan kekuatannya yang baik serta daya tahannya yang bagus.

Tanaman bayur ini sering diburu para pencari kayu untuk dijadikan bahan konstruksi. Pohon ini dapat tumbuh hingga 59 meter serta memiliki diamter 55 cm.

Pohon dengan nama asli pterosperium javanicum, dapat ditemukan di daerah Kalimantan timur, serawak dan sabah. Pohon ini hanya dapat tumbuh di hutan hujan serta memiliki masa tumbuh yang lama sebelum siap untuk dipanen. Membuat tumbuhan bayur ini menjadi tanaman langkan yang harus dijaga kelestariannya.

Kesimpulan

Itulah sejumlah tumbuhan langka yang terancam punah karena populasinya yang sudah sangat sulit ditemukan. Penyebab berkurangnya populasi tanaman-tanaman tersebut, diantaranya ialah penebangan secara besar-besaran, kerusakan lingkungan, dan kurangnya usaha untuk membudidayakan tanaman-tanaman tersebut.

Olehnya itu, marilah kita mendukung para pemerintah yang sudah mulai usaha melestarikan tanaman-tanaman tersebut, dengan memasukkan jenis-jenis tanaman itu dalam daftar tanaman yang dilindungi.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.